PROGRAM TAHUNAN
( PROTA )
MATA PELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)
Satuan Pendidikan : SMA .....................
Mata Pelajaran : PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)
Kelas / Fase : XI (Sebelas) / F
Tahun Penyusunan : 20 / 20
CAPAIAN
PEMBELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)
FASE F
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis
tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama; mempresentasikan pesan- pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang
pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan
teknologi, toleransi, memelihara
kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan
moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa
berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia,
musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran
agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan
adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi,
peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar,
tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah
Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam
beragama. |
Akidah |
Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman,
keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan
manfaat ilmu kalam; mempresentasikan
tentang cabang-cabang iman,
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam;
meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara
iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan
manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama; membiasakan
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan,
menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai,
rasa ingin tahu
dan pembelajar sepanjang hayat. |
Akhlak |
Peserta
didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman
keras (miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan
media sosial dalam Islam, menganalisis
dampak negatif sikap
munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap
inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah
perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan
narkoba; menganalisis adab menggunakan media
sosial dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras
hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari; meyakini bahwa agama
melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba,
munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa
adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi
keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif
dan etika berorganisasi merupakan
perintah agama; membiasakan sikap taat pada aturan, peduli
sosial, tanggung jawab, cinta damai,
santun, saling menghormati, semangat
kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati. |
Fikih |
Peserta
didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah,
tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad;
mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah,
ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan
ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam,
mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam;
membiasakan sikap menebarkan
Islam raḥmat li
al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab,
menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan
menghargai perbedaan pendapat. |
Sejarah Peradaban Islam |
Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan
tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam
di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia;
mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di
Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi
masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di
Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern,
peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan
organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap gemar
membaca, menulis, berprestasi, dan kerja
keras, tanggung jawab,
bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan
Islam raḥmat
li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama. |
No |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Materi |
Alokasi Waktu |
SEMESTER 1 |
|||
1 |
11.1.1 Membaca dengan tartil Q.S. Ali ‘Imrān/3:
190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan
ilmu pengetahuan dan teknologi. 11.1.2 Menghafalkan dengan fasih dan lancar Q.S.
Ali Imrān/3: 190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi 11.1.3 Mempresentasikan tentang Q.S.
Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan Q.S. ar- Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi, 11.1.4 Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa
berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah perintah agama,
serta membiasakan rasa ingin tahu, berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 11.1.5 Menganalisis Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan
Q.S. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu
pengetahuan dan teknologi. |
Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai
IPTEK |
4
JP |
2 |
11.2.1 Dapat menganalisis cabang iman: memenuhi
janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain dengan
benar. 11.2.2 Dapat mempresentasikan tentang memenuhi
janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain
dengan bagus. 11.2.3 Meyakini bahwa cabang iman adalah ajaran
agama dengan sepenuh hati. 11.2.4 Membiasakan sikap tanggung jawab untuk
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain
dengan tepat. |
Bukti Beriman Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat,
Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang LAIN |
4
JP |
3 |
11.3.1 Menjelaskan pelajar yang dicari Islam. 11.3.2 Mendefinisikan perkelahian dan tawuran
pelajar; faktor penting adanya perkelahian pelajar; ikhtiar mencegah perilaku menyimpang;
dan penanganan pelajar yang menyimpang. 11.3.3 Mendefinisikan pengertian, khamr berdasarkan
telaah Q.S. al-Māidah/5: 90-91; dan sikap terhadap khamr. 11.3.4 Menjelaskan narkoba ditinjaui dari Islam;
narkoba ditinjaui dari hukum Indonesia (pengertian, berbagai jenis narkoba
yang disalahgunakan, penyalahgunaan narkoba); dan pencegahan penyalahgunaan
narkoba. |
Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan
Narkoba |
4
JP |
4 |
11.4.1 Perlunya menjadi Duta Islam yang damai. 11.4.2 Mendefinisikan pengertian, dalil perlunya,
serta adab perlunya dakwah 11.4.3 Menjelaskan tujuan dan sasaran, serta syarat
dan metode dakwah 11.4.4 Menjelaskan metode Al-Qur’an dalam
menyajikan materi, metode, manajemen, dan stretegi dakwah. 11.4.5 Mendefinisikan pengertian, syarat khatib,
dan syarat-syarat 2 khutbah 11.4.6 Menjelaskan rukun dan sunnah khutbah, serta
adab Shalat Jum’at. 11.4.7 Menjelaskan praktik Khutbah Jum’at I dan
praktik Khutbah Jum’at II 11.4.8 Menjelaskan persamaan dan perbedaan Dakwah
dan Khutbah. 11.4.9 Mendefinisikan pengertian dan dalil adanya
tablig. 11.4.10 Menjelaskan
ketentuan (tata cara), peragaan/praktik (tahap persiapan, pelaksanaan, dan
konsolidasi) tablig. |
Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai melalui
Dakwah, Khutbah, dan Tablig |
4
JP |
5 |
11.5.1 Mengenal lebih dekat Indonesia, Umat Islam
Indonesia, dan Ulama Indonesia untuk Dunia. 11.5.2 Menjelaskan Abu Abdul Mu’thi Nawawi
al-Tanari al-Bantani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan
karya tulisnya). 11.5.3 Menjelaskan Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul
Khalwati al-Makasari (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan
karya tulisnya) 11.5.4 Menjelaskan Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi
al-Palimbani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya
tulisnya). 11.5.5 Menjelaskan Nuruddin bin Ali al-Raniri
(riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya). 11.5.6 Menjelaskan Syekh Abdurauf bin Ali
al-Singkili (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya
tulisnya). 11.5.7 Menjelaskan Muhammad Sholeh bin Umar
al-Samarani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya
tulisnya). 11.5.8 Menjelaskan Hamzah al-Fansuri (riwayat
hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya) |
Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang
Mendunia |
4
JP |
SEMESTER 2 |
|||
6 |
11.6.1 Membaca Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S.
al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan
manusia dengan tartil; 11.6.2 Mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Yūnus/10:
40-41 dan Q.S. al- Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara
kehidupan manusia; 11.6.3 Menerjemahkan dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan
Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan
manusia; 11.6.4 Menganalisis Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S.
al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan
manusia; 11.6.5 Membiasakan membaca al-Quran dengan meyakini
bahwa toleransi dan memelihara kehidupan manusia adalah perintah agama; 11.6.6 Membiasakan sikap toleransi dan peduli
sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab sebagai
implementasi dari Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis
tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia; 11.6.7 Menulis kembali Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan
Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan
manusia dengan baik dan benar; 11.6.8 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yūnus/10:
40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara
kehidupan manusia; 11.6.9 Menyajikan tentang Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan
Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan
manusia. |
Menguatkan Kerukunan Melalui Toleransi dan
Memelihara Kehidupan Manusia |
4
JP |
7 |
11.7.1 Menjelaskan pengertian cabang Iman, yaitu:
menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud 11.7.2 Menjelaskan dasar naqli cabang Iman, yaitu:
menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud 11.7.3 Menganalisis cabang Iman, yaitu: menjaga
kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud; 11.7.4 Mempresentasikan paparan cabang Iman, yaitu:
menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud. 11.7.5 Membiasakan sikap menjaga kehormatan,
ikhlas, malu, dan hidup sederhana sebagai bentuk implementasi cabang Iman di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. |
Menguatkan Iman dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas,
Malu, dan Zuhud |
4
JP |
8 |
11.8.1 Menjelaskan adab menggunakan media sosial 11.8.2 Menjelaskan dalil naqli adab menggunakan
media social 11.8.3 Menganalisis adab menggunakan media sosial
dalam Islam; 11.8.4 Membuat postingan dan komentar di media
sosial yang positif; 11.8.5 Meyakini bahwa adab menggunakan media sosial
dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat; 11.8.6 Membiasakan sikap menggunakan media sosial
yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan
cinta damai. |
Adab Menggunakan Media Sosial |
4
JP |
9 |
11.9.1 Menjelaskan tentang pengertian pernikahan; 11.9.2 Menjelaskan dalil naqli pernikahan; 11.9.3 Menganalisis ketentuan pernikahan dalam
Islam; 11.9.4 Menyimpulkan hikmah pernikahan dalam Islam; 11.9.5 Meyakini kebenaran ketentuan pernikahan
dalam Islam; 11.9.6 Membiasakan sikap komitmen, bertanggung
jawab, bersatu, dan menepati janji sebagai bentuk implementasi ketentuan
pernikahan dalam Islam; 11.9.7 Menyajikan ketentuan pernikahan dalam Islam. |
Ketentuan Pernikahan dalam Islam |
4
JP |
10 |
11.10.1 Menjelaskan peradaban Islam pada Masa Modern 11.10.2 Menganalisis pemikiran tokoh-tokoh Islam
pada Masa Modern 11.10.3 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada
Masa Modern; 11.10.4 Mempresentasikan tentang perkembangan
peradaban Islam pada Masa Modern; 11.10.5 Meyakini kebenaran perkembangan peradaban
Islam pada Masa Modern; 11.10.6 Membiasakan berpikiran terbuka, bernalar
kritis, semangat kebangsaan, dan berkebinekaan global |
Peradaban Islam pada Masa Modern |
4
JP |
Cadangan Jam Pelajaran |
0 JP |
||
Jumlah Jam Pelajaran |
JP |
Mengetahui, Kepala Sekolah
(…………………………………..) NIP. ........................................ |
|
………………. ………… 20 ..... Guru Mata
Pelajaran
(…………………………………..) NIP. ........................................ |
0 komentar:
Post a Comment