adsbygoogle.js'/> motivasi | Tulisan Khozin_99
Home » » motivasi

motivasi

Written By Khozin_99 on Tuesday 31 January 2012 | 1/31/2012 12:19:00 pm


Berjuang melawan diri sendiri
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang paling mulia diantara segala makhluk. Manusia diberikan akal dan nafsu, malaikat diberikan akal. Namun yang menjadi salah satu kelemahan manusia adalah nafsunya. Manusia juga bisa menjadi yang paling mulia, tapi juga bisa menjadi paling hina jika akalnya dikalahkan hawa nafsunya. sebagai seorang muslim, hendaknya kita harus berjuang melawan diri sendiri.
Menurut Lutfi Muhammad ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam berjuang melawan diri sendiri, yaitu :
1.      Mengelola manajeman konflik yang terjadi dalam diri sendiri dengan selektif
Adapun kiat – kiat yang dapat dilakukan adalah :
a.       Ta’ awudz billah yaitu memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT.
b.      Menerapkan kekuatan segitiga ( Triangle Force ), yaitu : menomor satukan Allah ( Al – Mauhid ), taat kepada Allah ( ash – shidiq), dan ikhlas
c.       Yakin bahwa Allah mengetahui apa yng kita lakukan
d.      Tinggalkan sifat marah
e.       Senantiasa mengingat Allah.
2.      Melakukan penyucian jiwa
Hal ini dapat dilakukan dengan cara pendidikan Rabbani yang meliputi mekanisme : mendengar,  membaca, mencatat, merenung, mengungkapkan , membahasakan, mengekspresikan, mengejawentahkan, mengontrol diri, bersungguh – sungguh, intropeksi diri.
3.      Meninggalkan hijab yang dapat melalaikan jiwa dari mengingat – Nya.
Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghalang dalam berjuang melawan diri sendiri, diantaranya adalah khawatir, cemas, loyo, labil, pikiran kacau, menunda perbuatan baik, ujib, bakhil, terjebak hutang.
Maka untuk menghadapi tersebut ada beberapa hal yang mungkin harus dilakukan, yaitu : a. Membaca kalimat istirja’ dan hauqallah pada saat mendengar berita buruk
b. menghadapi sesuatu dengan lapang dada, husnudzan, sabar dan shalat
c. yakin Allah mngetahui segalanya d. Yakin Allah tidak salah menetapkan segala sesuatu e. Mengingat nikmat yang diberikan Allah f. Mengevaluasi diri dengan syariat islam g. Berazam untuk menjadi orang yang baik h. Tidak mengeluh i. Sikap mental tahan banting.
4.      Memahami diri dengan baik dan benar
Seorang muslim hendaknya bisa mengetahui hakikat dirinya sendiri. Allah telah memberikan segenap kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu seharusnya bisa mengoptimalkan kelebihan dan menjaikan kekurangan sebagai motivasi untuk menjadi yang lebih baik.
5.      Mengelola nafsu dengan ukuran neraca syariat
Sebagai makhluk yang diberikan akal dan pikiran, seharusnya manusia dapat menggunakan dan mengelolanya dengan baik dan benar. Salah satu yang menjadi ancaman terbesar manusia adalah hawa nafsunya. kita sebagai seorang muslim dianjurkan untuk bisa mengelola nafsu dengan ukuran neraca syariat yaitu mengelola nafsu agar tidak melanggar aturan syariat.
6.      Memaksimalkan kebaikan dalam diri
Setiap manusia pada hakikatnya itu dalam keadaan baik. Islam mengajarkan untuk berlomba – lomba dalam kebaikan. Namun setiap diri manusia itu memiliki perbedaan, ada yang baik dan ada yang buruk. Apapun yang diberikan Allah SWT, hendaknya dapat disyukuri dengan melakukan tindakan yang baik yang disukai Allah.
Dari yang dituturkan oleh Gus Lutfi diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa perjuangan dalam melawan diri sendiri itu lebih berat dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh sebab itu seorang muslim harus benar – benar bisa menjaga diri dari jebakan hawa nafsu. Dalam dinul islam telah disebutkan bahwa perjuangan paling besar dalam hidup seorang manusia adalah peperangan untuk menundukkan hawa nafsunya sendiri atau yang sering disebut “ Jihadul akbar, Jihadun nafs “.

Semoga apa yang telah  saya tulis ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua dalam membebtuk pribadi yang berakhlak baik dan pribadi yang disukai Allah SWT.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger