Pernah bermimpi berhenti dari pekerjaan Anda untuk menjadi seorang penulis penuh waktu? Bagaimana belajar membuat usaha kecil yang menangkap pasar dan menjual sesuatu kepada pembaca? Berikut adalah lima sumber daya yang akan membantu Anda tidak hanya mengerti, tetapi menerapkan bagian dari bisnis penerbitan sehingga dapat benar-benar membuat Anda hidup dari buku-buku Anda.
Jalan Jadi Writerpreneur 1 :
MEMBUAT KATA BIJAK TENTANG PEMASARAN & PENERBITAN SUKSES
Pendiri Smashwords Mark Coker telah menulis dua buku yang harus dibaca untuk penulis self-publishing bertajuk "Rahasia Sukses Penerbitan Ebook " dan " Buku Panduan Pemasaran Smashwords". Keduanya mengandung wawasan penting bagi penulis yang benar-benar ingin membuat uang dari buku-buku mereka.
Coker seorang penulis dan penerbit menganalisis data serta membuat diagram. Untungnya , ia bisa menerjemahkan temuan ke dalam bahasa Inggris, sehingga mendorong penulis untuk bertahan menuju kesuksesan.
Jalan Jadi Writerpreneur 2 :
MENJADI SEORANG METADATA
SelfPublishedAuthor.com diterbitkan oleh Bowker, lembaga ISBN resmi Amerika Serikat yang dikelola oleh Laura Dawson yang kemudian disebut sebagai ‘ratu’ metadata. Hal ini digunakan untuk mempermudah mereka yang melakukan penerbitan buku. Apalagi, dengan booming di self-publishing, mereka memiliki kepentingan dalam mendidik penulis tentang cara mendapatkan buku-buku mereka dengan katalog yang dengan.
Intinya, ia menginformasikan kepada penulis tentang ISBN, bagaimana untuk benar mengkategorikan buku Anda, dan bagaimana menggunakan hal itu disebut "metadata" untuk mendapatkan buku Anda mudah ditemukan.
Jalan Jadi Writerpreneur 3 :
MEMBUAT PANDUAN TENTANG MEDIA SOSIAL
Aliza Sherman dan Clara King kembali bertemu pada tahun 2000, ketika sama-sama masih seorang blogger, Clara blogging tentang bepergian dengan sepeda motor dan Aliza blogging tentang bepergian di RV dengan dua Chihuahua. Aliza aktif dalam bisnis web bertahun-tahun, dan website maupun blog saat ini menyimpan ‘harta karun’ tentang pentingnya kebijaksanaan media sosial. Aliza menginformasikan dan menghibur dengan tips mingguan.
Tetapi jika Anda ingin mempelajari lebih dalam untuk membuat buku "Social Media Engagement for Dummies" ini akan menjadi sumber daya yang besar untuk penulis memulai usaha kecil. Check out blognya, slideshow dan video. Buatlah tips yang disampaikan melalui email dan menyederhanakan kegiatan media sosial Anda.
Jalan Jadi Writerpreneur 4 :
MENJADI SEORANG DESAINER BUKU
Joel Friedlander adalah ‘The Book Designer’ dan dia membantu merancang mesin cetak Gutenberg pada tahun 1450. Ia memulai memiliki kuantitas informasi di blognya pada 1450. Dia menciptakan satu set template interior di Microsoft Word yang dapat Anda gunakan untuk ebook dan buku cetak dengan bandreol harga antara $ 10 dan $ 160. Atau bisa juga meminta harga yang wajar.
Jalan Jadi Writerpreneur 5 :
MENJADI SEORANG EDITOR BUKU
Tidak ada cara yang lebih baik untuk berteriak menerbitkan sendiri. Namun, akan lebih buruk jika memiliki desain yang buruk, format, tata bahasa, kesalahan ejaan, dan kesalahan ketik. Dengan fakta ini, Anda bisa memposisikan diri untuk menjadi seorang editor buku. Lihatlah apa yang sudah dilakukan oleh penulis sains fiksi dan Editor Marcy Kennedy dengan menawarkan buklet PDF.
Kelima sumber daya harus Anda mulai dengan dasar untuk menjadi seorang penulis pengusaha (writerpreneur). Jadilah Anda membantu dan memberikan banyak cerita secara gratis dan berpartisipasi dalam masyarakat. Yakinlah, jika Anda mau berbagi, mereka akan memberitahu Anda dan mendapatkan kembali imbalan seratus kali lebih.
Tulisan artikel ini terinspirasi oleh Carla Raja dalam laman pbs.org. Ia adalah seorang penulis, konsultan penerbitan, dan pendiri Self Publishing Boot Camp Program yang menyediakan buku-buku ceramah dan workshop bagi calon penerbit self publishing. Dia telah menerbitkan sendiri cerita perjalanan petualangan sejak tahun 1994 di internet dan di media cetak.***/
0 komentar:
Post a Comment