A.
METODE CERAMAH
1. Pengertian Metode ceramah
Metode ceramah adalah metode
yang menekankan pemberian dan penyampaian informasi kepada peserta didik,
metode ceramah disebut juga metode
memberitahuan(lectured metod)yaitu menyampaikan sejumlah keterangan
/fakta-fakta.
2. Kelebihan dan kelemahan metode ceramah
KELEBIHAN
a) Metode ceramah baik digunakan untuk
menyampaikan meteri yang sulit disampaikan dengan cara lain.seperti m
enjelaskan makna ayat-ayat al qur’an.
b) Metode ceramah baik untuk motivasi anak
didik dalam mengembangkan minat terhadap suatu pelajaran.
c) Memberikan keterangan-keterangan kepada
siswa dalam memecahkan masalah.
KELEMAHAN
a) Menjadikan perhatian hanya terpusat pada
guru.
b) Secara tidak disadari ada unsur pemaksaan
pada guru.
3. LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENUNJANG METODE
CERAMAH
a) CERAMAH HARUS DIBUAT GARIS BESARNYA DAN
DIPIKIRKAN BAIK-BAIK APA YANG AKAN DISAMPAIKAN.
b) SEDAPAT MUNGKIN DISAMPAIKAN BAHAN ILUSTRASI
BERUPA BAGAN,GAMBAR,ATAU DIAGRAM.
c) MEMULAI CERAMAH DENGAN MENGEMUMAKAN SUATU
MASALAH ATAU PERTANYAN.
d) MENGUSAHAKAN AGAR SISWA TETAP DALAM SUASANA
PROBLEMATIK ,MEMBANGKITKAN SIKAP INGIN TAHU TENTANG BAGAIIMANA CARA UNTUK
MENYELESAIKAN MASALAH.
e) PERHATIKAN KECEPATAN BERBICARA.
f) MENYELIDIKI APAKAH ANAK DIDIK MEMAHAMI ATAU
TIDAK PENJELASAN GURU.
g) SAMBIL BERBICARA HENDAKNYA MEMANDANGI WAJAH
SISWA,SUARA LEBIH BAIK SEPERTI WAKTU BERCAKAP-CAKAP DALAM SITUASI YANG TIDAK
FORMAL.
h) SEKALI-KALI BERHENTI DAN MENUNGGU REAKSI
DARI SISWA.
i)
MEMBERI OUTLINE SEBELUM PELAJARAN DIMULAI.
j) TUNJUKKAN RASA HUMOR,CONTOH DENGAN BAHASA
YANG MENARIK.
k) MEMPERHATIKAN WAKTU
l)
MEMBERIKAN ANAK DIDIK LATIHAN UNTUK MEMBERI CATATAN.
m) PADA AKHIR PELAJARAN BERSIFAT EVALUASI.
4. HAL-HAL YANG
PERLU DIPERHATIKAN DALAM METODE CERAMAH
a) GURU PERLU
MEMBATASI WAKTU CERAMAHSESUAI DENGAN TINGKAT USIA SISWA.
b) MENYUSUN
RENCANACERAMAH
c) MENYUSUN
PERTANYAAN
d) MENYUSUN
PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK SISWA
e) MENYAJIKAN
CONTOH-CONTOH LUCU
f) CERAMAH
DENGAN SUARA NYARING
g) MENGUNAKAN
BAHASA YANG MUDAH DIMENGERTI UMUM.
5. METODE CERAMAH PLUS
a. METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS
(CPTT).
b. METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS
(CPTD).
c. METODE CERAMAH PLUS DEMONTRASI DAN LATIHAN
(CPDL).
B. METODE TANYA JAWAB
1. Pengertian METODE
TANYA JAWAB
METODE TANYA JAWAB
MERUPAKAN SUATU METODE PEMBELAJARAN YANG MENEKANKAN PADA CARA PENYAMPAIAN
MATERI PELAJARAN OLEH GURU DENGAN JALAN PERTANYAAN DAN PESERTA DIDIK MEMBERIKAN
JAWABAN.
2. TUJUAN METODE TANYA JAWAB
a. MENGETAHUI PENGUASAAN SISWA TERHADAP
PENGETAHUAN YANG LALU DISAMPAIKAN OLEH GURU.
b. MEN GUATKAN PENGETAHUAN GAGASAN PELAJARAN.
c. MEMOTIVASI SISWA AGAR BERBUAT
BAIK,MENUNJUKKAN KEBENARAN.
3. PERSOALAN YANG TERJADI PADA METODE TANYA
JAWAB
a.
SEGI KECEPATAN MENUANGKAN BAHAN PELAJARAN.
b.
DAPAT TERJADI PENYIMPANGAN DARI POKOK PERSOALAN.
c.
DAPAT TERJADI PENDAPAT ANAK DIDIK DAN GURU.
4. LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN METODE TANYA
JAWAB.
TEKNIK DALAM METODE TANYA JAWAB
a. PERTANYAAN DALAM KALIMAT PANJANG
b. PERTANYAAN HARUS
DIAJUKAN PADA KELAS SEBELUM MENUJUK SISWA
c. MEMBERI KESEMPATAN
KEPADA SISWA UNTUK MEMIKIRKAN JAWABAN.
5. SISI NEGATIF DARI METOE TANYA JAWAB
a. PERTANYAAN HARUS SINGKAT
b. PERTANYAAN DISESUAIKAN DENGAN KECERDASAN
DAN KEMAMPUAN ANAK.
c. USAKAN PERTANYAAN YANG PUNYA JAWABANB PASTI
6. TEKNIK MENGAJUKAN PERTANYAN :
a. MULA-MULA DIAJUKAN KEPADA SEMUA ANAK DIDIK
BARU DITANYAKAN KEPADA ANAK DIDIK YANG TERTENTU.
b. BERIKAN WAKTU BERFIKIR DAN MENYUSUN
JAWABAN.
c. PERTANYAAN DIAJUKAN BERGILIR
7. WAKTU PENYAMPAIAN DI BAGI 3
a. PERTANYAAN AWAL PELAJARAN
b. PERTANYAAN TENGAH-TENGAH PELAJARAN
c. PERTANYAAN AKHIR PELAJARAN
8. SASARAN PERTANYAAN
a. PERTANYAAN INGATAN
b. PERTANYAAN PIKIRAN
C.
METODE DISKUSI
1.
Pengertian METODE DISKUSI
METODE DISKUSI
MERUPAKAN KEGIATAN TUKAR MENUKAR INFORMASI,PENDAPAT DAN UNSUR-UNSUR PENGALAMAN
SECARA TERATUR.METODE DISKUSI MERUPAKAN METODE PEMBELAJARAN YANG TEPAT UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS INTERAKSI ANTAR PESERTA DIDIK.
2. KARAKTERISTIK
METODE DISKUSI
KELEBIHAN METODE DISKUSI
a. MENDORONG SISWA
BERPIKIR KRITIS.
b. MENDORONG SISWA
MENGEKSPRESIKAN PEDAPT SECARA BEBAS
c. MENDORONG SISWA
MENGEMBANGKAN PIKIRANNYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH.
d. MEMBIASAKAN SIKAP
TOLERAN
e. MEMBIASAKAN SISWA
MENDENGARKAN PENDAPAT ORANG LAIN.
PENDAPAT LAIN
MENYADARKAN ANAK
DIDIK BAHWA ADA MASALAH YANG DAPAT DIPECAHKAN DENGAN BEBAGI JALAN
KEKURANGA METODE DISKUSI
SISI POSITIF
a) SUASANA BELAJAR
MENGAJAR DIKELAS AKAN BERKEMBANG.
b) MEMBERIKAN
PELAJARAN SIKAP TOLERAN,DEMOKRAT,KRITIS DAN BERPIKIR SECARA SISTEMATIS.
c) KESIMPULAN2 DARI
MASALAH YANG SEDANG DIDISKUSIKANDAPAT MUDAH DI INGAT SISWA.
d) MEMBERIKAN PENGALAMAN
KEPADA SISWA TENTANG ETIKA BERMUSYAWAROH.
SISI NEGATIF
a) JALANNYA DISKUSI
SERINGKALI DIDOMINASI OLEH SISWA YANG PANDAI.
b) JALANNYA DISKUSI
SERING DIPENGARUHI OLEH PEMBICARAAN YANG MENYIMPANG
c) DISKUSI BIASANYA
MEMBOROSKAN WAKTU.
3. LANGKAH-LANGKAH
PENGGUNAAN METODE DISKUSI
HAL-HAL YANG PERLU
DIPERHATIKAN DALAM DISKUSI :
a. PERENCANAAN DISKUSI
b. PELAKSANAAN DISKUSI
c. TINDAK LANJUT
DISKUSI
0 komentar:
Post a Comment