BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Pendidik dan Pendidikan islam
1.
Pengertian
pendidik
a.
Secara
etimologi dalam konteks pendidikan Islam pendidik
disebut dengan murabbi, mu’allim, dan muaddib. Kata murabbi
berasal dari kata rabba, yurabbi. Kata mu’allim isim fail dari ‘allama,
yu’allimu. sedangkan kata muaddib berasal dari addaba, yuaddibu.
b.
Secara terminologi ada beberapa definisi tentang
pendidik yaitu :
·
Zakiah Daradjat, berpendapat bahwa pendidik adalah
individu yang akan memenuhi kebutuhan pengetahuan, sikap dan tingkah laku
peserta didik.
·
Ahmad D Marimba, beliau mengartikan sebagai orang yang
memikul pertanggungjawaban sebagai pendidik, yaitu manusia dewasa yang karena
hak dan kewajibannya bertanggung jawab tentang pendidikan peserta didik.
·
Ahmad Tasir, mengatakan bahwa pendidik dalam Islam
sama dengan teori di Barat, yaitu siapa saja yang bertanggung jawab terhadap
perkembangan peserta didik.
2. Pengertian
pendidikan islam
Ada beberapa
pendapat mendefinisikan pendidikan islam, diantaranya :
a. Menurut Drs.
Ahmad D. Marimba mengatakan bahwa pendidikan islam adalah bimbingan jasmani,
rohani berdasarkan hukum – hukum agama islam menuju terbentuknya kepribadian
utama menurut ukuran – ukuran islam.
b. Menurut
Abdur Rahman Nahlawi, pendidikan islam adalah pengaturan pribadi dan masyarakat
yang karenanya dapatlah memeliuk islam secara logis dan secara keseluruhan,
baik dalam kehidupan individu maupun politik.
c. Menutut Drs.
Burlian Shomad, pendidikan islam adalah pendidikan yang bertujuan membentuk
individu menjadi makhluk yang bercorak diri berderajat tinggi menurut ukuran
Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah.
d. Menurut Musthafa Al- Ghuyani , pendidikan islam
adalah menanamkan akhlaq yang mulia dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhan
berupa petunjuk dan nasihat.
e. Menurut Syah
Muhammad A. Naquib Al – Atas, pendidikan islam adalah usaha pengenalan dan
pengakuan akan tempat Tuhan yang tepat di dalam tatanan wujud dan kepribadian.
f. Menurut
Prof. Dr Hasan Langgulung, pendidikan islam adalah pendidikan yang memiliki 3
fungsi yaitu menyiapkan generasi muda untuk masa yang akan datang, memindahkan
ilmu pengetahuan dari generasi tua ke generasi muda, memindahkan nilai keutuhan
dan kesatuan.
g. Hasil
seminar Pendidikan Islam Se- Indonesia tanggal 7 sampai 11 Mei 1960 di Cipayung
Bogor Mengatakan Bahwa : Pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan
jasmani, dan rohani menurut ajaran islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan
, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran islam.
Dari pendapat
tersebut dapat disimpulkan bahawa pendidikan islam adlah bimbingan yang
dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia
memiliki kepribadian muslim.
B. Pengertian
Dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam
Dari penjelasan diatas kita sudah
mengerti tentang pendidikan islam, kemudian selanjutnya adalah ilmu pendidikan
islam.sebelum kita membahas tntang definisi ilmu pendidikan islam kitaharus
mengerti arti kata ilmu.
Ilmu adalah suatu kumpulan
pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode tertentuyang
bersifat alamiah.
Dari penjelasan tersebut dapat
disimpulkan bahwa Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas proses
penyampaian materi – materi ajaran islam kepada anak didik dalam prose
pertumbuhannya.
Dengan kata lain ilmu pendidikan
islam juga dapat disebut ilmu pendidikan praktis, karena yang diuraikan dalam
ilmu ini dilaksanakan dalam kegiatan pendidikan. ilmu pendidikan islam juga
disebut ilmu Rohani, karena bertujuan membentuk manusia yang memiliki harkat
dan berbudaya. ilmu pendidikan islam juga disebut ilmu Normatif karena ilmu ini
berdasarkan norma baik yang bersumber dari Al –Qur’an dan Al – Hadist. Selain
itu juga ilmu pendidikan islam disebut ilmu empiris karena obyeknya situasi
pendidikan dan pergaulan yang terdapat dalam dunia pengalaman.
Tujuan Ilmu Pendidikan Islam adalah
mencerahi situasi ilmu pendidikan islam hubungan antara unsur – unsur dasarnya,
sehingga orang yang mempelajarinya memproleh pegangan yang berguna untuk
praktek pendidikan.
C. Ruang
Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
1. Ruang
Lingkup pendidikan islam
Pendidikan islam sebagai ilmu,
memiliki ruang lingkup yang luas, adapun yang menjadi ruang lingkupnya adalah
pihak – pihak yang terlibat dalam pendidikan islam, diantaranya adalah :
a. perbuatan
mendidik itu sendiri
yang dimaksud perbuatan mendiddik
adalah seluruh kegiatn, tindakan dan sikap yang dilakukan oleh pendidik sewaktu
menghadapi anak didik. dalam perbutab mendidik ini sering disebut tahzib.
b. Anak didik
anak didik yaitu pihak yang menjadi
obyek terpenting dalam pendidikan. istilah yang sering dipakai dalm menyebut
anak didik adalah santri, talib, mut’alim , muhazab, tilmiz.
c. dasar dan tujuan
pendidikan
dasar dan tujuan pendidikan adalh
landasan yang menjadi dasr dan sumber dari pendidikan islam.
d. pendidikan
pendidikan adalah subyek yang
mlaksanakan pendidikan
e. Materi
pendidikan islam
Materi
pendidikan islam adalah bahan – bahan ilmu agam islam yang di susunsecara lazim
tetapi logis.
f. Metode Pendidikan
Islam
Metode pendidikan islam adalah cara
yang dilakukan pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan islam
kepada anak didik. dalam pendidikan islam metodenya sering dusebut tariqqtut
tarbiyah atau tariqatut tahzib.
g. Evaluasi
pendidikan
evaluasi pendidikan adalah penilaian
terhadap hasil belajar anak didik.
h. Alat- alat
pendidikan Islam
alat – alat pendidikan islam adalah
alat yang digunakan selama melaksanakan
pendidikan islam agar tujuan pendidikan islam bisa berhasil.
i.
Lingkungan Sekitar pendidikan islam
lingkungan sekitar prndidikan islam
yaitu keadaan yang ikut berpengaruh terhadap pelaksanaan serta hasil pendidikan
islam.
2. Ruang
Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
Dalam ilmu pendidikan
islam ada beberapa ruang lingkup di dalamnya , diantaranya adalah :
a. perbuatan
mendidik itu sendiri
b. anak didik
c. dasar dan
tujuan pendidikan
d. pendidikan
e. materi
pendidikan islam
f. metode
pendidikan islam
g. evaluasi
pendidikan
h. alat – alat
pendidikan islam
i.
lingkungan sekitar pendidikan islam
D. Kegunaan
ilmu pendidikan Islam
Ilmu pendidikan islam memiliki beberapa kegunaan,
diantaranya adalah :
1. Melakukan
pembuktian terhadap teori kependidikan islam agar menjadi kenyataan
2. Memberikan
bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan islam. ia memberikan
bahan dasar (input) kemudian diolah (truput), dan menghasilan hasil yang
diharapakan (output)
3. Menjadi
korektor terhadap kekurangan teori – teori dalampendidikan islam.
Selain itu perlunya mempelajari ilmu
pendidikan islam menurut Prof .Dr Arifin Med, menyatakan bahwa :
1. Pendidikan
sebagai usaha membentuk pribadi manusia yang harus melalui proses.
2. Pendidikan
islam bersumber pada nilai agama islam
yang harus di jiwai .
3. Agama islam
sebagi wahyu Allah yang bertujuan mensejahterakan umat manusia.
4. Ruang
lingkupnya mencakup kehidupan dunia dan akhirat
5. Bersumber
pada Al – Quran, Al –hadist dan qaul para ulama.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1. Pendidik
adalah orang yang memikul pertanggungjawaban sebagai pendidik, yaitu manusia
dewasa yang karena hak dan kewajibannya bertanggung jawab tentang pendidikan
peserta didik.
Pendidikan islam adlah bimbingan yang dilakukan oleh
seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki
kepribadian muslim.
2. Ilmu
pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas proses penyampaian materi – materi
ajaran islam kepada anak didik dalam prose pertumbuhannya.
3. Ruang
lingkup ilmu pendidikan islam :
a. perbuatan
mendidik itu sendiri
b. anak didik
c. dasar dan
tujuan pendidikan
d. pendidikan
e. materi
pendidikan islam
f. metode
pendidikan islam
g. evaluasi
pendidikan
h. alat – alat
pendidikan islam
i.
lingkungan sekitar pendidikan islam
4. Ilmu
pendidikan islam memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah :
a. Melakukan
pembuktian terhadap teori kependidikan islam agar menjadi kenyataan.
b. Memberikan
bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan islam. ia memberikan
bahan dasar (input) kemudian diolah (truput), dan menghasilan hasil yang
diharapakan (output)
c. Menjadi
korektor terhadap kekurangan teori – teori dalampendidikan islam
Saran
Agar tercipta pendidikan islam yang
baik kita harus bisa memahami ilmu pendidikan islam.
0 komentar:
Post a Comment