adsbygoogle.js'/> Modul 1.1 Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara " Dasar-dasar Pendidikan" | Tulisan Khozin_99
Home » » Modul 1.1 Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara " Dasar-dasar Pendidikan"

Modul 1.1 Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara " Dasar-dasar Pendidikan"

Written By Khozin_99 on Sunday 29 October 2023 | 10/29/2023 10:31:00 pm

Dasar-dasar Pendidikan




Menurut Simon P R (2021) dasar-dasar pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dalam proses “menuntun”, anak diberi kebebasan namun pendidik sebagai ‘pamong’ dalam memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.

 Seorang ‘pamong’ dapat memberikan ‘tuntunan’ agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar. Ki Hajar Dewantara juga mengingatkan para pendidik untuk tetap terbuka namun tetap waspada terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin.

 Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu”. Ki Hajar Dewantara menggunakan “barang-barang” sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat kita tiru, namun selalu menjadi pertimbangan bahwa Indonesia juga memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger