adsbygoogle.js'/> Pendidik dan Pendidikan islam | Tulisan Khozin_99
Home » » Pendidik dan Pendidikan islam

Pendidik dan Pendidikan islam

Written By Khozin_99 on Tuesday 11 March 2014 | 3/11/2014 06:47:00 am

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pendidik dan Pendidikan islam

1.      Pengertian pendidik

a.       Secara etimologi  dalam konteks pendidikan Islam pendidik disebut dengan murabbi, mu’allim, dan muaddib. Kata murabbi berasal dari kata rabba, yurabbi. Kata mu’allim isim fail dari ‘allama, yu’allimu. sedangkan kata muaddib berasal dari addaba, yuaddibu.

b.      Secara terminologi ada beberapa definisi tentang pendidik yaitu :
·         Zakiah Daradjat, berpendapat bahwa pendidik adalah individu yang akan memenuhi kebutuhan pengetahuan, sikap dan tingkah laku peserta didik.
·         Ahmad D Marimba, beliau mengartikan sebagai orang yang memikul pertanggungjawaban sebagai pendidik, yaitu manusia dewasa yang karena hak dan kewajibannya bertanggung jawab tentang pendidikan peserta didik.
·         Ahmad Tasir, mengatakan bahwa pendidik dalam Islam sama dengan teori di Barat, yaitu siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik.
2.      Pengertian pendidikan islam
Ada beberapa pendapat mendefinisikan pendidikan islam, diantaranya :
a.       Menurut Drs. Ahmad D. Marimba mengatakan bahwa pendidikan islam adalah bimbingan jasmani, rohani berdasarkan hukum – hukum agama islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran – ukuran islam.
b.      Menurut Abdur Rahman Nahlawi, pendidikan islam adalah pengaturan pribadi dan masyarakat yang karenanya dapatlah memeliuk islam secara logis dan secara keseluruhan, baik dalam kehidupan individu maupun politik.
c.       Menutut Drs. Burlian Shomad, pendidikan islam adalah pendidikan yang bertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri berderajat tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah.
d.      Menurut  Musthafa Al- Ghuyani , pendidikan islam adalah menanamkan akhlaq yang mulia dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhan berupa petunjuk dan nasihat.
e.       Menurut Syah Muhammad A. Naquib Al – Atas, pendidikan islam adalah usaha pengenalan dan pengakuan akan tempat Tuhan yang tepat di dalam tatanan wujud dan kepribadian.
f.       Menurut Prof. Dr Hasan Langgulung, pendidikan islam adalah pendidikan yang memiliki 3 fungsi yaitu menyiapkan generasi muda untuk masa yang akan datang, memindahkan ilmu pengetahuan dari generasi tua ke generasi muda, memindahkan nilai keutuhan dan kesatuan.
g.      Hasil seminar Pendidikan Islam Se- Indonesia tanggal 7 sampai 11 Mei 1960 di Cipayung Bogor Mengatakan Bahwa : Pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan jasmani, dan rohani menurut ajaran islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan , melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran islam.
 Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahawa pendidikan islam adlah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.
B.     Pengertian Dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam
Dari penjelasan diatas kita sudah mengerti tentang pendidikan islam, kemudian selanjutnya adalah ilmu pendidikan islam.sebelum kita membahas tntang definisi ilmu pendidikan islam kitaharus mengerti arti kata ilmu.
Ilmu adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode tertentuyang bersifat alamiah.
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas proses penyampaian materi – materi ajaran islam kepada anak didik dalam prose pertumbuhannya.
Dengan kata lain ilmu pendidikan islam juga dapat disebut ilmu pendidikan praktis, karena yang diuraikan dalam ilmu ini dilaksanakan dalam kegiatan pendidikan. ilmu pendidikan islam juga disebut ilmu Rohani, karena bertujuan membentuk manusia yang memiliki harkat dan berbudaya. ilmu pendidikan islam juga disebut ilmu Normatif karena ilmu ini berdasarkan norma baik yang bersumber dari Al –Qur’an dan Al – Hadist. Selain itu juga ilmu pendidikan islam disebut ilmu empiris karena obyeknya situasi pendidikan dan pergaulan yang terdapat dalam dunia pengalaman.
Tujuan Ilmu Pendidikan Islam adalah mencerahi situasi ilmu pendidikan islam hubungan antara unsur – unsur dasarnya, sehingga orang yang mempelajarinya memproleh pegangan yang berguna untuk praktek pendidikan.
C.    Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam

1.      Ruang Lingkup pendidikan islam
Pendidikan islam sebagai ilmu, memiliki ruang lingkup yang luas, adapun yang menjadi ruang lingkupnya adalah pihak – pihak yang terlibat dalam pendidikan islam, diantaranya adalah :
a.       perbuatan mendidik itu sendiri
yang dimaksud perbuatan mendiddik adalah seluruh kegiatn, tindakan dan sikap yang dilakukan oleh pendidik sewaktu menghadapi anak didik. dalam perbutab mendidik ini sering disebut tahzib.
b.      Anak didik
anak didik yaitu pihak yang menjadi obyek terpenting dalam pendidikan. istilah yang sering dipakai dalm menyebut anak didik adalah santri, talib, mut’alim , muhazab, tilmiz.
c.       dasar dan tujuan pendidikan
dasar dan tujuan pendidikan adalh landasan yang menjadi dasr dan sumber dari pendidikan islam.
d.      pendidikan
pendidikan adalah subyek yang mlaksanakan pendidikan
e.       Materi pendidikan islam
Materi pendidikan islam adalah bahan – bahan ilmu agam islam yang di susunsecara lazim tetapi logis.
f.       Metode Pendidikan Islam
Metode pendidikan islam adalah cara yang dilakukan pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan islam kepada anak didik. dalam pendidikan islam metodenya sering dusebut tariqqtut tarbiyah atau tariqatut tahzib.
g.      Evaluasi pendidikan
evaluasi pendidikan adalah penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
h.      Alat- alat pendidikan Islam
alat – alat pendidikan islam adalah alat yang  digunakan selama melaksanakan pendidikan islam agar tujuan pendidikan islam bisa berhasil.
i.        Lingkungan Sekitar pendidikan islam
lingkungan sekitar prndidikan islam yaitu keadaan yang ikut berpengaruh terhadap pelaksanaan serta hasil pendidikan islam.

2.      Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam

 Dalam ilmu pendidikan islam ada beberapa ruang lingkup di dalamnya , diantaranya adalah :
a.       perbuatan mendidik itu sendiri
b.      anak didik
c.       dasar dan tujuan pendidikan
d.      pendidikan
e.       materi pendidikan islam
f.       metode pendidikan islam
g.      evaluasi pendidikan
h.      alat – alat pendidikan islam
i.        lingkungan sekitar pendidikan islam

D.    Kegunaan ilmu pendidikan Islam

Ilmu pendidikan islam memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah :
1.      Melakukan pembuktian terhadap teori kependidikan islam agar menjadi kenyataan
2.      Memberikan bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan islam. ia memberikan bahan dasar (input) kemudian diolah (truput), dan menghasilan hasil yang diharapakan (output)
3.      Menjadi korektor terhadap kekurangan teori – teori dalampendidikan islam.
Selain itu perlunya mempelajari ilmu pendidikan islam menurut Prof .Dr Arifin Med, menyatakan bahwa :
1.      Pendidikan sebagai usaha membentuk pribadi manusia yang harus melalui proses.
2.      Pendidikan islam  bersumber pada nilai agama islam yang harus di jiwai .
3.      Agama islam sebagi wahyu Allah yang bertujuan mensejahterakan umat manusia.
4.      Ruang lingkupnya mencakup kehidupan dunia dan akhirat
5.      Bersumber pada Al – Quran, Al –hadist dan qaul para ulama.












BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

1.      Pendidik adalah orang yang memikul pertanggungjawaban sebagai pendidik, yaitu manusia dewasa yang karena hak dan kewajibannya bertanggung jawab tentang pendidikan peserta didik.
Pendidikan islam adlah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.

2.      Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas proses penyampaian materi – materi ajaran islam kepada anak didik dalam prose pertumbuhannya.

3.      Ruang lingkup ilmu pendidikan islam :
a.       perbuatan mendidik itu sendiri
b.      anak didik
c.       dasar dan tujuan pendidikan
d.      pendidikan
e.       materi pendidikan islam
f.       metode pendidikan islam
g.      evaluasi pendidikan
h.      alat – alat pendidikan islam
i.        lingkungan sekitar pendidikan islam

4.      Ilmu pendidikan islam memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah :
a.       Melakukan pembuktian terhadap teori kependidikan islam agar menjadi kenyataan.
b.      Memberikan bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan islam. ia memberikan bahan dasar (input) kemudian diolah (truput), dan menghasilan hasil yang diharapakan (output)
c.       Menjadi korektor terhadap kekurangan teori – teori dalampendidikan islam


Saran

Agar tercipta pendidikan islam yang baik kita harus bisa memahami ilmu pendidikan islam.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger