adsbygoogle.js'/> MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X BAB 1 | Tulisan Khozin_99
Home » , » MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X BAB 1

MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X BAB 1

Written By Khozin_99 on Tuesday, 21 February 2023 | 2/21/2023 12:24:00 pm


MODUL AJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS X BAB 1



KOMPONEN UMUM


IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : ......
Satuan Pendidikan : SMK
Tahun Pelajaran :2021/2022
Jenjang : SMK
Fase :  E
Kelas : X
Alokasi Waktu : 5 X 3 JP

KOMPETENSI AWAL
peserta didik memahami definisi Al-Qur`an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. 
Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Kebinekaan Global
Gotong Royong
Mandiri
Bernalar Kritis
Kreatif

SARANA DAN PRASARANA
Media : LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera
Alat :  spidol warna, kertas karton,
Bahan : buku siswa,buku guru,Al Qur’an dan lain-lain

TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: peserta didik dapat menganalisis manfaat dari penerapan perilaku kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari serta meyakini bahwa Islam memerintahkan perilaku kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dengan kesulitan belajar: mampu membaca Q.S. al- Maidah/5: 48 tentang kompetisi dalam kebaikan dan Q.S. atTaubah/9: 105 tentang etos kerja dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid serta terbiasa tadarus Al-Qur`an setiap hari.
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: Mampu membuat dan menyajikan paparan tentang Q.S. alMaidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran inquiry learning
Model pembelajaran discovey learning
Model pembelajaran project based learning

KOMPONEN INTI

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Melalui metode talaqqi dan peer teaching, peserta didik dapat membaca Q.S. al-Maidah/5: 48 tentang kompetisi dalam kebaikan dan Q.S. at-Taubah/9: 105 tentang etos kerja dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid serta terbiasa tadarus Al-Qur`an setiap hari.
2. Melalui metode drill and practice dan metode sorogan, peserta didik dapat menghafal Q.S. al Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dengan fasih dan lancar.
3. Melalui model inquiry learning, peserta didik dapat menganalisis asbabun nuzul dan tafsir Q.S. al-
Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105
4. Melalui model pembelajaran discovery learning,peserta didik dapat menganalisis manfaat dari penerapan perilaku kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
5. Melalui model pembelajaran berbasis proyek (project based learning), peserta didik dapat membuat dan menyajikan paparan tentang Q.S. al-Maidah/5:48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dan  hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.
PEMAHAMAN BERMAKNA
peserta didik diminta menjabarkan perlombaan yang pernah diikuti dan menyebutkan hal positif dan negatif dari perlombaanyang diikuti,lalu guru memperkuat pemahaman awal peserta didik dengan keterangan dari berbagai sumber 

PERTANYAAN PEMANTIK
1.peserta didik mengamati dan mempelajari cerita gambar (cergam) dan infograis. Tampilan menarik infograis akan menumbuhkan rasa ingin tahu dan memotivasi untuk mempelajari materi pelajaran.
2. peserta didik diminta mencermati gambar terkait materi dan menuliskan komentar atau pesan moral yang terkandung dalam gambar tersebut
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Pembukaan


1) Mempersiapkan alat peraga/media/bahan berupa laptop, LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera, kertas karton, spidol warna atau media lain.
2) Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, tadarus Al-Qur`an, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik.
3) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yangterkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
4) Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing..
20 menit

2
Kegiatan Inti


a) Guru mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Maidah/5: 48 dan
Q.S. at-Taubah/9: 105 dihadapan peserta didik.
b) Peserta didik memperhatikan dengan seksama, terutama
pada gerakan mulut guru dan menirukannya.
c) Peserta didik membentuk kelompok dengan mempertimbangkan heterogenitas.
d) Peserta didik yang paling fasih dan lancar dalam membaca
Al- Qur`an disebar pada tiap kelompok dan bertindak sebagai guru tutor sebaya.
e) Anggota kelompok belajar membaca Al-Qur`an dipandu
oleh guru tutor sebaya.
90 menit

3
Penutup


Peserta didik  membaca Q.S. al-Maidah/5: 48 tentang kompetisi dalam kebaikan dan  Q.S. at-Taubah/9: 105 tentang etos kerja dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid serta terbiasa tadarus Al-Qur`an setiap hari.
25 menit


Pertemuan ke- 2
No
Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Pembukaan


1) Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, tadarus Al-Qur`an, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik.
2) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yangterkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
3) Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai tempat duduk masing-masing..
10 menit

2
Kegiatan Inti


a) Guru meminta peserta didik membaca arti per kata dari
Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105, kemudian
membaca ayat beserta terjemahnya.
b) Peserta didik berlatih dan praktik membaca arti per kata dari Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105, kemudian membaca ayat berserta terjemahnya secara berpasangan.
c) Peserta didik menghafal arti per kata, kemudian menghafal
ayat berserta terjemahnya secara berpasangan.
d) Masing-masing peserta didik mendemonstrasikan hafalan di hadapan guru secara bergantian.
e) Untuk memperkuat hafalan, guru meminta peserta didik
untuk menyalin Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9:
105 beserta terjemahnya.
100 menit

3
Penutup


Peserta didik  menghafal Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dengan fasih dan lancar.
15 menit



Pertemuan ke-3
No
Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Pembukaan


1) Mempersiapkan alat peraga/media/bahan berupa laptop, LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera, kertas karton, spidol warna atau media lain.
2) Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, tadarus Al-Qur`an, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik.
3) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yangterkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
4) Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing..
20 menit

2
Kegiatan Inti


a) Guru menciptakan suasana kondusif selama proses
pembelajaran.
b) Guru menjelaskan ruang lingkup materi dan tujuan
pembelajaran.
c) Guru memberikan permasalahan terkait asbabun nuzul dan
tafsir Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105.
d) Guru meminta peserta didik merumuskan masalah terkait
asbabun nuzul dan tafsir Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-
Taubah/9: 105.
e) Peserta didik mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah.
f) Peserta didik melakukan aktivitas pengumpulan data dan
informasi dari kitab-kitab tafsir untuk menjawab rumusan
masalah.
g) Peserta didik melakukan analisa perbandingan isi masing-masing kitab tafsir.
h) Peserta didik mempresentasikan di depan kelas dan secara
bersama-sama menyimpulkan hasil temuan yang diperoleh
100 menit

3
Penutup


Peserta didik  mengumpulkan hasil analisis asbabun nuzul dan tafsir Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105.
15 menit


Pertemuan ke-4
No
Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Pembukaan


1) Mempersiapkan alat peraga/media/bahan berupa laptop, LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera, kertas karton, spidol warna atau media lain.
2) Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, tadarus Al-Qur`an, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik.
3) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yangterkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
4) Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing..
20 menit

2
Kegiatan Inti


a) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
b) Guru memberikan permasalahan terkait penerapan perilaku
kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja beserta manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
c) Guru meminta peserta didik merumuskan masalah terkait
penerapan perilaku kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
beserta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
d) Peserta didik mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah.
e) Peserta didik melakukan aktivitas pengumpulan data dan
informasi dari referensi buku-buku yang relevan untuk
menjawab rumusan masalah.
f) Peserta didik melakukan pengolahan data dan informasi
dengan mendiskusikan di dalam kelompoknya.
g) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
h) Secara bersama-sama menyimpulkan hasil temuan yang
diperoleh.
100 menit

3
Penutup


Peserta didik  mengumpulkan hasil analisis manfaat dari penerapan perilaku kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari
15 menit


Pertemuan ke-5
No
Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Pembukaan


1) Mempersiapkan alat peraga/media/bahan berupa laptop, LCD projector, speaker active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone, kamera, kertas karton, spidol warna atau media lain.
2) Guru membuka pelajaran dengan salam dan meminta peserta didik untuk berdoa bersama-sama, tadarus Al-Qur`an, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan, dan posisi tempat duduk peserta didik.
3) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yangterkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
4) Mengkondisikan peserta didik agar duduk sesuai kelompoknya masing-masing..
20 menit

2
Kegiatan Inti


a) Guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kompetisi
dalam kebaikan sesuai dengan kandungan Q.S. al-Maidah/5:
48 dan perilaku etos kerja sesuai dengan kandungan Q.S. at-
Taubah/9: 105.
b) Guru bersama peserta didik merancang proyek yakni
membuat paparan digital.
c) Menyusun jadwal yang berisi target waktu penyelesaikan
proyek.
d) Guru memantau aktivitas peserta didik dan kemajuan proyek.
e) Menilai hasil proyek untuk mengukur ketercapaian kriteria
ketuntasan minimal.
f) Mengevaluasi pengalaman saat merancang dan membuat
proyek, dan bersama-sama melakukan releksi.
g) Guru meminta peserta didik untuk membaca rangkuman
yang berisi poin-poin penting materi.
100 menit

3
Penutup


Peserta didik  mengumpulkan hasil paparan tentang Q.S. al-Maidah/5: 48 dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dan hadis tentang kompetisidalam kebaikan dan etos kerja.
15 menit


ASESMEN
Asesmen Diagnostik
1. Apa saja kegiatanmu selama belajar dirumah?
2. Apa hal yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan ketika belajar di rumah?
3. Apa harapanmu setelah mempelajari materi tersebut ?
Asesmen Formatif
1. Kehidupan dunia diwarnai dengan perubahan yang sangat dinamis. Allah
menganjurkan umatnya agar berkompetisi dalam kebaikan. Nabi Saw.
mengajarkan agar mengawali amal dengan membaca basmalah. Mengapa
saat mengawali suatu amal kebaikan harus dengan membaca basmalah dan
berdoa kepada Allah Swt.?
2. Setiap ajaran Al-Qur’an pasti memiliki hikmah dan manfaat, termasuk
ajaran fastabiqul khairat. Sifat mulia ini akan mendatangkan banyak
manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebutkan dan jelaskan
manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari!
3. Berlomba dalam kebaikan dapat dilakukan oleh setiap muslim di manapun
ia berada. Lebih dari itu, Islam sangat menganjurkan agar bersegara
melakukan kebaikan dengan penuh semangat dan etos kerja tinggi.
Mengapa seorang mukmin harus bersegera dalam berlomba-lomba dalam
kebaikan dan beretos kerja?
4. Pesaing bukan musuh yang harus dikalahkan tetapi merupakan rekan
kerja dalam berkompetisi secara sehat. Pekerjaan yang dilakukan secara
bersama-sama akan mempererat tali persaudaraan di antara sesama.
Mengapa bisa demikian?
Asesmen Sumatif
1. Berdasarkan Q.S. al-Maidah/9: 48 ditegaskan bahwa kitab Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran). Kebenaran tersebut meliputi hal-hal berikut ini, kecuali ….
A. Dzat yang menurunkan
B. haq dalam kandungannya
C. cara turunnya
D. yang mengantarnya turun
E. penafsiran manusia atas Al-Qur’an

2. Kitab Al-Qur’an berfungsi membenarkan kitab-kitab sebelumnya, yakni Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., dan Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s. Al- Qur’an menjadi saksi atas kebenaran kandungan kitab-kitab terdahulu. Dalam hal ini Al-Qur’an berfungs sebagai ….
A. Muhaimin
B. Mutakabbir
C. Mutawatir
D. Mursyid
E. Murabbi

3. Dalam kedudukannya sebagai pemelihara, Al-Qur’an memelihara dan
mengukuhkan prinsip ajaran Ilahi yang bersifat universal (kully) dan
mengandung kemaslahatan abadi bagi umat manusia sepanjang masa.
Berikut ini yang merupakan bukti ajaran Islam bersifat universal adalah ….
A. Membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya
B. Ajarannya mudah dilakukan oleh seluruh golongan manusia
C. Setiap orang berhak menyampaikan isi Al-Qur’an kepada orang lain
D. Memperluas peluang manusia untuk masuk surga
E. Tidak ada syarat tertentu untuk melaksanakan ajaran Islam

4. Umat Islam diperintahkan untuk berlomba-lomba dengan sungguhsungguh
dalam berbuat kebaikan dan menghindari perdebatan yang tidak perlu hingga menghabiskan waktu sia-sia. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan dalam menerapkan fastabiqul khairat adalah ….
A. kurangnya ilmu untuk memahami isi Al-Qur’an
B. merasa diri paling benar dan menganggap pihak lain sesat
C. memiliki pendirian yang teguh dan konsisten
D. merasa cukup dengan amal yang dilakukan
E. tidak mau menerima nasihat dari orang lain


PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pengayaan
Untuk lebih mendalami materi bab ini, silahkan kalian pelajari lebih
mendalam buku-buku berikut ini.
1. Tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab, Tafsir Ibnu Katsir karya Ismail bin
Umar al-Quraisyi bin Katsir al-Bashri ad-Dimasyqi, Tafsir al-Maraghi karya
Ahmad Mustofa al-Maraghi, dan kitab tafsir muktabar lainnya
2. Lubabun Nuqul ii Asbaabin Nuzul, karya Jalaluddin As-Suyuthi
3. Kitab Hadis Riyadhus Shalilih karya Imam Nawawi atau kitab hadis lainnya
4. Buku Tajwid “Tuhfatul Athfal” karya Syeikh Sulaiman al-Jumzuri atau kitab
tajwid lainnya
5.Membudayakan Etos Kerja yang Islami karya Toto Tasmara

Remedial
Kehidupan dunia diwarnai dengan perubahan yang sangat dinamis. Allah menganjurkan umatnya agar berkompetisi dalam kebaikan. Nabi Saw. mengajarkan agar mengawali amal dengan membaca basmalah. Mengapa saat mengawali suatu amal kebaikan harus dengan membaca basmalah dan berdoa kepada Allah Swt.? 
Setiap ajaran Al-Qur’an pasti memiliki hikmah dan manfaat, termasuk ajaran fastabiqul khairat. Sifat mulia ini akan mendatangkan banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebutkan dan jelaskan manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari!





Mengesahkan,
Kepala Sekolah




...............................................
NIP. 
Kita ,      Juli 2021
Guru Pengajar




..........................................
NIP.




LAMPIRAN

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Berdasarkan Q.S. al-Maidah/9: 48 ditegaskan bahwa kitab Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran). Kebenaran tersebut meliputi hal-hal berikut ini, kecuali ….
A. Dzat yang menurunkan
B. haq dalam kandungannya
C. cara turunnya
D. yang mengantarnya turun
E. penafsiran manusia atas Al-Qur’an
2. Kitab Al-Qur’an berfungsi membenarkan kitab-kitab sebelumnya, yakni Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., dan Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s. Al-Qur’an menjadi saksi atas kebenaran kandungan kitab-kitab terdahulu.Dalam hal ini Al-Qur’an berfungsi sebagai ….
A. Muhaimin
B. Mutakabbir
C. Mutawatir
D. Mursyid
E. Murabbi
3. Dalam kedudukannya sebagai pemelihara, Al-Qur’an memelihara dan mengukuhkan prinsip ajaran Ilahi yang bersifat universal (kully) dan mengandung kemaslahatan abadi bagi umat manusia sepanjang masa. Berikut ini yang merupakan bukti ajaran Islam bersifat universal adalah ….
A. Membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya
B. Ajarannya mudah dilakukan oleh seluruh golongan manusia
C. Setiap orang berhak menyampaikan isi Al-Qur’an kepada orang lain
D. Memperluas peluang manusia untuk masuk surga
E. Tidak ada syarat tertentu untuk melaksanakan ajaran Islam
4. Umat Islam diperintahkan untuk berlomba-lomba dengan sungguh-sungguh dalam berbuat kebaikan dan menghindari perdebatan yang tidak perlu hingga menghabiskan waktu sia-sia. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan dalam menerapkan fastabiqul khairat adalah ….
A. kurangnya ilmu untuk memahami isi Al-Qur’an
B. merasa diri paling benar dan menganggap pihak lain sesat
C. memiliki pendirian yang teguh dan konsisten
D. merasa cukup dengan amal yang dilakukan
E. tidak mau menerima nasihat dari orang lain
5. Perhatikan potongan Q.S. al-Maidah/5: 48 berikut ini!
جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ..
لِكُلّ
Arti dari potongan ayat di atas adalah ….
A. maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah
B. untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang
C. yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya dan menjaganya
D. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja)
E. Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya


BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK







1.Q.S. al-Maidah/5: 48 berisi perintah untuk berlomba dalam kebaikan. 
2. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran), dan membenarkan kitab-kitab sebelumnya. 
3. Al-Qur’an adalah muhaimin terhadap kitab-kitab terdahulu karena ia menjadi saksi atas kebenaran kandungan kitab-kitab terdahulu 
4.Al-Qur’an memelihara dan mengukuhkan prinsip ajaran Ilahi yang bersifat universal (kully) dan mengandung kemaslahatan abadi bagi umat manusia sepanjang masa. 
5. Tiap-tiap umat memiliki aturan (syariat) yang akan menuntunnya menuju kebahagiaan abadi. 
6. Allah Swt. telah menjadikan syariat Nabi Muhammad Saw. sebagai penyempurna syariat para nabi terdahulu serta membatalkan sebagian syariat sebelumnya. 
7. Berlomba dalam kebaikan merupakan suatu ajakan kepada orang lain dengan dimulai dari diri sendiri untuk selalu menempuh jalan yang diridai oleh Allah Swt. 
8. Q.S. at-Taubah/9: 105 berisi perintah untuk bekerja keras (etos kerja). 
9. Allah Swt. memerintahkan untuk beramal saleh hingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun masyarakat luas. 
10. Setiap amal akan dilihat oleh Allah Swt., Rasulullah Saw. dan mukminin di akhirat kelak.
 

GLOSARIUM
dalil : suatu hal yang menunjuk pada apa yang dicari;berupa alasan, keterangan dan pendapat yang merujuk pada pengertian, hukum dan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dicari
asbabun nuzul: sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur'an
Infograis :penyajian garis besar materi dalam bentuk grais
tartil: sebuah bentuk aturan dalam pembacaan Al-Qur’an yang berarti membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar.
sorogan: sistem belajar mengajar dimana santri membaca kitab yang dikaji.
inquiry learning: suatu rangkaian kegatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri


DAFTAR PUSTAKA
1. Tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab, Tafsir Ibnu Katsir karya Ismail bin Umar al-Quraisyi bin Katsir al-Bashri ad-Dimasyqi, Tafsir al-Maraghi karya Ahmad Mustofa al-Maraghi, dan kitab tafsir muktabar lainnya
 2. Lubabun Nuqul ii Asbaabin Nuzul, karya Jalaluddin As-Suyuthi 
3. Kitab Hadis Riyadhus Shalilih karya Imam Nawawi atau kitab hadis lainnya 
4. Buku Tajwid “Tuhfatul Athfal” karya Syeikh Sulaiman al-Jumzuri atau kitab tajwid lainnya 
5. Membudayakan Etos Kerja yang Islami karya Toto Tasmara
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger