adsbygoogle.js'/> Soal Latihan UP PPG PAI 2023 Terbaru | Tulisan Khozin_99
Home » » Soal Latihan UP PPG PAI 2023 Terbaru

Soal Latihan UP PPG PAI 2023 Terbaru

Written By Khozin_99 on Monday, 4 September 2023 | 9/04/2023 11:31:00 am

Soal Latihan UP PPG PAI 2023 Terbaru

1.      Ridwan merupakan seorang pemuda yang telah dewasa dan berpenghasilan tetap. Meski sudah memiliki calon isteri, tapi Ridwan tidak pernah membawa calon isterinya sebelum sah sebagai istrinya, sehingga kemungkinan melakukan terburuk tidak akan terjadi. Kasus Ridwan, menyegerakan pernikahannya berarti .....

A.  Sunnah

B.  Makhruh

C.  Haram

D.  Mubah

E.   Wajib

2.      Khalifah yang memahami teks dan konteks pemaknaan baik mazhab ar-Ra’y maupun al-Hadis, seungguhnya merupakan model ijtihad yang awalnya dilakukan oleh Khalifah ....

A.  Mu’awiyah Bin Abu Syofyan

B.  Ali Bin Abi Thalib

C.  Usman Bin Affan

D.  Umar Bin Khattab

E.   Abu Bakar

3.      Bapak Almasri seorang guru sertifikasi dengan penghasilan tiap bulannya 16.940.000 dengan pengeluaran tetapnya 10.000.000, sehingga penghasilan tipa bulannya 6.940.000 apabila dikalikan 12 menjadi 83.260.000. besaran zakat profesi pak almasri tiap bulannya adalah ....

A.  2.062.000

B.  180.000

C.  173.500

D.  183.500

E.   175.500

4.      Khalifah Ali Bin Abi Thalib memerintahkan Abu Al-Aswad Adh-Dhuali untuk mengarang pokok-pokok ilmu nahwu. Adanya ilmu nahwu yang menjadi pedoman dasar dalam mempelajari bahasa Alquran. Masyarakat non Arab dengan buku ini akan mudah membaca dan memahami sumber ajaran Islam. Ali Bin Abi Thalib dipandang penggagas ilmu nahwu pertama, sebelum ilmu itu berkembang di dunia. Mengapa khalifah Ali Bin Abi Thalib dianggap sebagai orang yang pertama yang menginspirasi umat Islam membaca Alquran dan memahami sumber penting hukum dalam Alquran hali ini karena Ali Bin Abi Thalib ....

A.  Memberi izin Abu Al-Aswad untuk menuliskan ilmu Nahwu

B.  Memerintahkan Abu Al-Aswa untuk menuliskan ilmu Nahwu

C.  Menggagas ilmu Nahwu

D.  Menggagas dan memerintahkan kepada Abu Al-Aswad untuk menulis ilmu Nahwu

E.   Menulis ilmu Nahwu

5.      Mesir merupakan khawasan Afrika pertama yang menerima masuknya Islam, Penduduknya100.075.480 jiwa, Mesir merupakan negara mayoritas Islam dengan presentase 90 % Muslim dan 10 % Kriten Koptik, Khatolik dan sebagian kecil beragama Yahudi. Mesir memiliki perguruan tinggi Al-Azhar yang sangat membantu perkembangan Islam karena mempelajari berbagai ilmu. Perguruan tinggi ini dibangun dimasa ....

A.    Bani Umaiyah

B.     Bani Abbasiyah

C.     Khalifah Al-Ma’mun

D.    Bani Fathimiyah

E.     Khalifah Abdul Aziz

6.      Seorang Non Muslim yang tidak masuk Islam karena yang Dia tahu agama Islam mengajarkan kekerasan dan Muhammad yang mengajarkan agama Islam merupakan seorang pendusta, maka orang tersebut dianggap belum sampai dakwah Islam kepadanya dan akan dima’afkan di akhirat. Hal ini termasuk tafsir bi Ar-Ra’y yang dikemukakan dalam ....

A.    Tafsir Fii Zhilalil Quran

B.     Tafsir Almanar

C.     Tafsir Al-Maraghi

D.    Tafsri al-Ma’tsur

E.     Tafsir Al-Bayyan

7.      Fungsi Hadis terhadap Alquran tentu sangat berpengaruh oleh kevalidan hadis tersebut. Berikut ini merupakan contoh penjelasan hadis terhadap Alquran dalam masalah Shalat adalah ....

A.    Alquran hanya memerintahkan dan menyampaikan waktu shalat wajib, kemudian hadis menjelaskan rukunnya

B.     Alquran menjelaskan shalat wajib dan hadis menjelaskan shalat sunnah

C.     Alquran terdapat perintah mengerjakan shalat kemudian hadis menjelaskan rukun, syarat dan waktunya

D.    Alquran menjelaskan rukun dan waktu shalat kemudian hadis menjelaskan syaratanya

E.     Alquran hanya terdapat penjelasan waktu shalat sunnah dan hadis menjelaskan waktu shalat wajib

8.       Bu Irma mengajarkan materi sejarah peradaban Islam, dalam proses pembelajaran Bu Irma membagi peserta dalam beberapa kelompok. Tiap peserta mendapatkan nomor. Bu Irma meminta siswa menjawab pertanyaan yang berdasarkan nomor-nomor siswa secara acak. Model pembelajaran yang digunakan bu Irma adalah ....

A.    Think part share

B.     Copperative Scrib

C.     Team games

D.    Studient team achivement devision

E.     Number Head Together

9.      Penelitian terhadap tindakan guru yang berkaitan pada bidang pendidikan dan dilaksanakan dalam sebuah kelas yang dilakukan untuk memperbaiki kinerja pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis ....

A.    Penelitian eksperimen

B.     Penelitian korelasi

C.     Penelitian dalam kelas

D.    Penelitian elmografi

E.     Penelitian Tindakan Kelas

10.  Konsep dasar tafsir memuat pengertian etimologis dan definisinya serta pengertiannya dalam perspektif Alquran. Berikut ini yang tidak termasuk upaya memahami kandungan Alquran dengan pendekatan....

A.    Tafsir rasional

B.     Tafsir bercorak hukum

C.     Tafsir bercorak filsafat

D.    Tafsir bil Ma’tsur

E.     Tafsir Syar’i

11.   Umat Islam pernah berjaya dan mengembangkan panji-panji Islam di Eropa, saat itu Muslim merupakan kaum minoritas. Umat Islam hidup dengan rukun. Kecenderungan penerimaan masyarakat Eropa terhadap kiprah umat Muslim dengan dipilihnya seorang Muslim dilondon sebagai ....

A.    Jaksa

B.     Gubernur

C.     Bupati

D.    Walikota

E.     Wakil walikota

12.   Buk Husni meperlihatkan video Tsunami kepada siswa kelas 6, kemudian beliau menyampaikan bahwa Tsunami Aceh dan perasaan mereka setelah menyaksikan video tersebut, dalam konsep teori pembelajaran, maka kegiatan ini mengadopsi teori belajar

A.    Reinforcement-Skiner

B.     Stimulus Respon yang menetap – Gutrie

C.     Connectionism -Thorndike

D.    Stimulus-Respon yang teramati Watson

E.     Stimulus respon dalam evaluasi-Hull

13.  Bu Wetni melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan segala sumber dan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar, sedangkan Bu Haniya melaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber dan media pembelajaran. Secara konseptual antara Bu Wetni dan Bu Haniya ada yang kontekstual dan ada yang futuristik. Dalam deskripsi di atas pendekatan yang dilakukan Bu wetni dan Bu Haniya adalah ....

A.    Bu wetni dan Bu Haniya memadukan pendekatan futuristik dan kontekstual

B.     Bu Wetni menggunakan kontekstual dan Bu Haniya mengguanakan futuristik

C.     Bu wetni dan Bu Haniya enggunakan pendekatan kontekstual

D.    Bu Wetni menggunakan pendekatan futuristik dan Bu Haniya menggunakan pendekatan kontekstual

E.     Bu Wetni dan Bu Maryam menggunakan pendekatan futuristik

14.   Rudi sudah sepuluh tahun sakit. Beliau sudah berupaya berobat Medis dan non Medis namun belum membuahkan hasil yang diinginkan, Rudi menyerahkan urusan sepenuhnya kepada Allah. Belajar dari sikap pasrah Rudi tersebut orang Mukmin harus ....

A.    Berislam

B.     Bertakwa

C.     Berihsan

D.    Bertawakal

E.     Berputus asa

15.    Di antara materi PAI adalah tentang ketuhanan. Media yang efektif dalam pembelajaran keimanan yang menggugah rasa emosional adalah....

A.    Media Visual

B.     Media Audio

C.     Media film

D.    Media cetak

E.     Media teks

16.   Khalifah Usman Bin Affan menggantikan gubernur yang diangkat oleh Khalifah sebelumnya, tidak satupun mereka protes karena mereka shahabat-shahabat mulia. Mereka melepas kedudukannya dan tetap berjuang untuk agama Allah. Sikap Shahabat meyakini bahwa dalam penentuan jabatan adalah hak ....

A.    Preogratif Usman Bin Affan

B.     Mutlak Allah

C.     Mutlak Khalifah Umar Bin Khattab

D.    Mutlak Rasulullah

E.     Mutlak shahabat senior

17.  Penentuan kompetensi dasar menjadi penting dalam penerapannya terhadap karakteristik peserta didik yang beragam. Kompetensi yang diperuntukkan peserta didik pada saat operasional formal adalah....

A.    Menganalisis proses lahirnya Bani Umaiyah II di damaskus

B.     Menganalisis faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah

C.     Mengidentifikasi strategi dakwah nabi Muhammad di mekah dan madinah

D.    Mengetahui sebab-sebab Rasulullah menganjurkan shahabat hijrah ke Habasyah

E.     Mendeskripsikan subtansi dari strategi dakwah Khalifaur Rasyidin

18.  Pak Hotsman memiliki nafsu biologis di atas rata-rata, sehingga isterinya tidak mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu pak Hotsman diminta menikah lagi, akan tetapi setelah menikah dia sadar bahwa menikah bukan hanya urusan biologis.  kehidupan anak-anaknya tidak terurus dan putus sekolah. Dari kasus pak Hotsman membuktikan bahwa ....

A.    Persyaratan poligami bukan hanya nafsu Biologis di atas rata-rata

B.     Persyaratan poligami adalah nafkah terpenuhi

C.     Persyaratan poligami karena nafsu tinggi

D.    Persyaratan poligami adalah bersedia berbagi

E.     Persayaratan poligami cukup modal kemapuan biologis

19.  Syarat hadis shahih adalah perawi adil, Tsiqah, sanad bersambung, tidak cacat. Makna dari tsigah adalah....

A.    Banyak meriwayatkan hadis

B.     Dikategorikan sebagai orang yang Shadiq

C.     Banyak karya di bidang hadis

D.    Jujur dan beradab

E.     Agamanya baik dan hafalan kuat

20.  Perhatikan langkah-langkah pembelajaran berikut ini

1. Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai dalam pembelajaran

2. Guru memfasilitasi siswa untuk menyimpulkan pembelajaran

3. Guru menyampaikan garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

4. Guru menyampaikan hal-hal yang dinilai dalam pembelajaran

5. Guru melakukan penilaian pertanyaan lisan

Pendahuluan ditunjukan nomor

A.    3-4-5

B.     1-4-5

C.     1-2-3

D.    1-3-4

E.     2-3-4

21.  Sekolah memutuskan untuk pemilihan siswa teladan, siswa A berkemampuan tinggi namun belum bisa bersosialisasi, sedangkan B prestasinya sedikit di bawah A, namun mudah bersosialisasi dengan semua orang. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....

A.    Memilih A dengan mengubah perilaku untuk lebih baik dalam perlombaan

B.     Mengadakan rapat dan voting untuk menentukan pilihan

C.     Memilih A karena prestasinya lebih tinggi dari B

D.    Memilih B karena keseimbangan kemampuan akademik dan sosial

E.     Meminta saran kepada kepala sekolah untuk menentukan pilihan antara keduanya

22.  ICT merupakan salah satu model pembelajaran yang mensyaratkan berbagai model pembelajaran, sehingga diperlukan berbagai dalam memilih media yang cocok untuk ICT. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kecuali....

A.    Faktor alam

B.     Keadaan sekolah

C.     Jumlah siswa

D.    Lokasi sekolah

E.     Karakteristik Siswa

23.  Adanya perubahan rute perjalanan menjadikan waktu tempuh 2 jam yang semula adalah 1 jam. Dengan kondisi keluarga anda masih terbatas. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ...

A.    Tetap menjalankan semua pekerjaan sebagai guru dan berterus terang menyampaikan kondisi pada pimpinan

B.     Meminta guru lain menjadi rekan mengajar pada ppelajaran yang sama

C.     Meminta jam mengajar yang sedikit untuk pelajaran yang diampu

D.    Tetap menjalankan tugas sebagai guru dengan senang dan berangkat lebih awal

E.     Meminta pimpinan memadatkan jadwal pelajaran dua kali seminggu

24.  Hadits yang disampaikan oleh sahlun Ibnu Sa’id dari nabi Saw bersabda

 

Berdasarkan perawi kualitas hadis tersebut adalah ....

A.    Hasan Lighairihi

B.     Dho’if

C.     Hasan

D.    Shahih

E.     Shahih Lighairihi

25.    1. Gambar tempat bersejarah

  2. Video peristiwa kerasulan nabi Muhammad

  3.  Kartu nama Nabi beserta mukjizatnya

  4. Peta dan Globe

   5. Buku teks LKS

Media yang mengatasi keterbatasan ruang,waktu dan tempat ditunjukan pada nomor

A.    3-4-5

B.     4-5-6

C.     1-2-4

D.    2-3-4

E.     1-3-4

 

26.   Anda mengajukan cuti untuk mengunjungi orang tua di luar  kota bersama keluarga, namun saat bersamaan kepala sekolah menugaskan anda pelatihan pembekalan model pembelajaran selama 7 hari, sebagai guru yang anda lakukan adalah ....

A.    Berusaha mencari alasan agar tidak dapat mengikuti pelatihan

B.     Menolak secara halus tugas yang diberikan dengan alasan sudah mengajukan cuti

C.     Mengikuti pelatihan tidak secara penuh dan izin karena ada keperluan keluarga

D.    Mengusulkan nama teman guru yang lain untuk mengkuti pelatihan tersebut

E.     Menunda mengajukan cuti dan mengikuti pelatihan secara tuntas

27.  Ali Bin Abi Thalib di suatu peperangan tidak jadi membunuh musuh, ketika hendak dibunuh musuh itu meludahinya. Kisah Ali Bin Abi Thalib yang mengurungkan niat membunuhnya. Kisah ini sangat tepat untuk  disampaikan peserta didik supaya ....

A.    Terus menerus mengabaikan diri mengendalikan emosi agar di peristiwa paling berat.

B.     Terus menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu meluapkan emosi di peristiwa paling berat sekalipun.

C.      Terus menerus mengabaikan diri mengendalikan emosi agar mampu menahan emosi i peristiwa yang sulit sekalipun.

D.    Terus menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu menahan emosi di peristiwa yang mudah sekalipun.

E.     Terus menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu menahan emosi di peristiwa yang paling sulit sekalipun

28.  Karakteristik siswa adalah segi-segi latar belakang pengalaman siswa yang berpengaruh terhadap keefektifan proses belajar. Latar belakang dan pengalaman yang dimiliki siswa di antaranya kemampuan umum, tingkat kecerdasan, gaya belajar, motivasi, ekspektasi terhadap belajar, ciri-ciri jasmani serta emosional. Berikut ini aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik pada tahapan operasional kongkrit ....

A.    Menjelaskan peristiswa kerasulan Nabi Muhammad Saw melakukan

B.     Mengerjakan ulangan harian/semester

C.     Memberikan daftar pertanyaan terkait peristiwa kerasulan Nabi Muhammad

D.    Meresume biografi Nabi Muhammad

E.     Memberikan ukuran jarak mil (KM) antara kota Mekah dan Thaif

29.   Dalam surat an-Naml 30-40 dicontohkan pada Nabi Sulaiman a.s mengingatkan dipindahkannya Singasana (‘Arsy) Ratu Balqis sebelum Ratu itu datang menyerahkan dan Jin Ifrit menawarkan diri untuk memindahkan singasana itu sebelum Nabi Sulaiman berdiri. Akan tetapi seorang shahabat Nabi Sulaiman yang bernama Ashif yang menguasai ilmu al-Kitab menyatakan sanggup memindahkan singasana itu sebelum Nabi Sulaiman matanya berkedip. Tawaran Ashif dikabulkan nabi Sulaiaman. Ashifpun membuktikan ucapannya. Kemampuan Ashif memindahkan istana Ratu Balqis sebelum mata Nabi Sulaiaman berkedip termasuk ....

A.    Amanah

B.     Karamah

C.     Anugerah

D.    Ma’unah

E.     Mukjizat

30.    Pembelajaran contoh dan dampak positif hidup sederhana dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk mengamati video tentang contoh dan dampak positif hidup sederhana yang diterangkan dengan menggunakan alat komputer dan proyektor.

2. Pendidik membimbing peserta didik untuk menanyakan tentang aspek yang belum dikuasai.

3. Pendidik menjelaskan tentang contoh dan dampak positif hidup sederhana melalui metode ceramah.

4. Pendidik membimbing peserta didik untuk menggali contoh dan dampak positif hidup sederhana dengan memanfaatkan web sebagai bahan untuk belajar. Dari langkah tersebut, yang termasuk langkah belajar TPACK adalah ....

A.    1 dan 2

B.     2 dan 3

C.     2 dan 4

D.    1 dan 4

E.     1 dan 3

31.  Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung proses belajar-mengajar siswa yang bersifat internal. Yang tidak termasuk siklus kegiatan reflektif pembelajaran adalah ....

A.    Melaksanakan pembelajaran

B.     Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

C.     Tindak lanjut

D.    Kegiatan menyusun perencanaan

E.     Membaca buku teks

32.  Pengetahuan siswa yang diperoleh oleh siswa itu sendiri yang membangun dan mengembangkan pengetahuannya dari konteks yang terbatas dan sedikit demi sedikit. Pernyataan tersebut pandangan dasar dari ....

A.    Idealisme

B.     Konstruktivisme

C.     Pragmatisme

D.    Progresivisme

E.     Realisme

33.  Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik, ada perangkat pembelajaran sebagai kerangka acuan kegiatan belajar mengajar seperti silabus dan dan RPP. Perbedaan mendasar antara silabus dan RPP sebagai perangkat pembelajaran terlihat pada ....

A.    Langkah-langkah pembelajaran

B.     Materi pokok

C.     Sumber belajar

D.    Kompetensi dasar

E.     Penilaian

34.   Dalam kehidupan bidang ekonomi terdapat hambatan yang disebabkan oleh adanya wabah penyakit yang mendunia. Guru ketika ditanya oleh siswa tentang hal tersebut jawabannya adalah....

A.    Menggunakan data dari pemerintah sebagai instrumen utnuk menjelaskan naik turunnya perekonomian Indonesia secara periodik.

B.     Menjelaskan perkembangan ekonomi Indonesia lebih baik dibanding dengan negara lain, karena rakyat dapat bantuan langsung

C.     Meminta siswa mengumpulkan berita ekonomi dari berbagai media dan menyimpulkan bagaimana posisi perekonomian Indonesia

D.    Mengarahkan siswa untuk fokus mencermati peluang ekonomi di masa sulit sehingga membantu masyarakat keluar dari masalah

E.     Memberikan data naik-turunnya perekonomian Indonesia dan peluang yang mungkin dilakukan warga negara

35.  Pak Dedi ingin melihat kemampuan anak dalam mempraktikkan whuduk. Penilaian praktik whuduk yang tepat dilakukan dengan penilaian....

A.    Tes lapangan

B.     Jurnal

C.     Essay

D.    Praktik

E.     Demonstrasi

36.  Ketika guru dapat penugasan di daerah terpencil dari suatu wilayah Indonesia, maka tindakan yang mencerminkan kecintaan terhadap profesinya adalah ....

A.    Meminta izin pada keluarga untuk menjalankan tugas

B.     Menjalankan hobinya menjelajah daerah baru untuk mendapatkan pengalaman

C.     Mempercantik lingkungan sekolah untuk menambah aktivitas

D.    Memotivasi siwa untuk berkreasi untuk menghilangkan kejenuhan sehabis belajar ....

E.     Mengajar dengan tekun sebagaimana mestinya

37.  Akhir-akhir ini banyak ulama yang dipanggil Allah diwafatkan ulama pertanda dicabutnya ilmu. Sehingga akan semakin berkurang orang yang berilmu yang mampu menuntun umat ke jalan yang benar. Karenanya tidak aneh dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dicabutnya ilmu merupakan salah satu di antara ....

A.    Tanda besar akan datangnya hari kiamat

B.     Tanda kecil akan datangnya hari kiamat

C.     Tanda perbuatan kecil manusia sepanjang masa

D.    Tanda akan semakin gelapnya bumi nusantara

E.     Tanda manusia semakin tak bermoral

38.  Selain Mesjid Cordoba, Kekhalifahan Bani Umaiyah di Andalusia juga mendirikan Universitas Cordoba yang terkenal di eropa pada abad pertengahan, sehingga banyak kalangan non muslim menimba ilmu di universitas tersebut. Ketertarikan mereka belajar di universitas Cordoba dengan alasan ....

A.    Biaya kuliah yang sangat terjangkau dan murah

B.     Memiliki ilmuan-ilmuan ternama yang mempuni di bidangnya

C.     Cordoba merupakan kota tercanggih di masanya

D.    Universitas Cordoba memiliki bangunan yang indah dan megah

E.     Universitas Cordoba menawarkan beasiswa pada mahasiswa non muslim

39.  Hadis dari Hisyam Bin umar berkata :”Telah diriwayatkan oleh Hafs Bin sulaiman berkata dari Muhammad bin Sirrin berkata dari Anas Bin Malik berkata: Rasulullah Saw bersabda :

Hadits di atas yang diriwayatkan ibnu majah tergolong hadis Dho’if karena sanad cacat yaitu ....

A.    Hafs Bin Sulaiman

B.     Anas Bin Malik

C.     Hisyam Bin Umar

D.    Ibnu Majah

E.     Jais Bin Malik

40.  Perhatikan kegiatan belajar berkut ini :

1. Peserta didik menganalisis kisah nabi dalam Alquran

2. Peserta didik menonton video shahabat nabi

3. Peserta didik mengidentifikasi hukum yang terdapat dalam surat almujadilah ayat : 11

4. Peserta didik menghafal surat Almujadilah

5. Peserta didik mengamati kisah Luqman dalam Alquran

Yang tidak termasuk dalam belajar sosial adalah ....

A.    5 dan 1

B.     2 dan 3

C.     3 dan 4

D.    4 dan 5

E.     1 dan 2

 

41.  Ada tiga siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) untuk mata pelajaran PAI yang anda ampu. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....

A.    Meminta siswa dalam kelas membentuk  kelompok belajar sebagai tutor sebaya

B.     Memanggil orang tua siswa untuk memotivasi anaknya agar lebih giat belajar

C.     Meminta siswa lain yang nilainya di atas KKM untuk mengajari temannya di kelas

D.    Memberikan pelajaran tambahan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM

E.     Meminta siswa mengikuti les tambahan di luar sekolah agar nilainya meningkat

42.  Sejak Masuk islam Abu bakar adalah teladan utama bagi shahabat yang lain, setelah menjadi khalifah Abu bakar menjadi teladan utama shahabat. Keteladanan abu bakar merupakan faktor pendukung keberhasilan dakwah. Dari pernyataan di atas dapat diketahui bahwa keteladanan bukan hanya faktor penentu dakwah tetapi juga faktor penting

A.    Salbiah

B.     Salimah

C.     Nafsiah

D.    Madrasah

E.     Tarbiyah

43.  Menurut pedoman kurikulum 2013. Pendekatan pembelajaran mengacu pada pendekatan saintifik atau dikenal sintak generik, hal ini dimaksud agar peserta didik terbiasa berpikir logis dan prosedural sesuai dengan tahapan-tahapan ilmiah. apa saja sintak generik tersebut ?

A.    Menentukan-mencoba-mengamati-mengevaluasi dan tindak lanjut

B.     Mengumpulkan informasi-menanyakan- merencanakan-mengevaluasi-menilai

C.     Merencanakan-membuat- menjalankan-mengamati-mengevaluasi

D.    Mengamati- menanya-mengumpulkan informasi- mengasosiasi-mengkomunikasian

E.     Mengamat-merencanakan-menjalankan-mengevaluasi-menilai

44.  Nenek miskin karena sudah tua dan tidak lagi produktif, sementara cucunya berpotensi mengembangkan kemampuan intelektualnya. Karena itu bentuk pendistribusian zakat untuk nenek dan cucunya adalah ....

A.    Produktif konsumtif dan konsumtif tradisional

B.     Produktif tradisional dan konsumtif tradisional

C.     Produktif kreatif dan konsumtif tradisional

D.    Produktif tradisional dan konsumtif kreatif

E.     Konsumtif tradisional dan konsumtif kreatif

45.  Khalifah merasa sudah cukup dengan pendidikan yang sudah berjalan waktu tersebut, namun cara cemerlang telah terjadi di masa ini, yang berpengaruh terhadap pendidikan dan dakwah kaum Muslimin. Khalifah Usman memerintahkan agar Mushaf yang dikumpulkan di masa Abu Bakar, disalin oleh Zaid bin Tsabit bersama Abdurrahman Bin Zubair, Zaid Bin Ash. Penyalinan ini dilatarbelakangi oleh perbedaan bacaan atas dasar laporan Hudzaifah di Yaman.  Berikutnya adalah menyatukan bacaan dengan pedoman apabila terjadi perselisihan bacaan antara Zaid Bin Tsabit dengan anggota penyusun lainnya, hendaklah dibaca sesuai lisan Quraisy. Zaid bin Tsabit bukan orang Quraisy sementara 3 orang lagi adalah orang Quraisy. Penyalinan dan penyatuan Alquran sangat penting dikemudian hari akan memberikan patokan baku membaca dan menulis Alquran. Penyalinan Alquran dan cara baca Alquran dikemudian hari dimaknai sebagai ....

A.    Kontinuitas tulis baca

B.     Transformasi tulis baca

C.     Sustanbilitas tulis baca

D.    Standarisasi tulis baca

E.     Transmisi tulis baca

46.     Dalam pejalanan Jakarta-Bekasi menempuh waktu 1 jam 30 menit, namun karena macet perjalanan ditempuh selama 5 jam. Bagaimana Andi mengatur shalat bila berangkat pukul 11.30. Soal tersebut merupakan narasi soal Hots level....

A.    Analisis

B.     Pemahaman

C.     Evaluasi

D.    Pengetahuan

E.     Kreasi

47.  Terdapat keyakinan bahwa tidak ada strategi maupun metodologi dikatan paling tepat dalam konteks pembelajaran. Pernyataan tersebut membawa konsekuensi bahwa guru harus ....

A.    Memiliki strategi dan metode pembelajaran berdasarkan tingkat kemudahan dan kesulitan

B.     Mengeksplorasi kegiatan pembelajaran sesuai perkembangan situasi dan kondisi.

C.     Menerapkan banyak strategi dan metode dalam pembelajaran

D.    Menerapkan strtaegi dan metode yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa

E.     Menentukan strategi dan metoode sesuai dengan karakteristik siswa

48.  Dalam sebuah hadis, ditegaskan bahwa agama yang paling dicintai Allah adalah agama yang lurus dan toleransi. Salah satu bentuk aktualisasi pesan dari hadis tersebut adalah ....

A.    Meyakini semua agama benar dan perbedaan adalah semu semata

B.     Mempraktikkan keberagamaan inklusif di tengah kebhinekaan

C.     Menganggap agama sendiri secara ekslusif sebagai agama yang benar

D.    Militansi beragama dalam gerakan jihad dan dakwah non kompromik

E.     Mempraktikkan kebebasan absolut sebagai wujud apresiasi HAM

49.   Rasyid telah membai’at sultan sebagai khalifahnya dan khalifah untuk seluruh umat. Rakyat telah memenuhi kewajibannya, tetapi khalifah yang telah diangkat tidak berbuat adil terhadap rakyatnya. Maka Rasyid melakukan makar. Tindakan makar Rasyid ini termasuk ....

A.    Melawan penegak keadilan

B.     Melawan ketidakadilan

C.     Melawan hukum

D.    Melawan penguasa yang sah

E.     Melawan penegak hukum

50.  Arif meminjam uang ke salah satu bank sebagai modal usaha dengan sistem penanaman modal bersama untung rugi bersama. Dari sistemnya dapat diketahui bahwa Arif meminjam ke bank....

A.    Konvensional

B.     Islam

C.     Swasta

D.    Negeri

E.     Rentenir

51.  Khairul adalah siswa yang Dia adalah anak pertama dari lima bersaudara. Semenjak ayahnya meninggal dunia sering ia tidak masuk sekolah karena membantu ibunya bekerja. Bila anda menjadi guru khairul maka yang anda lakukan adalah....

A.    Menasehati Khairul agar memperioritaskan sekolah dengan baik

B.     Mengumpulkan dana untuk membantu khairul

C.     Memberikan solusi cara mendapatkan penghasilan di luar jam sekolah

D.    Meminta Khairul untuk mengelola waktu sekolah dengan sambil bekerja

E.     Meminta kepada sekolah untuk memberikan beasiswa kepada Khairul

52.   Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah aliyah dengan materi menterjemahkan ayat-ayat Alquran dan hadis Nabi dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran dengan capaian siswa mampu menyampaikan materi yang telah diajarkan melalui teks bacaan, terjemahan dan tafsir atau syarah hadis. Metode yang tepat digunakan adalah ....

A.    Tanya jawab

B.     Menghafal hadis dan terjemahannya

C.     Ceramah

D.    Penulisan teks hadis

E.     Memberi harkat pada teks hadis

53.  Arif merupakan anak yang tepandai di kelasnya. Pada suatu saat arif kesulitan membayar uang sekolahnya dan uang untuk mengikuti ujian sekolah, karena usaha orang tuanya mengalami penurunan. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....

A.    Memanggil orang tua Arif untuk segera membayar uang sekolah agar tetap dapat mengikuti ujian.

B.     Memberikan keringan dalam membayar uang sekolah suapay Arif tetap dapat mengikuti ujian.

C.     Melaporkan kepada Kepala Sekolah tentang keadaan Arif supaya tetap dapat mengikuti ujian.

D.    Membantu orang tua Arif untuk mencari pinjaman uang kepada koperasi untuk pembayaran uang sekolah

E.     Mengusahakan bantuan kepada Arif untuk dapat mmembayar uang sekolah dan megikuti ujian

54.  Mempresentasikan hasil diskusi siswa dan merespon masukan dari teman sejawat didominasi siswa pada tingkat MTs dan MA. Hal ini sesuai dengan tahap perkembangan intelektual yang berada pada operasional formal. Tahapan ini merupakan teori belajar....   

A.    Sosial

B.     Humanistik

C.     Kognitivisme

D.    Behavioristik

E.     Konstruktivistik

55.  Pengertian takwil berbeda-beda menurut para ulama. Dari pengertian takwil yang anda telah pelajari maka dapat disimpulkan bahwa ....

A.    Takwil terkait ilmu kalam

B.     Takwil berkaitan dengan ilmu filsafat

C.     Takwil berkaitan dengan ilmu Riwayah

D.    Takwil berkaitan dengan ilmu dirayah

E.     Takwil berkaitan dengan ilmu mantiq

56.  Dalam Materi pembelajaran fikih pada siswa kelas 4 SD ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai melampaui KKM yaitu 70 dan ada yang lebih cepat menyelesaikan tugas belajarnya dengan teman-teman yang lain, sehingga guru berinisiatif memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilannya. Kegiatan ini disebut ....

A.    Pengayaan

B.     Akselerasi

C.     Remedial

D.    Pemberian tugas

E.     Kelas tambahan

57.  Menghafal adalah pola pembelajaran konvesional yang masih dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran akhir-akhir ini ... Stigma menghafal yang sudah sangat melekat pada mapel PAI merupakan implikasi dari komponen berikut ini kecuali ....

A.    Sumber belajar yang minimalis.

B.     Kreativitas guru yang belum menguat

C.     Strategi yang kurang variatif

D.    Media pembelajaran yang minim

E.     Cakupan materi yang luas

58.   Guru sebagai satu kesatuan dalam sistem sekolah, maka ketika diundang rapat kenaikan kelas, hendaknya dapat ....

A.    Memperjuangkan semua siswa untuk dapat naik kelas karena perkembangan siswa tidak sama

B.     Menjaga netralitas dengan menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan bersama

C.     Mengikuti keputusan kepala sekolah untuk naik atau tidaknya siswa  dalam satuan jenjang kelas

D.    Ikut memberikan pertimbangan dalam memutuskan naik atau tidaknya siswa

E.     Bertanggung jawab atas siswa yang berada di bawah perwaliannya

59.  Suatu ketika seorang guru mengajak siswa-siswanya untuk mengamati panen kayu di hutan yang tidak jauh dari sekolah. Pemahaman yang paling penting untuk disampaikan kepada siswa terkait dengan kegiatan itu adalah ....

A.    Perlunya melakukan peremajaan tanaman di hutan setelah kayu di panen

B.     Kayu hasil panen diolah menjadi produk ekspor berkualitas

C.     Kayu hasil panen dijual dalam bentuk produk olahan yang bermanfaat

D.    Perlunya dilakukan panen kayu secara bertahap supaya lahan tidak gundul

E.     Kayu hasil panen perlu dihemat penggunaannya agar tidak cepat habis

60.  Perhatikan potongan RPP pada kegiatan langkah pembelajaran sebagai berikut. (1) Kegiatan diawali memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi seputar perkembangan Islam. Memberikan informasi tujuan dan manfaat pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  (2) Kegiatan inti siswa membaca berbagai referensi sejarah perkembangan Islam. Siswa mengamati perkembangan Islam dan membuat bagan perkembangan Islam. Penyusunan bagan dan saling mengomentari. (3) Kegiatan akhir tanya jawab tentang materi. Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian sejarah untuk pertemuan selanjutnya. Berdasarkan langkah kegiatan RPP di atas, maka kompetensi dasar yang akan dicapai adalah ....

A.    Menyebutkan perkembangan Islam

B.     Memahami perkembangan Islam

C.     Menjelaskan dan mempraktikkan perkembangan Islam

D.    Mempraktikkan perkembangan Islam

E.     Menjelaskan perkembangan Islam

61.   Guru mengamati kemampuan merumuskan kisah-kisah nabi dan rasul masih sangat lemah. Cara memutuskan untuk memberikan tindakan perkembangan dengan menggunakan video. Rumusan masalah yang tepat pada penelitian tindakan di atas adalah ....

A.    Mengapa siswa lebih suka melihat video daripada penjelasan guru ?

B.     Bagaimana media video yang baik untuk pemahaman siswa terkait pembelajaran kisah nabi dan Rasul ?

C.     Apakah penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan memahami kisah nabi dan Rasul ?

D.    Apakah melihat video lebih penting daripada penjelasan guru ?

E.     Seperti apa penjelasan guru agar dapat didengarkan siswa

62.  Perkembangan peserta didik di dalam pembelajaran, sementara memiliki perbedaan dalam hal intelektual, moral, emosional dan sosial. Ada kaitannya dengan materi PAI, tidak semua peserta didik dapat memahami dan mengerti dari apa yang disampaikan guru, salah satunya kisah keteladanan Nabi Muhamad. Peristiwa kerasulan Nabi Muhammad akan dipahami secara kongkrit bila guru ....

A.    Mengajarkan buku kisah Nabi Muhammad

B.     Menjelaskan dalil kerasulan nabi Muhammad

C.     Menyediakan model gambar/video

D.    Mengadakan story tealing

E.     Meminta peserta diidik untuk mempresentasikan

63.  Setelah Abu Bakar, istrinya Ummu Rumman kemudian menjadi muallaf. Semua anak Abu Bakar enerima ajaran Islam kecuali abdurahman bin abu Bakar yang menjadi seorang muslim setelah perjanjian Hudaibiyah. Tidak segeranya abdurrahman masuk islam, dia ingin memastikan bahwa masuk Islam bukan karena keterpaksaan. Pernyataan di atas dapat disimpulkan masuk Islamnya Abdurrahman didasarkan pada ....

A.    Dipaksa oleh ayahnya

B.     Dimotivasi oleh lingkungan keluarga

C.     Dipaksa oleh orang lain

D.    Keyakinan dan pilihan ia sendiri

E.     Dimotivasi oelh saudar-saudaranya

64.  Islam di Indonesia juga dibawa oleh pedagang dari Arab. Para pedagang Arab ini terrlibat aktif dalam penyebaran Islam ketika mereka mendominasi perdagangan Barat Timur sejak Abad ke 7 dan 8 Masehi. Asumsi didasarkan pada sumber-sumber China yang menyebutkan bahwa menjelang abad ke 7 seorang pedagang Arab menjadi pemimpin pemukiman Arab Muslim di pesisir ....

A.    Barat Jawa

B.     Timur Sumatera

C.     Timur jawa

D.    Barat Sumatera

E.     Barat Sulawesi

65.   Ketika guru mengajar di suatu kelas ada siswa pertukaran pelajar dari negara lain dan saat itu ada siswa yang tidak mau berkenalan dengannya, karena kurang terampil menggunakan bahasa Inggris. Maka guru meminta siswa tersebut untuk

A.    Meminta guru bahasa Inggris memperbanyak percakapan

B.     Ikut berkelompok dengan teman lain untuk saling mengenal

C.     Memberi catatan kurang pergaulan dalam aspek sikap sosial

D.    Belajar bahasa Inggris dengan lebih tekun dan giat

E.     Meminta teman sebangku membelajarkan bahasa Inggris

66.  Setelah mempelajar rukun-rukun Haji, kewajiban-kewajiban haji, serta sunnah-sunnah dalam   ibadah haji. Menurut kalian apa yang membedakan manasik-manasik haji sehingga masuk kategori yang berbeda-beda rukun, wajib dan sunnahnya ? ini adalah contoh soal HOTS untuk ....

A.    Memahami

B.     Mengkritis

C.     Mengetahui

D.    Mengevaluasi

E.     Menganalisis

67.  Pengetahuan siswa diperoleh oleh siswa sendiri yang membangun dan mengembangkan pengetahuannya dari konteks yang terbatas dari sedikit demi sedikit. Pernyataan tersebut merupakan pandangan dasar dari....

A.    Idealisme

B.     Konstruktivisme

C.     Pragmatisme

D.    Progresivisme

E.     Realisme

68.  Shahabat Bilal Ra baru saja terlepas dari siksaan kaumnya. Hampir sekujur tubuhnya terluka dan melepuh, melihat kondisi Bilal Rasululla memeluknya. Dipeluk rasulullah shahabat Bilal terharu dan terasa langsung sembuh. Pelukan Rasulullah perlu direkomendasikan karena sebagai bukti ....

A.  Ketabahannya menerima cobaan

B.  Kasih sayang

C.  Kerasulannya

D.  Ketegaran imannya

E.   Tanggung jawabnya

69.  Penulisan karya ilmiah harus menggunakan kaidah keilmuan dan istilah-istilah akademik dari bidang penelitian si penulis .... Manfaat karya tulis ilmiah yang baik adalah ....

A.  Memiliki manfaat yang kontekstual

B.  Memiliki manfaat personal

C.  Memiliki manfaat yang dinamis

D.  Memberikan manfaat individual dan sosial

E.   Memiliki manfaat teorits dan praktis

70.  Lebih dari setengah siswa dari 30 siswa memperoleh nila rendah tentang materi pembelajaran meneladani Nabi Ayub dikarenakan pembelajarannya terlalu verbalisme. Tindakan atau intervensi apa yang tepat diberikan guru untuk meningkatkan hasil belajar....

A.  Menggunakan media gambar

B.  Menggunakan strategi sosiodrama

C.  Membaca bersama

D.  Ceramah

E.   Demonstrasi di depan kelas

71.  Dalam suatu diskusi kelompok pada pembelajaran PAI, dari lima kelompok hanya ada satu kelompok yang melaksanakan diskusi dengan baik. Kelompok lainnya tidak menguasai materi untuk dijawab masalah yang didiskusikan. Pada atu kelompok yang aktif mereka terdiri atas peserta didik yang paling pintar di kelas. Berdasarkan sajian data tersebut untuk memperbaiki agar semua kelompok dapat berdiskusi dengan bak adalah ....

A.  Guru memberi hadiah kepada kelompok yang aktif agar kelompok lain termotivasi mendapatkan hadiah yang sama dengan kelompok yang aktif

B.  Memisahkan kelompok aktif keluar kelas agar kelompok yang tidak aktif merasa tidak rendah diri

C.  Guru menyemangati kelompok yang tidak aktif dengan berteriak yel-yel:”Semangat maju terus pantang mundur, kita kelompok hebat

D.  Dilakukan perubahan angota kelompok agar peserta didik pintar tidak mengumpul pada satu kelompok

E.   Memberi tuga kepada seorang peserta didik yang dianggap paling menguasai masalah untuk berkeliling ke setiap kelompok untuk menjelaskan cara menyelesaikan masalah  

72.  Buk Risdawati menterjemahkan dan menafsirkan Q.S an-Nur/24 ayat 22 yang artinya :”dan hendaklah mema’afkan dari berlapang dada. Dan apakah kamu tidak suka Allah mengampunimu ?  dan Allah maha pengampun dan maha penyayang. Asbabun Nuzul ayat di atas berkaitan dengan sifat shahabat Abu Bakar yaitu sifat ....

A.  Kebenaran

B.  Kejujuran

C.  Pema’af

D.  Pendendam

E.   Kedermawaan

73.  Setelah mendengarkan uraian Buk Elmawati terhadap ayat Alquran yang berbunyi

 أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ 

                  maka peserta didik menyimpulkan bahwa wali Allah adalah

A.    Orang yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersedih hati

B.     Orang yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersuka ria

C.     Orang yang beriman yang lagi berasa khawatir dan tiada bersedih hati

D.    Orang yang beriman yang merasa khawatir dan bersedih hati

E.     Orang yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersenang hati

74.  Anki memiliki masalah dalam hidungnya. Ada aroma yang tidak sedap keluar dari hidungnya, karenanya dia ingin melakukan operasi terhadap hidungnya supaya tidak mengeluarkan aroma yang tidal sedap. Keinginan andi termasuk...

A.    Takdir buruk

B.     Takdir mubram

C.     Takdir baik

D.    Takdir muhram

E.     Takdir muallaq

75.  Siswa SD kelas akhir diberikan target untuk dapat mengerjakan shalat sesuai dengan rukun-rukunnya namun masih perlu pembiasaan di sekolah maupun di rumah. Teknik pengumpulan data yang dapat disajikan dari deskripsi di atas adalah ....

A.    Studi kasus

B.     Studi lapangan

C.     Wawancara

D.    Triangulasi

E.     Observasi

76.   Anak seorang tokoh yang dihormati di lingkungan sekitar sekolah melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Tindakan yang tepat dilakukan seorang guru adalah ....

A.    Memberi peringatan untuk tidka melakukan pelanggaran di kemudian hari

B.     Memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut

C.     Melaporkan tindakan anak kepada orang tuanya agar dibina oleh orang tuanya

D.    Memberikan sanksi yang lebih berat karena menurunkan martabat orang tuanya

E.     Memberi sanksi yang lebih ringan karena jasa orang tuanya terhadap sekolah

 

77.  Buk Denni Mardhatillah menjelaskan tentan lurus dan rapatnya shaf dalam shalat pada siswa. Pembelajaran yang tepat pada hai itu adalah ....

A.    Siswa diberi kesempatan untuk melihat ceramah terkait hal tersebut

B.     Siswa diberi kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya

C.     Guru menjelaskan referensi sebanyak mungkin agar siswa memahaminya

D.    Guru dan siswa melakukan diskusi untuk mencari jawaban terkait permasalahan tersebut

E.     Guru menyebutkan satu referensi agar siswa tidak bingung

78.  Buk Ratna Wilis Seorang guru SKI diharapkan mengimplementasikan pembelajaran holistik dengan tujuan untuk menghasilkan

Kemampuan tersebut merupakan ciri dari....

A.    Mengamati

B.     Berpikir

C.     Kesetaraan gender

D.    Kemandirian

E.      

 

79.  Guru yang lebih senior membimbing sekelompok siswa untuk mengikuti lomba cerdas cermat. Anda mencermati adanya kekurangan pembimbingan yang berakibat tidak maksimalnya hasil lomba. Tindakan yang dapat anda lakukan dalam kondisi seperti itu adalah ....

A.    Meminta kepada sekolah menugaskan anda turut membimbing dalam latihan untuk lomba

B.     Mempertimbangkan rasa segan anda membiarkan persipan itu sesuai rencana yang disiapkan guru pembimbing

C.     Menyampaikan usulan kepada guru pembimbing untuk berdiskusi terkait kekurangan dalam melakukan persiapan

D.    Anda mencari kesempatan lain untuk membantu siswa tanpa sepengetahuan dosen pembimbing senior tersebut

E.     Anda menyampaikan kekurangan tersebut dan meminta izin membantu membimbing secara langsung

 

 

80.  Perhatikan hadis di bawah ini !

 Hadis di atas menyampaikan bahwa keutamaan seorang ahli ilmu dan ahli ibadah adalah....

A.  Matahari dengan cahaya bulan purnama

B.   Bulan purnama dengan cahaya bintang-bintang

C.   Matahari dengan cahaya bintang-bintang

D.  Bintang-bintang dengan cahaya bulan purnama

E.   Matahari dengan planet-planet

81.  Materi pembelajaran yang diberikan guru ditampilkan kontekstual dengan perkembangan zaman. Ibu Zaharmi mengajak anak untuk dapat berpikir logis dan rasional. Di bawah ini kegiatan diskusi kelompok tercermin pada ....

A.    Guru dan siswa berdiskusi bersama

B.     Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru

C.     Guru dan siswa melakukan tanya jawab terstruktur dalam pengawasan guru

D.    Guru ditemani siswa berdiskusi

E.     Guru memberikan permasalahan dan siswa mendiskusikannya dalam kelompok dalam pengawasan guru

82.  Dikisahkan bahwa ada seorang pemuda Bani Israil yang telah membunuh 100 orang. Oleh seorang ulama disarankan untuk hijrah ke kampung taubat agar dia benar-benar dapat bertaubat disana. Berangkatlah ia ke kempung taubat itu. Namun ditengah perjalannya dia meninggal dunia. Setelah diukur, ternyata posisinya hanya selisih satu meter lebih jauh dari tempatnya berangkat dibanding dari tempat taubat yang hendak ia tuju, walhasil taubatnya di terima. Atas dasar kisah ini peserta didik menyimpulkan bahwa tetap dibuka pintu taubat kepad pembunuh 100 orang itu membuktikan....

A.    Allah itu maha luas

B.     Alla maha Syukur

C.     Allah itu maha kasih

D.    Allah itu maha kuasa

E.     Allah itu maha baik

83.   Ayah Budi sudah bertahun-tahun berpenyakit parah. Berulang kali ayah Budi di bawa berobat kedokter langganannya. Bagi Budi sakit parah ayahnya tidak otomatis berkaitan dengan ajal ayahnya. Dia melihat banyak orang sudah bertahun-tahun sakit parah belum juga dipanggil Allah, namun tidak sedikit yang disinyalir segar bugar ternyata telah tiba ajalnya. Karenanya Budi tidak berputus asa membawa ayahnya berobat ke dokter, meski tetap yakin bahwa hidup dan mati ayahnya merupakan bagian ....

A.    Takdir buruk

B.     Takdir Mubram

C.     Takdir Muallaq

D.    Takdir baik

E.     Takdir Muhram

84.  Soal yang baik adalah soal yang sesuai dengan KI dan KD serta indikator yang dibuat dalam pembelajaran. Untuk melihat kesesuaian tersebut maka soal harus diperiksa kembali keabsahan dan kesesuaiannya dengan KI, KD dan IPK. Pengecekan tersebut untuk menguji....

A.    Kesukaran

B.     Konsistensi

C.     Reliabilitas

D.    Validitas

E.     Keajegan

85.  1. Observasi

2. Studi dokumentasi

3. Angket

4. Wawancara

5. Tes Uraian

6. Sosiometri

7. Unjuk kerja

8. pilihan ganda

9. Portopolio

Jenis penilaian yang tidak digunakan dalam penilaian afektif dan psikomotor adalah

A.    1 dan 8

B.     2 dan 9

C.     5 dan 8

D.    3 dan 5

E.     4 dan 6

86.  Ketika banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib tentang penggunaan seragam sekolah. Tindakan yang dapat dilakukan guru adalah ....

A.    Memberi sanksi teguran sesuai bnetuk tata tertib

B.     Tetap memberikan kesempatan belajar bersama delam kelas

C.     Meminta siswa menjelaskan kenapa tidak memakai seragama sekolah

D.    Meminta wali kelas mencatat pelanggaran siswa dalam jurnal

E.     Meminta siswa belajar mandiri di perpustakaan sebaga hukuman

87.  Salah satu siswa di kelas mencontek waktu ulangan, padahal siswa adalah anak dari tetangga anda. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....

A.    Meminta siswa untuk menghadap dan menulis pernyataan tidak akan mengulanginya

B.     Meminta siswa menemui guru setelah ulangan serta memberinya nasihat

C.     Meminta siswa menghadap setelah ulangan selesai dan memberikan tugas tambahan

D.    Mengingatkan kembali kepada semua siswa agar jujur dalam mengerjakan ujian

E.     Mencatat tidnakan-tindakan siswa yang mencontek ketika ulangan dalam berita acara

88.   Soal-soal yang dibuat dengan mempertimbangkan KI dan KD serta IPK maka akan disesuaikan pada tes yang akan diberkan untuk melihat capaian pembelajaran yang dilakukan.

Membuat deskripsi dari hasil capaian siswa dalam soal unjuk kerja biasanya menggunakan....

A.    Skala interval

B.     Skala verbal

C.     Skala nominal

D.    Skala Rating

E.     Skala Ordinat

89.  Buk Elmawati membelajarkan pebiasaan sifat bijaksana dengan membimbing peserta didik untuk menyusun cerita yang bertema dampak positif perilaku bijaksana, kemudian mereka secara kelompok mendiskusikannya. Deskripsi tersebut menggambarkan pendekatan pembelajaranyang tepat sesuai dengan k.13 dan perkembangan abad 21, yaitu :

A.  Discovery learning

B.  Project Based Learning

C.  Problem Based Learning

D.  Inquiry Learning

E.   Contekstual teaching Learning

 

90.  Dalam pembelajaran PAI peserta didik dikelompokan menjadi dua kelompok besar. Kelompok A menjadi kelompok di dalam lingkaran dan kelompok B berada di luar lingkaran. Masing-masing kelompok menceritakan kembali tentang peta konsep yang sudah disusun secara bergantian. Berdasarkan narasi tersebut sedang mengimplementasikan teknik belajar ....

A.    Think pair Share

B.     NHT

C.     Jigsaw

D.    STAD

E.     Inside dan outside circle

91.  Buk Rahmawati melakukan kegiatan belajar yang mengikuti perkembangan teknologi informasi menuntut adanya pembelajaran online di samping pembelajaran tatap muka. Maka Buk Rahmawati telah melakukan pembelajaran yang disebut....

A.    Game Learnig

B.     Blended Learning

C.     Discovery Learning

D.    Inquiry Learning

E.     Project Learning

 

92.    Di antara tanda har kiamat adalah munculnya kabut asap yang menyelimuti Muslim dan non muslim. Di sebagian wilayah Indonesia sering terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan kerugian semua pihak. Kabut asap bukan saja menyelimuti wilayah Indonesia tetapi juga wilayah manca negara. Kabut asap dalam sebagian wilayah indonesia merupakan ....

A.    Bukan tanda datangnya kiamat sughra

B.     Bukan tanda datangnya kiamat Kubra

C.     Tanda akan datangnya kiamat kubra

D.    Tanda datangnya kiamat kubra dan sughra

E.     Tanda datangnya kiamat sughra

93.  Ibnu Maskawaih dalam kitabnya tahzib al-akhlak mengatakan bahwa akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu perbuatan tanpa melalui pertimbangan fikiran terlebih dahulu.Di sini Ibnu Maskawaih menyatakan tentang keadaan jiwa bukan keadaan perbuatan. Dari deskripsi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa....

A.    Akhlak itu dipandang baik dan buruk tergantung jiwa yang membangunnya

B.     Akhlak hanya berkaitan dengan respon jiwa tidak ada kaitannya dengan perbuatan lahiriah

C.     Akhlak tidak ada kaitan dengan respon jiwa dikarenakan yang dinilai seseorang bukan jiwanya tetapi perbuatannya

D.    Akhlak titik tekannya lebih berkaitan dengan respon jiwa bukan pada perbuatan lahiriah.

E.     Akhlak hanya berkaitan dengan respon jiwa meski tidak ada perbuatan lahiriahnya

94.  Banyak keputusan yang diambil Umar bin Khattab. Penyebaran dakwah dilaksanakan seiring perluasan wilayah Islam dan banyak orang yang memeluk Islam, meski ada sebagian yang membenci Islam. Umar bin Khattan memerntahkan dengan tegas dan disiplin, rakyat maupun pegawainya akan dihukum bila bersalah. Pada akhir jabatannya timbul  gejala ketidakpuasan terhadap kebijakan-kebijakannya, tertama yang berkaitan dengan pembagian harta rampasan perang yang dinilai tidak adil, tetapi hingga akhir hayatnya tidak ada seorangpun yang berani mengutarakan secara terang-terangan kata hati mereka yang tidak puas itu hal ini karena ketegasannya dan kepentingan rakyat dan bukan untuk kepentingan pribadi. Penyebab masyarakat tidak berani protes terhadap kebijakan-kebijakan pembagian harta rampasan perang pada masa Umar bin Khattab adalah ....

A.    Wibawanya

B.     Pemaksaannya

C.     Keberaniannya

D.    Ketegasannya

E.     Kekuasaannya

95.     Setelah melakukan PTK guru dituntut untuk dapat menulis laporannya. Dalam penyusunan laporan PTK tersebut perlu mengikuti garis besar sistematika umum yang  digunakan. Hal ini untuk memudahkan penulisan laporan. Langkah-langkah penyusunan proposal PTK yang benar adalah ....

A.    Menentukan judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, menentukan metode penelitian dan menyusun instrumen penelitian

B.     Menentukan masalah penelitian, menyusun latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, menetukan teori pendukung, kerangka berpikir dan hipotesis tindakan, menentukan metode penelitian dan instrumen penelitian

C.     Menentukan judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, menentukan metode penelitian, menyusun instrumen penelitian, tujuan dan manfaat penelitian menentukan teori pendukung

D.    Merumuskan judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, menentukan teori pendukung, kerangka berpikir, hipotesis tindakan, menentukan metode penelitian, dan menyusun instrumen penelitian

E.     Menentukan judul penelitian, menyusun latar belakang masalah dan hasl

 

96.  Seperti kebijakan pajak yang berlaku pada masa Umar bin Khattab yang telah membagi masyarakat kedalam dua kelompok yaitu kelompok wajib pajak : buruh, petani dan pedagang. Kelompok pemungut pajak : pegawai pemerintah, tetntara dan elit masyarakat. Hal ini menjadi kecenderungan rakyat ingin bergabung menjadi tentara sebagai profesi. meskipun pajak digunakan untuk kepentingan sosial seperti pembangunan sarana prasarana sosial, tetapi pajak itu lebih banyak dirasakan oleh masyarakat dan penakhluk. Dari sinilah tentara mengambil peranan penting dalam mempengaruhi elit masyarakat dan penakhluk untuk memungut pajak yang berasal dari rakyat wajib pajak. Pada saat yang sama tentara mempunyai kedudukan penting di kalangan wajib pajak dan para pemungut pajak. Secara otomatis pamor tentara naik dan disukai. Pada saat terjadinya kesadaran wajib pajak dan pemungut pajak, sekelompok masyarakat yang diuntungkan lantaran prestisenya yakni ....

A.  Tentara

B.  Tokoh Agama

C.  Wajib Pajak

D.  Elit Masyarakat

E.   Rakyat Jelata

97.  Siswa mampu melakukan membaca surat alfatihah. Deskriptor penilaian

1.    Membaca dengan makhrijul huruf

2.    Membaca dengan tajwid

3.    Membaca dengan panjang pendek

4.    Membaca dengan tahsin

5.    Membaca dengan tartil

Uraian di atas merupakan penilaian untuk ....

A.  Unjuk kemampuan

B.  Tes Essay

C.  Unjuk Kinerja

D.  Potofolio

E.   Diskusi

98.     Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal kemampuan siswa untuk mencari dan meyelidiki sesuatu (benda, manusia dan peristiwa). Secara sistematis, logis, analisis dan ktitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

Di atas merupakan langkah dan strategi pembelajaran .....

A.  Inquiry learning

B.  Proble Based Learning

C.  Project Based Learning

D.  Brain Bassesd Learning

E.   Give Investigasi

99.        Pada suatu pembelajaran Akidah Akhlak, diketahui guru membimbing peserta didik dengan langkah berikut

1.      Guru menjelaskan suatu konsep dan contoh yang dipelajari peserta didik

2.      Guru meminta peserta didik mengumpulkan contoh-contoh lain dari konsep yang dipelajari

3.      Guru meminta peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengaitkan konsep yang dipelajari serta contoh-contohnya dengan akibat-akibat yang muncul

Langkah-langkah tersebut menggambarkan pembelajaran PAI yang menerapkan kecakapan berikut ini :

A.    Kreatif dan kolaboratif

B.     Kritis, kreatif dan kolaboratif

C.     Kreatif dan komunikatif

D.    Kritis dan kolaboratif

E.     Probling solving dan komunikatif

100.                      Sejak dibuka secara resmi tahun 2014, sudah sekita dua puluh ribu warga Australia menginjungi Islamic Museum Australia. Akan tetapi data warga asli Australia yang memeluk Islam belum ada

Tampaknya, d antara penyebabnya adalah ....

A.    Banyaknya lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas

B.     Banyaknya lembaga pendidikan Islam yang lebih representatif dan berkualitas

C.     Masih sedikit lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas

D.    Belum adanya lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas

E.     Belum banyak lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas

101.                      Ketuntasan belajar merupakan pencapaian hasil belajar yang ditetapkan dengan ukuran atau tingkat pencapaian kompetensi yang menandai dan dapat diipertanggung jawabkan sebagai prasayarat penguasaan kompetensi lebih lanjut. Pada kompetensi belajar pada tentang sifat-sifat  shahabat Rasulullah. Ketuntasan belajarnya adalah ....

A.  Menghafal sifat-sifat shahabat Rasulullah

B.  Menyebutkan sifat-sifat shahabat Rasulullah

C.  Memahami sifat-sifat shahabat Rasulullah

D.  Mendiskusikan sifat-sifat shahabat Rasulullah

E.   Mendemonstrasikan sifat-sifat shahabat Rasulullah

102. Indikator yang dicapai dalam pembelajaran merupakan hasil belajar yang diraih siswa. Indikator yang mengambarkan karakteristik keberhasilan siswa kemudian dikonversi dalam angka. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dari ....

A.  Pengukuran

B.  Tes Formatif

C.  Evaluasi

D.  Pemberian Skor

E.   Asesmen

 

103.   Bu Imis Mukhtar membacakan sebuah hadis di bawah ini yang diriwayatkan imam Bukhari dan Imam Muslim

Kandungan hadis yang disampaikan ibu Imis Mukhtar di atas adalah ....

A.    Iman dan malu akan melahirkan ketidaksuksesan

B.     Adanya rasa iman karena ada rasa malu

C.     Malu merupakan hakikat keimanan

D.    Iman diwujudkan hanya dengan rasa malu

E.     Adanya rasa malu karena adanya iman

104.   Pak Junaidi Panusunan berkisah tentang pengorbanan Habil dan Qabil. Waktu itu pengorbanan Habil dan Qabil berdasarkan profesi. Habil yang berprofesi sebagai peternak mengorbankan hewan ternak terbaik. Sementara Qabil yang berprofesi sebagai petani mengorbankan hasil pertaniannya tetapi yang tidak baik melainkan yang tidak berkualitas. Hasilnya kurban Habil diterima  dan kurban Qabil di tolak Allah. Akhirnya Qabil dengki kepada Habil dan bersumpah membunuhnya. Sebelum dibunuh menyatakan bahwa Allah hanya menerima kurban dari hamba yang bertakwa. Dengan kata lain hanya kurban orang yang beriman yang diterima oleh Allah.

Berdasarkan kisah di atas pak Junaidi dapat menegaskan bahwa

A.  Basis berkurban beramal shaleh sesuai dengan profesinya

B.  Basis berkurban beramal shaleh adalah keimanan

C.  Basis berkurban beramal shaleh adalah kejujuran

D.  Basis berkurban beramal shaleh adalah menyembelih hewan kurban

E.   Basis berkurban beramal shaleh adalah keta’atan

105.  Untuk memberikan ilustrasi bahwa wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau dengan lautan yang luas membentang di garis khatulistiwa sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa dan negara pak Almasri perlu menekankan pada ....

A.    Memberikan kesempatan pada putra-putri daerah memilih pendidikan yang bermutu di seluruh wilayah Indonesia

B.     Pembangunan infrastruktur yang seimbang anatara pusat dan daerah sehingga mastyarakat sejahtera

C.     Kemajuan pendidikan yang merata untuk semua pulau agar masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan

D.    Memberikan kesempatan kepada tokoh-tokoh agama dan adat untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa

E.     Pola kehidupan bersama masyarakat maritim Indonesia yang sanggup memanfaatkan kekayaan alam

106.   Dalam Alquran terdapat ayat muhkam dan mutasyabihat. Dari ayat berikut ini yang termasuk ayat muhkam adalah....

A.

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوْٓا اَيْدِيَهُمَا جَزَاۤءًۢ بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

 

B.

فَاطِرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ

C.

وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ

 

D.

الرَّحْمَٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ

E.

يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ

 

 

 


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger