adsbygoogle.js'/> KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) MATA PELAJARAN PA. ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI) Kelas XI Fase F | Tulisan Khozin_99
Home » , » KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) MATA PELAJARAN PA. ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI) Kelas XI Fase F

KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) MATA PELAJARAN PA. ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI) Kelas XI Fase F

Written By Khozin_99 on Tuesday, 18 July 2023 | 7/18/2023 11:37:00 am

KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

MATA PELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)

 

 

Satuan Pendidikan      :   SMA/MA …………………….....................

Mata Pelajaran            :   PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)

Kelas / Semester          :   XI (Sebelas) / 1

Tahun Penyusunan     :   20 ..... / 20 .....

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI) FASE F

Elemen

Capaian Pembelajaran

Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesan- pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical  thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara   kehidupan   manusia,   musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini  bahwa  berfikir  kritis,  ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara   kehidupan   manusia,   musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.

Akidah

Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan  tentang  cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam;  meyakini  bahwa  cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan  dan  manfaat  ilmu  kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa  ingin  tahu  dan  pembelajar sepanjang hayat.

Akhlak

Peserta   didik   dapat   memecahkan   masalah perkelahian    antarpelajar,    minuman    keras (miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis  dampak  negatif  sikap  munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media  sosial  dalam  Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari; meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini   bahwa   adab   menggunakan  media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan   perintah   agama;   membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab,  cinta  damai,  santun,  saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati.

Fikih

Peserta  didik  mampu  menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan  Islam  ramat  li  al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat.

Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap  gemar  membaca,  menulis,  berprestasi, dan  kerja  keras,  tanggung  jawab,  bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam ramat li  al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama.

 

No

Tujuan Pembelajaran (TP)

Kriteria

Interval Nilai

Nilai

Keterangan Intervensi

1

2

3

4

1

11.1.1  Membaca dengan tartil Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

11.1.2  Menghafalkan dengan fasih dan lancar Q.S. Ali Imrān/3: 190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi

11.1.3  Mempresentasikan tentang Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan Q.S. ar- Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi,

11.1.4  Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah perintah agama, serta membiasakan rasa ingin tahu, berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

11.1.5  Menganalisis Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

 

 

 

 

 

 

2

11.2.1  Dapat menganalisis cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain dengan benar.

11.2.2  Dapat mempresentasikan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain dengan bagus.

11.2.3  Meyakini bahwa cabang iman adalah ajaran agama dengan sepenuh hati.

11.2.4  Membiasakan sikap tanggung jawab untuk memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

3

11.3.1  Menjelaskan pelajar yang dicari Islam.

11.3.2  Mendefinisikan perkelahian dan tawuran pelajar; faktor penting adanya perkelahian pelajar; ikhtiar mencegah perilaku menyimpang; dan penanganan pelajar yang menyimpang.

11.3.3  Mendefinisikan pengertian, khamr berdasarkan telaah Q.S. al-Māidah/5: 90-91; dan sikap terhadap khamr.

11.3.4  Menjelaskan narkoba ditinjaui dari Islam; narkoba ditinjaui dari hukum Indonesia (pengertian, berbagai jenis narkoba yang disalahgunakan, penyalahgunaan narkoba); dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

 

 

 

 

 

 

 

4

11.4.1  Perlunya menjadi Duta Islam yang damai.

11.4.2  Mendefinisikan pengertian, dalil perlunya, serta adab perlunya dakwah

11.4.3  Menjelaskan tujuan dan sasaran, serta syarat dan metode dakwah

11.4.4  Menjelaskan metode Al-Qur’an dalam menyajikan materi, metode, manajemen, dan stretegi dakwah.

11.4.5  Mendefinisikan pengertian, syarat khatib, dan syarat-syarat 2 khutbah

11.4.6  Menjelaskan rukun dan sunnah khutbah, serta adab Shalat Jum’at.

11.4.7  Menjelaskan praktik Khutbah Jum’at I dan praktik Khutbah Jum’at II

11.4.8  Menjelaskan persamaan dan perbedaan Dakwah dan Khutbah.

11.4.9  Mendefinisikan pengertian dan dalil adanya tablig.

11.4.10 Menjelaskan ketentuan (tata cara), peragaan/praktik (tahap persiapan, pelaksanaan, dan konsolidasi) tablig.

 

 

 

 

 

 

 

5

11.5.1  Mengenal lebih dekat Indonesia, Umat Islam Indonesia, dan Ulama Indonesia untuk Dunia.

11.5.2  Menjelaskan Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya).

11.5.3  Menjelaskan Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya)

11.5.4  Menjelaskan Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-Palimbani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya).

11.5.5  Menjelaskan Nuruddin bin Ali al-Raniri (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya).

11.5.6  Menjelaskan Syekh Abdurauf bin Ali al-Singkili (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya).

11.5.7  Menjelaskan Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya).

11.5.8  Menjelaskan Hamzah al-Fansuri (riwayat hidupnya, teladan yang dapat dicontoh, dan karya tulisnya)

 

 

 

 

 

 

 

 

Interval Nilai

Kriteria

Intervensi

1

0-40%

Belum Tuntas

Remedial diseluruh bagian

2

41-60%

Belum Tuntas

Remedial dibagian yang diperlukan

3

61-80%

Sudah Tuntas

Tidak perlu remedial

4

81-100%

Sudah Tuntas

Diberikan pengayaan

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(…………………………………..)

       NIP. ........................................

 

………………. ………… 20 .....

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(…………………………………..)

  NIP. ........................................

 


 

KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

MATA PELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)

 

 

Satuan Pendidikan      :   SMA/MA …………………….....................

Mata Pelajaran            :   PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI)

Kelas / Semester          :   XI (Sebelas) / 2

Tahun Penyusunan     :   20 ..... / 20 .....

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PA. Islam dan Budi Pekerti (PAI) FASE F

Elemen

Capaian Pembelajaran

Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesan- pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical  thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara   kehidupan   manusia,   musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini  bahwa  berfikir  kritis,  ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara   kehidupan   manusia,   musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.

Akidah

Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan  tentang  cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam;  meyakini  bahwa  cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan  dan  manfaat  ilmu  kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa  ingin  tahu  dan  pembelajar sepanjang hayat.

Akhlak

Peserta   didik   dapat   memecahkan   masalah perkelahian    antarpelajar,    minuman    keras (miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis  dampak  negatif  sikap  munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media  sosial  dalam  Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari; meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini   bahwa   adab   menggunakan  media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan   perintah   agama;   membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab,  cinta  damai,  santun,  saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati.

Fikih

Peserta  didik  mampu  menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan  Islam  ramat  li  al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat.

Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap  gemar  membaca,  menulis,  berprestasi, dan  kerja  keras,  tanggung  jawab,  bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam ramat li  al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama.

 

No

Tujuan Pembelajaran (TP)

Kriteria

Interval Nilai

Nilai

Keterangan Intervensi

1

2

3

4

6

11.6.1  Membaca Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia dengan tartil;

11.6.2  Mengidentifikasi tajwid dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al- Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia;

11.6.3  Menerjemahkan dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia;

11.6.4  Menganalisis Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia;

11.6.5  Membiasakan membaca al-Quran dengan meyakini bahwa toleransi dan memelihara kehidupan manusia adalah perintah agama;

11.6.6  Membiasakan sikap toleransi dan peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab sebagai implementasi dari Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia;

11.6.7  Menulis kembali Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia dengan baik dan benar;

11.6.8  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia;

11.6.9  Menyajikan tentang Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan memelihara kehidupan manusia.

 

 

 

 

 

 

 

7

11.7.1  Menjelaskan pengertian cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud

11.7.2  Menjelaskan dasar naqli cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud

11.7.3  Menganalisis cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud;

11.7.4  Mempresentasikan paparan cabang Iman, yaitu: menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan zuhud.

11.7.5  Membiasakan sikap menjaga kehormatan, ikhlas, malu, dan hidup sederhana sebagai bentuk implementasi cabang Iman di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

8

11.8.1  Menjelaskan adab menggunakan media sosial

11.8.2  Menjelaskan dalil naqli adab menggunakan media social

11.8.3  Menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam;

11.8.4  Membuat postingan dan komentar di media sosial yang positif;

11.8.5  Meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat;

11.8.6  Membiasakan sikap menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan, dan cinta damai.

 

 

 

 

 

 

 

9

11.9.1  Menjelaskan tentang pengertian pernikahan;

11.9.2  Menjelaskan dalil naqli pernikahan;

11.9.3  Menganalisis ketentuan pernikahan dalam Islam;

11.9.4  Menyimpulkan hikmah pernikahan dalam Islam;

11.9.5  Meyakini kebenaran ketentuan pernikahan dalam Islam;

11.9.6  Membiasakan sikap komitmen, bertanggung jawab, bersatu, dan menepati janji sebagai bentuk implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam;

11.9.7  Menyajikan ketentuan pernikahan dalam Islam.

 

 

 

 

 

 

 

10

11.10.1  Menjelaskan peradaban Islam pada Masa Modern

11.10.2  Menganalisis pemikiran tokoh-tokoh Islam pada Masa Modern

11.10.3  Menelaah perkembangan peradaban Islam pada Masa Modern;

11.10.4  Mempresentasikan tentang perkembangan peradaban Islam pada Masa Modern;

11.10.5  Meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada Masa Modern;

11.10.6  Membiasakan berpikiran terbuka, bernalar kritis, semangat kebangsaan, dan berkebinekaan global

 

 

 

 

 

 

 

 

Interval Nilai

Kriteria

Intervensi

1

0-40%

Belum Tuntas

Remedial diseluruh bagian

2

41-60%

Belum Tuntas

Remedial dibagian yang diperlukan

3

61-80%

Sudah Tuntas

Tidak perlu remedial

4

81-100%

Sudah Tuntas

Diberikan pengayaan

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(…………………………………..)

       NIP. ........................................

 

………………. ………… 20 .....

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(…………………………………..)

  NIP. ........................................

 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger