A. Kodrat
alam dan kodrat zaman
Ki Hajar Dewantara
menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan
kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di
mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan
“irama."
B. Budi
Pekerti
Menurut Ki Hajar
Dewantara, budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara
gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga.
Budi pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara Cipta (kognitif),
Karsa (afektif) sehingga menciptakan Karya (psikomotor).
C. Montessori,
Frobel dan Taman siswa
Perbedaan Montessori,
Frobel dan Taman Siswa adalah:
1)
Montessori
mementingkan pelajaran panca indra, hingga ujung jari pun dihidupkan rasanya,
menghadirkan beberapa alat untuk latihan panca indra dan semua itu bersifat
pelajaran. Anak diberi kemerdekaan dengan luas, tetapi permainan tidak
dipentingkan;
2)
Frobel juga menjadikan
panca indra sebagai konsentrasi pembelajarannya, tetapi yang diutamakan adalah
permainan anak-anak, kegembiraan anak, sehingga pelajaran panca indra juga
diwujudkan menjadi barang-barang yang menyenangkan anak. Namun, dalam proses
pembelajarannya anak masih diperintah;
3)
Taman Siswa bisa
dikatakan memakai kedua metode tersebut, akan tetapi pelajaran panca indra dan
permainan akal itu tidak dipisah, yaitu dianggap satu. Sebab, dalam Taman Siswa
terdapat kepercayaan bahwa dalam segala tingkah laku dan segala kehidupan
anak-anak tersebut sudah diisi Sang Maha Among (Pemelihara) dengan segala
alat-alat yang bersifat mendidik si anak.
0 komentar:
Post a Comment