adsbygoogle.js'/> Seputar Kegalauan Anak Muda | Tulisan Khozin_99
Home » » Seputar Kegalauan Anak Muda

Seputar Kegalauan Anak Muda

Written By Khozin_99 on Monday 16 December 2013 | 12/16/2013 09:36:00 am



Kamu tau? Di usia-usia segini, setiap kita punya topik-topik kegalauan yang Sama, yaitu: 1) Mau jadi apa?, 2) Mapannya gimana?, 3) Jodohnya siapa?

Hmm, akan Saya coba bahas satu-satu, siapa tau bisa membantu.
1. Maju jadi apa?
Masih inget gak ketika dulu masih kecil –bagi yang pernah kecil, kita suka ditanya Sama orang tua atau guru TK, “Kalo besar, kamu mau jadi apa?”, pastinya jawaban kita nggak jauh-jauh dari, “Jadi doktel.”, atau “Jadi astlonot.”, atau “Jadi polisi.”, dan atau “Jadi presiden.” Ya kan?

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tahun pun berganti kelamin eh berganti tahun maksudnya, Saya pun tumbuh menjadi pria dewasa, dan ketika ada pertanyaan yang Soba dari nyokap Saya,
“Sob, kamu udah gede gini tapi nggak bisa apa apa! Emang kamu mau jadi apa sih?!”
“Aku mau jadi anak kecil lagi, Ma.”
“...”
Menurut penelitian yang lagi-lagi nggak Saya catet sumbernya (my bad, sorry), ternyata kebahagiaan seseorang itu akan mulai berkurang sekian persen ketika menjelang usia produktif ideal (sekitar 23 tahun). Alasannya mungkin karena kesibukan, tanggung jawab, masalah dan tuntutan hidup yang makin bertambah.


Makanya, nggak jarang Saya menemukan banyak mahasiswa yang mengeluh, “Saya mau jadi anak SMA lagi, huhuhu.”, atau sarjana yang mengeluh, “Saya mau jadi mahasiswa lagi, huhuhu.”

Tuntutan hidup inilah yang menjadi alasan kenapa Saya mau jadi anak kecil lagi, rasanya pengin banget bertukar tempat Sama anaknya Kak Dian Sastro, mihihihi.

Ketika udah dekat Sama penghujung kuliah, atau bahkan yang udah beres kuliah, kita akan sangat galau terhadap beberapa pertanyaan seperti percakapan di bawah,
“Sob, tao gak tao gak?”
“Apa?”
“Saya udah lulus loh, elo kapan?”, pamer dan berharap Saya bakal galau.
“Oh selamet ya. Kalo udah lulus, mau jadi apa?”, kalem,counterquestion.
“O..oiya ya? Hmm, gak tau, huhuhu. Ada saran?”
“Minum baigon aja.”
"..." 
Pft, yang tercepat belum tentu yang terbaik. Banyak orang yang lulus cepat-cepat, tapi nggak punya persiapan tepat.

Nah, sebagai nasihat buat kamu dan tentunya buat Saya juga, dalam hidup ini kita harus selalu berencana, begitu juga ketika masih mahasiswa, atau tinggal nunggu wisuda.

Bagi yang masih mahasiswa, ada baiknya memanfaatin waktu dengan berguna, biar sebelum lulus udah tau mau jadi apa. Bagi yang udah sarjana dan belum tau mau jadi apa, kesempatan akan selalu ada, asik.

So, kalo ada orang yang nanya, “Mau jadi apa?”, jawab aja, “Mau jadi anaknya Dian Sastro.”

2. Mapannya gimana?
Saya emang belom tampan, tapi Saya akan mapan.”, begitulah jawaban Saya ketika ada orang yang selalu ngecengin tampang Saya yang mirip ulet bulu. Belom puas mereka ngecengin tampang Saya, kemudian mereka bertanya lagi, “Mapannya kapan?”, Saya cuma bisa diem Sambbil pelan-pelan ngeluarin shotgun.

Mapannya gimana? Hmm.. Saya juga bingung ya, apalagi bagi yang bukan anak orang kaya, nggak punya modal usaha, ngelamar kerja gagal semua, dan wisudanya juga lama, cian.

Oiya, sedikit selentingan,
Jaman udah berubah, tapi pola pemikiran kita masih kayak di jaman perang. Maksud Saya adalah, saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa dengan modal ijazah sekolah atau kuliah, kehidupan masa depan kita bisa terjamin. Ternyata nggak berkorelasi lagi saat ini.

Mau bukti?
Kemaren hari Saya ke Job Fair gitu, dan memandangi sarjana-sarjana intelek yang membawa ijazah Sobbil berharap-harap dapet pekerjaan di bursa kerja. Ijazah makin tinggi, kerjanya malah nyari kerjaan, ngantri-ngantri lagi. Untungnya, di sana Saya nggak nyari kerja, cuma jalan-jalan Sobbil make kaos, “Nyesel kan lulus cepet-cepet? pft.” *dikejar-kejar

Menurut pakar bisnis, Robert Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, Saya sepakat kalo dunia kuliah saat ini beralih fungsi sebagai alat cetak pekerja-pekerja baru, bukan pembuat pekerjaan. Dan dia juga bilang, makin tinggi kuliahnya, makin terobsesi mencari pekerjaan. Hmm.. bener juga ya?

Kembali ke masalah mapannya gimana.
Saya menyarankan untuk selalu berharap Soba Tuhan, jangan berharap Soba gebetan, seringnya bikin sakit ati *kok curhat nyet

Yoi, ada Tuhan Yang Maha Mengatur Rezeki, untuk itu, jangan focus Sama kekhawatiran masa depan, focus aja sama apa yang saat ini dikerjakan, semua pasti ada jalan, asal ada kemauan. *salamsuper

3. Jodohnya siapa?
Nggak lengkap kalo kegalauan nggak ngebahas soal pasangan, uhuk.
Perlu diketahui, Saya ini termasuk manusia korban pertanyaan, “Jomblo ya?” dari orang-orang yang berstatus pacaran.

Saya enggak habis pikir Sama orang-orang yang bangga dengan status pacaran mereka. Mereka itu ya, bisanya cuma mamerin statusnya ke manusia-manusia jomblo, tapi nggak berani mamerin statusnya ke manusia yang udah nikah. Hmm.. nusuk gak? Kalo nggak, sini Saya tusuk.

Bagi kalian yang masih ngatain Saya jomblo, kalian perlu tau, Saya nggak jomblo, Saya cuma LDR-an Sama kekasih masa depan. Udah jelas?! okesip.

Nggak perlu galau dengan pertanyaan “Jodohnya siapa?”, Saya juga nggak galau lagi Soba pertanyaan begituan, saking biasanya ditanya. –“
               
Ada sikap yang perlu ditiru kalo mau, jurusan kuliah boleh salah pilih, kalo pasangan hidup jangan. Buat apa pacaran kalo cuma buat permainan, yang kita punya itu hati, bukan stick PS.

Ada baiknya, lulus aja dulu, usaha atau kerja, berpenghasilan, kaya dan mapan, baru ngomongin soal pacaran, kalo bisa langsung nikahan. 

[end]


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger