adsbygoogle.js'/> Metode-metode pembelajaran pendidikan agama islam (ceramah,tanya jawab dan diskusi) | Tulisan Khozin_99
Home » » Metode-metode pembelajaran pendidikan agama islam (ceramah,tanya jawab dan diskusi)

Metode-metode pembelajaran pendidikan agama islam (ceramah,tanya jawab dan diskusi)

Written By Khozin_99 on Monday 17 June 2013 | 6/17/2013 10:10:00 am


A.    METODE CERAMAH
1.      Pengertian Metode  ceramah
Metode ceramah adalah metode yang menekankan pemberian dan penyampaian informasi kepada peserta didik,
 metode ceramah disebut juga metode memberitahuan(lectured metod)yaitu menyampaikan sejumlah keterangan /fakta-fakta.

2.      Kelebihan dan kelemahan metode ceramah
*      KELEBIHAN
a)      Metode ceramah baik digunakan untuk menyampaikan meteri yang sulit disampaikan dengan cara lain.seperti m enjelaskan makna ayat-ayat al qur’an.
b)      Metode ceramah baik untuk motivasi anak didik dalam mengembangkan minat terhadap suatu pelajaran.
c)      Memberikan keterangan-keterangan kepada siswa dalam memecahkan masalah.
*      KELEMAHAN
a)      Menjadikan perhatian hanya terpusat pada guru.
b)      Secara tidak disadari ada unsur pemaksaan pada guru.

3.      LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENUNJANG METODE CERAMAH
a)      CERAMAH HARUS DIBUAT GARIS BESARNYA DAN DIPIKIRKAN BAIK-BAIK APA YANG AKAN DISAMPAIKAN.
b)     SEDAPAT MUNGKIN DISAMPAIKAN BAHAN ILUSTRASI BERUPA BAGAN,GAMBAR,ATAU DIAGRAM.
c)      MEMULAI CERAMAH DENGAN MENGEMUMAKAN SUATU MASALAH ATAU PERTANYAN.
d)     MENGUSAHAKAN AGAR SISWA TETAP DALAM SUASANA PROBLEMATIK ,MEMBANGKITKAN SIKAP INGIN TAHU TENTANG BAGAIIMANA CARA UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH.
e)      PERHATIKAN KECEPATAN BERBICARA.
f)       MENYELIDIKI APAKAH ANAK DIDIK MEMAHAMI ATAU TIDAK PENJELASAN GURU.
g)      SAMBIL BERBICARA HENDAKNYA MEMANDANGI WAJAH SISWA,SUARA LEBIH BAIK SEPERTI WAKTU BERCAKAP-CAKAP DALAM SITUASI YANG TIDAK FORMAL.
h)     SEKALI-KALI BERHENTI DAN MENUNGGU REAKSI DARI SISWA.
i)        MEMBERI OUTLINE SEBELUM PELAJARAN DIMULAI.
j)       TUNJUKKAN RASA HUMOR,CONTOH DENGAN BAHASA YANG MENARIK.
k)     MEMPERHATIKAN WAKTU
l)        MEMBERIKAN ANAK DIDIK LATIHAN UNTUK MEMBERI CATATAN.
m)   PADA AKHIR PELAJARAN BERSIFAT EVALUASI.


4.      HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM METODE CERAMAH
a)      GURU PERLU MEMBATASI WAKTU CERAMAHSESUAI DENGAN TINGKAT USIA SISWA.
b)      MENYUSUN RENCANACERAMAH
c)      MENYUSUN PERTANYAAN
d)     MENYUSUN PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK SISWA
e)      MENYAJIKAN CONTOH-CONTOH LUCU
f)       CERAMAH DENGAN SUARA NYARING
g)      MENGUNAKAN BAHASA YANG MUDAH DIMENGERTI UMUM.

5.      METODE CERAMAH PLUS
a.       METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS (CPTT).
b.      METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS (CPTD).
c.       METODE CERAMAH PLUS DEMONTRASI DAN LATIHAN (CPDL).

B.     METODE TANYA JAWAB
1.      Pengertian METODE TANYA JAWAB
METODE TANYA JAWAB MERUPAKAN SUATU METODE PEMBELAJARAN YANG MENEKANKAN PADA CARA PENYAMPAIAN MATERI PELAJARAN OLEH GURU DENGAN JALAN PERTANYAAN DAN PESERTA DIDIK MEMBERIKAN JAWABAN.

2.      TUJUAN METODE TANYA JAWAB
a.       MENGETAHUI PENGUASAAN SISWA TERHADAP PENGETAHUAN YANG LALU DISAMPAIKAN OLEH GURU.
b.      MEN GUATKAN PENGETAHUAN GAGASAN PELAJARAN.
c.       MEMOTIVASI SISWA AGAR BERBUAT BAIK,MENUNJUKKAN KEBENARAN.

3.      PERSOALAN YANG TERJADI PADA METODE TANYA JAWAB

a.       SEGI KECEPATAN MENUANGKAN BAHAN PELAJARAN.
b.      DAPAT TERJADI PENYIMPANGAN DARI POKOK PERSOALAN.
c.       DAPAT TERJADI PENDAPAT ANAK DIDIK DAN GURU.

4.      LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB.
TEKNIK DALAM METODE TANYA JAWAB
a.       PERTANYAAN DALAM KALIMAT PANJANG
b.      PERTANYAAN HARUS DIAJUKAN PADA KELAS SEBELUM MENUJUK SISWA
c.       MEMBERI KESEMPATAN KEPADA SISWA UNTUK MEMIKIRKAN JAWABAN.

5.      SISI NEGATIF DARI METOE TANYA JAWAB
a.      PERTANYAAN HARUS SINGKAT
b.      PERTANYAAN DISESUAIKAN DENGAN KECERDASAN DAN KEMAMPUAN ANAK.
c.       USAKAN PERTANYAAN YANG PUNYA JAWABANB PASTI

6.      TEKNIK MENGAJUKAN PERTANYAN :
a.       MULA-MULA DIAJUKAN KEPADA SEMUA ANAK DIDIK BARU DITANYAKAN KEPADA ANAK DIDIK YANG TERTENTU.
b.      BERIKAN WAKTU BERFIKIR DAN MENYUSUN JAWABAN.
c.       PERTANYAAN DIAJUKAN BERGILIR

7.      WAKTU PENYAMPAIAN DI BAGI 3
a.       PERTANYAAN AWAL PELAJARAN
b.      PERTANYAAN TENGAH-TENGAH PELAJARAN
c.       PERTANYAAN AKHIR PELAJARAN

8.      SASARAN PERTANYAAN
a.       PERTANYAAN INGATAN
b.      PERTANYAAN PIKIRAN

C.    METODE DISKUSI
1.      Pengertian METODE DISKUSI
METODE DISKUSI MERUPAKAN KEGIATAN TUKAR MENUKAR INFORMASI,PENDAPAT DAN UNSUR-UNSUR PENGALAMAN SECARA TERATUR.METODE DISKUSI MERUPAKAN METODE PEMBELAJARAN YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS INTERAKSI ANTAR PESERTA DIDIK.
2.      KARAKTERISTIK METODE DISKUSI
*      KELEBIHAN METODE DISKUSI
a.       MENDORONG SISWA BERPIKIR KRITIS.
b.      MENDORONG SISWA MENGEKSPRESIKAN PEDAPT SECARA BEBAS
c.       MENDORONG SISWA MENGEMBANGKAN PIKIRANNYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH.
d.      MEMBIASAKAN SIKAP TOLERAN
e.       MEMBIASAKAN SISWA MENDENGARKAN PENDAPAT ORANG LAIN.
*      PENDAPAT LAIN
MENYADARKAN ANAK DIDIK BAHWA ADA MASALAH YANG DAPAT DIPECAHKAN DENGAN BEBAGI JALAN
*      KEKURANGA METODE DISKUSI
SISI POSITIF
a)      SUASANA BELAJAR MENGAJAR DIKELAS AKAN BERKEMBANG.
b)      MEMBERIKAN PELAJARAN SIKAP TOLERAN,DEMOKRAT,KRITIS DAN BERPIKIR SECARA SISTEMATIS.
c)      KESIMPULAN2 DARI MASALAH YANG SEDANG DIDISKUSIKANDAPAT MUDAH DI INGAT SISWA.
d)     MEMBERIKAN PENGALAMAN KEPADA SISWA TENTANG ETIKA BERMUSYAWAROH.

SISI NEGATIF
a)      JALANNYA DISKUSI SERINGKALI DIDOMINASI OLEH SISWA YANG PANDAI.
b)      JALANNYA DISKUSI SERING DIPENGARUHI OLEH PEMBICARAAN YANG MENYIMPANG
c)      DISKUSI BIASANYA MEMBOROSKAN WAKTU.
3.      LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN METODE DISKUSI
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM DISKUSI :
a.       PERENCANAAN DISKUSI
b.      PELAKSANAAN DISKUSI

c.       TINDAK LANJUT DISKUSI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger