1.
Ridwan
merupakan seorang pemuda yang telah dewasa dan berpenghasilan tetap. Meski
sudah memiliki calon isteri, tapi Ridwan tidak pernah membawa calon isterinya
sebelum sah sebagai istrinya, sehingga kemungkinan melakukan terburuk tidak
akan terjadi. Kasus Ridwan, menyegerakan pernikahannya berarti .....
A.
Sunnah
B.
Makhruh
C.
Haram
D.
Mubah
E.
Wajib
2.
Khalifah
yang memahami teks dan konteks pemaknaan baik mazhab ar-Ra’y maupun al-Hadis,
seungguhnya merupakan model ijtihad yang awalnya dilakukan oleh Khalifah ....
A.
Mu’awiyah
Bin Abu Syofyan
B.
Ali
Bin Abi Thalib
C.
Usman
Bin Affan
D.
Umar Bin Khattab
E.
Abu
Bakar
3.
Bapak
Almasri seorang guru sertifikasi dengan penghasilan tiap bulannya 16.940.000
dengan pengeluaran tetapnya 10.000.000, sehingga penghasilan tipa bulannya
6.940.000 apabila dikalikan 12 menjadi 83.260.000. besaran zakat profesi pak
almasri tiap bulannya adalah ....
A.
2.062.000
B.
180.000
C.
173.500
D.
183.500
E.
175.500
4.
Khalifah
Ali Bin Abi Thalib memerintahkan Abu Al-Aswad Adh-Dhuali untuk mengarang
pokok-pokok ilmu nahwu. Adanya ilmu nahwu yang menjadi pedoman dasar dalam mempelajari
bahasa Alquran. Masyarakat non Arab dengan buku ini akan mudah membaca dan
memahami sumber ajaran Islam. Ali Bin Abi Thalib dipandang penggagas ilmu nahwu
pertama, sebelum ilmu itu berkembang di dunia. Mengapa khalifah Ali Bin Abi
Thalib dianggap sebagai orang yang pertama yang menginspirasi umat Islam
membaca Alquran dan memahami sumber penting hukum dalam Alquran hali ini karena
Ali Bin Abi Thalib ....
A.
Memberi
izin Abu Al-Aswad untuk menuliskan ilmu Nahwu
B.
Memerintahkan
Abu Al-Aswa untuk menuliskan ilmu Nahwu
C.
Menggagas
ilmu Nahwu
D.
Menggagas dan memerintahkan kepada Abu Al-Aswad untuk menulis ilmu
Nahwu
E.
Menulis
ilmu Nahwu
5.
Mesir
merupakan khawasan Afrika pertama yang menerima masuknya Islam, Penduduknya100.075.480 jiwa, Mesir
merupakan negara mayoritas Islam dengan presentase 90 % Muslim dan 10 % Kriten
Koptik, Khatolik dan sebagian kecil beragama Yahudi. Mesir memiliki perguruan
tinggi Al-Azhar yang sangat membantu perkembangan Islam karena mempelajari
berbagai ilmu. Perguruan tinggi ini dibangun dimasa ....
A.
Bani
Umaiyah
B.
Bani
Abbasiyah
C.
Khalifah
Al-Ma’mun
D.
Bani Fathimiyah
E.
Khalifah
Abdul Aziz
6.
Seorang
Non Muslim yang tidak masuk Islam karena yang Dia tahu agama Islam mengajarkan
kekerasan dan Muhammad yang mengajarkan agama Islam merupakan seorang pendusta,
maka orang tersebut dianggap belum sampai dakwah Islam kepadanya dan akan
dima’afkan di akhirat. Hal ini termasuk tafsir bi Ar-Ra’y yang dikemukakan
dalam ....
A.
Tafsir
Fii Zhilalil Quran
B.
Tafsir
Almanar
C.
Tafsir
Al-Maraghi
D.
Tafsri
al-Ma’tsur
E.
Tafsir
Al-Bayyan
7.
Fungsi
Hadis terhadap Alquran tentu sangat berpengaruh oleh kevalidan hadis tersebut.
Berikut ini merupakan contoh penjelasan hadis terhadap Alquran dalam masalah
Shalat adalah ....
A.
Alquran hanya memerintahkan dan menyampaikan waktu shalat wajib,
kemudian hadis menjelaskan rukunnya
B.
Alquran
menjelaskan shalat wajib dan hadis menjelaskan shalat sunnah
C.
Alquran
terdapat perintah mengerjakan shalat kemudian hadis menjelaskan rukun, syarat
dan waktunya
D.
Alquran
menjelaskan rukun dan waktu shalat kemudian hadis menjelaskan syaratanya
E.
Alquran
hanya terdapat penjelasan waktu shalat sunnah dan hadis menjelaskan waktu
shalat wajib
8.
Bu Irma mengajarkan materi sejarah peradaban
Islam, dalam proses pembelajaran Bu Irma membagi peserta dalam beberapa
kelompok. Tiap peserta mendapatkan nomor. Bu Irma meminta siswa menjawab
pertanyaan yang berdasarkan nomor-nomor siswa secara acak. Model pembelajaran
yang digunakan bu Irma adalah ....
A.
Think
part share
B.
Copperative
Scrib
C.
Team
games
D.
Studient
team achivement devision
E.
Number Head Together
9.
Penelitian
terhadap tindakan guru yang berkaitan pada bidang pendidikan dan dilaksanakan
dalam sebuah kelas yang dilakukan untuk memperbaiki kinerja pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis ....
A.
Penelitian
eksperimen
B.
Penelitian
korelasi
C.
Penelitian
dalam kelas
D.
Penelitian
elmografi
E.
Penelitian Tindakan Kelas
10.
Konsep
dasar tafsir memuat pengertian etimologis dan definisinya serta pengertiannya
dalam perspektif Alquran. Berikut ini yang tidak termasuk upaya memahami
kandungan Alquran dengan pendekatan....
A.
Tafsir
rasional
B.
Tafsir
bercorak hukum
C.
Tafsir
bercorak filsafat
D.
Tafsir
bil Ma’tsur
E.
Tafsir Syar’i
11.
Umat Islam pernah berjaya dan mengembangkan
panji-panji Islam di Eropa, saat itu Muslim merupakan kaum minoritas. Umat
Islam hidup dengan rukun. Kecenderungan penerimaan masyarakat Eropa terhadap
kiprah umat Muslim dengan dipilihnya seorang Muslim dilondon sebagai ....
A.
Jaksa
B.
Gubernur
C.
Bupati
D.
Walikota
E.
Wakil
walikota
12.
Buk Husni meperlihatkan video Tsunami kepada
siswa kelas 6, kemudian beliau menyampaikan bahwa Tsunami Aceh dan perasaan
mereka setelah menyaksikan video tersebut, dalam konsep teori pembelajaran,
maka kegiatan ini mengadopsi teori belajar
A.
Reinforcement-Skiner
B.
Stimulus
Respon yang menetap – Gutrie
C.
Connectionism
-Thorndike
D.
Stimulus-Respon
yang teramati Watson
E.
Stimulus
respon dalam evaluasi-Hull
13.
Bu
Wetni melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan segala sumber dan media
pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar, sedangkan Bu Haniya melaksanakan dengan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber dan media
pembelajaran. Secara konseptual antara Bu Wetni dan Bu Haniya ada yang
kontekstual dan ada yang futuristik. Dalam deskripsi di atas pendekatan yang
dilakukan Bu wetni dan Bu Haniya adalah ....
A.
Bu
wetni dan Bu Haniya memadukan pendekatan futuristik dan kontekstual
B.
Bu Wetni menggunakan kontekstual dan Bu Haniya mengguanakan
futuristik
C.
Bu
wetni dan Bu Haniya enggunakan pendekatan kontekstual
D.
Bu
Wetni menggunakan pendekatan futuristik dan Bu Haniya menggunakan pendekatan
kontekstual
E.
Bu
Wetni dan Bu Maryam menggunakan pendekatan futuristik
14.
Rudi sudah sepuluh tahun sakit. Beliau sudah berupaya
berobat Medis dan non Medis namun belum membuahkan hasil yang diinginkan, Rudi
menyerahkan urusan sepenuhnya kepada Allah. Belajar dari sikap pasrah Rudi tersebut
orang Mukmin harus ....
A.
Berislam
B.
Bertakwa
C.
Berihsan
D.
Bertawakal
E.
Berputus
asa
15.
Di antara materi PAI adalah tentang
ketuhanan. Media yang efektif dalam pembelajaran keimanan yang menggugah rasa
emosional adalah....
A.
Media
Visual
B.
Media
Audio
C.
Media film
D.
Media
cetak
E.
Media
teks
16.
Khalifah Usman Bin Affan menggantikan gubernur
yang diangkat oleh Khalifah sebelumnya, tidak satupun mereka protes karena
mereka shahabat-shahabat mulia. Mereka melepas kedudukannya dan tetap berjuang
untuk agama Allah. Sikap Shahabat meyakini bahwa dalam penentuan jabatan adalah
hak ....
A.
Preogratif Usman Bin Affan
B.
Mutlak
Allah
C.
Mutlak
Khalifah Umar Bin Khattab
D.
Mutlak
Rasulullah
E.
Mutlak
shahabat senior
17.
Penentuan
kompetensi dasar menjadi penting dalam penerapannya terhadap karakteristik
peserta didik yang beragam. Kompetensi yang diperuntukkan peserta didik pada
saat operasional formal adalah....
A.
Menganalisis
proses lahirnya Bani Umaiyah II di damaskus
B.
Menganalisis
faktor-faktor penyebab hijrah Rasulullah
C.
Mengidentifikasi
strategi dakwah nabi Muhammad di mekah dan madinah
D.
Mengetahui
sebab-sebab Rasulullah menganjurkan shahabat hijrah ke Habasyah
E.
Mendeskripsikan subtansi dari strategi dakwah Khalifaur Rasyidin
18.
Pak
Hotsman memiliki nafsu biologis di atas rata-rata, sehingga isterinya tidak mampu
memberikan pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu pak Hotsman diminta menikah
lagi, akan tetapi setelah menikah dia sadar bahwa menikah bukan hanya urusan
biologis. kehidupan anak-anaknya tidak
terurus dan putus sekolah. Dari kasus pak Hotsman membuktikan bahwa ....
A.
Persyaratan poligami bukan hanya nafsu Biologis di atas rata-rata
B.
Persyaratan
poligami adalah nafkah terpenuhi
C.
Persyaratan
poligami karena nafsu tinggi
D.
Persyaratan
poligami adalah bersedia berbagi
E.
Persayaratan
poligami cukup modal kemapuan biologis
19.
Syarat
hadis shahih adalah perawi adil, Tsiqah, sanad bersambung, tidak cacat. Makna
dari tsigah adalah....
A.
Banyak
meriwayatkan hadis
B.
Dikategorikan
sebagai orang yang Shadiq
C.
Banyak
karya di bidang hadis
D.
Jujur
dan beradab
E.
Agamanya baik dan hafalan kuat
20.
Perhatikan
langkah-langkah pembelajaran berikut ini
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang dicapai dalam pembelajaran
2.
Guru memfasilitasi siswa untuk menyimpulkan pembelajaran
3.
Guru menyampaikan garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.
Guru menyampaikan hal-hal yang dinilai dalam pembelajaran
5.
Guru melakukan penilaian pertanyaan lisan
Pendahuluan
ditunjukan nomor
A.
3-4-5
B.
1-4-5
C.
1-2-3
D.
1-3-4
E.
2-3-4
21.
Sekolah
memutuskan untuk pemilihan siswa teladan, siswa A berkemampuan tinggi namun
belum bisa bersosialisasi, sedangkan B prestasinya sedikit di bawah A, namun
mudah bersosialisasi dengan semua orang. Sebagai guru yang anda lakukan adalah
....
A.
Memilih
A dengan mengubah perilaku untuk lebih baik dalam perlombaan
B.
Mengadakan
rapat dan voting untuk menentukan pilihan
C.
Memilih
A karena prestasinya lebih tinggi dari B
D.
Memilih B karena keseimbangan kemampuan akademik dan sosial
E.
Meminta
saran kepada kepala sekolah untuk menentukan pilihan antara keduanya
22.
ICT
merupakan salah satu model pembelajaran yang mensyaratkan berbagai model pembelajaran,
sehingga diperlukan berbagai dalam memilih media yang cocok untuk ICT. Faktor
yang perlu dipertimbangkan adalah kecuali....
A. Faktor alam
B.
Keadaan
sekolah
C.
Jumlah siswa
D.
Lokasi
sekolah
E.
Karakteristik
Siswa
23.
Adanya
perubahan rute perjalanan menjadikan waktu tempuh 2 jam yang semula adalah 1
jam. Dengan kondisi keluarga anda masih terbatas. Sebagai guru yang anda
lakukan adalah ...
A.
Tetap
menjalankan semua pekerjaan sebagai guru dan berterus terang menyampaikan kondisi
pada pimpinan
B.
Meminta
guru lain menjadi rekan mengajar pada ppelajaran yang sama
C.
Meminta
jam mengajar yang sedikit untuk pelajaran yang diampu
D.
Tetap menjalankan tugas sebagai guru dengan senang dan berangkat
lebih awal
E.
Meminta
pimpinan memadatkan jadwal pelajaran dua kali seminggu
24.
Hadits
yang disampaikan oleh sahlun Ibnu Sa’id dari nabi Saw bersabda
Berdasarkan
perawi kualitas hadis tersebut adalah ....
A.
Hasan
Lighairihi
B.
Dho’if
C.
Hasan
D.
Shahih
E.
Shahih
Lighairihi
25.
1. Gambar tempat bersejarah
2. Video peristiwa kerasulan nabi Muhammad
3.
Kartu nama Nabi beserta mukjizatnya
4. Peta dan Globe
5. Buku teks LKS
Media
yang mengatasi keterbatasan ruang,waktu dan tempat ditunjukan pada nomor
A.
3-4-5
B.
4-5-6
C.
1-2-4
D.
2-3-4
E.
1-3-4
26.
Anda mengajukan cuti untuk mengunjungi orang
tua di luar kota bersama keluarga, namun
saat bersamaan kepala sekolah menugaskan anda pelatihan pembekalan model pembelajaran
selama 7 hari, sebagai guru yang anda lakukan adalah ....
A.
Berusaha
mencari alasan agar tidak dapat mengikuti pelatihan
B.
Menolak
secara halus tugas yang diberikan dengan alasan sudah mengajukan cuti
C.
Mengikuti
pelatihan tidak secara penuh dan izin karena ada keperluan keluarga
D.
Mengusulkan
nama teman guru yang lain untuk mengkuti pelatihan tersebut
E.
Menunda mengajukan cuti dan mengikuti pelatihan secara tuntas
27.
Ali
Bin Abi Thalib di suatu peperangan tidak jadi membunuh musuh, ketika hendak
dibunuh musuh itu meludahinya. Kisah Ali Bin Abi Thalib yang mengurungkan niat
membunuhnya. Kisah ini sangat tepat untuk
disampaikan peserta didik supaya ....
A.
Terus
menerus mengabaikan diri mengendalikan emosi agar di peristiwa paling berat.
B.
Terus
menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu meluapkan emosi di
peristiwa paling berat sekalipun.
C.
Terus menerus mengabaikan diri mengendalikan
emosi agar mampu menahan emosi i peristiwa yang sulit sekalipun.
D.
Terus
menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu menahan emosi di peristiwa
yang mudah sekalipun.
E.
Terus menerus menempa diri mengendalikan emosi agar mampu menahan
emosi di peristiwa yang paling sulit sekalipun
28.
Karakteristik
siswa adalah segi-segi latar belakang pengalaman siswa yang berpengaruh
terhadap keefektifan proses belajar. Latar belakang dan pengalaman yang
dimiliki siswa di antaranya kemampuan umum, tingkat kecerdasan, gaya belajar,
motivasi, ekspektasi terhadap belajar, ciri-ciri jasmani serta emosional.
Berikut ini aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik pada tahapan operasional kongkrit ....
A.
Menjelaskan
peristiswa kerasulan Nabi Muhammad Saw melakukan
B.
Mengerjakan
ulangan harian/semester
C.
Memberikan daftar pertanyaan terkait peristiwa kerasulan Nabi
Muhammad
D.
Meresume
biografi Nabi Muhammad
E.
Memberikan
ukuran jarak mil (KM) antara kota Mekah dan Thaif
29.
Dalam surat an-Naml 30-40 dicontohkan pada
Nabi Sulaiman a.s mengingatkan dipindahkannya Singasana (‘Arsy) Ratu Balqis sebelum
Ratu itu datang menyerahkan dan Jin Ifrit menawarkan diri untuk memindahkan
singasana itu sebelum Nabi Sulaiman berdiri. Akan tetapi seorang shahabat Nabi
Sulaiman yang bernama Ashif yang menguasai ilmu al-Kitab menyatakan sanggup
memindahkan singasana itu sebelum Nabi Sulaiman matanya berkedip. Tawaran Ashif
dikabulkan nabi Sulaiaman. Ashifpun membuktikan ucapannya. Kemampuan Ashif
memindahkan istana Ratu Balqis sebelum mata Nabi Sulaiaman berkedip termasuk
....
A.
Amanah
B.
Karamah
C.
Anugerah
D.
Ma’unah
E.
Mukjizat
30.
Pembelajaran contoh dan dampak positif hidup
sederhana dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut ini :
1.
Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk mengamati video tentang contoh dan
dampak positif hidup sederhana yang diterangkan dengan menggunakan alat
komputer dan proyektor.
2.
Pendidik membimbing peserta didik untuk menanyakan tentang aspek yang belum
dikuasai.
3.
Pendidik menjelaskan tentang contoh dan dampak positif hidup sederhana melalui
metode ceramah.
4.
Pendidik membimbing peserta didik untuk menggali contoh dan dampak positif
hidup sederhana dengan memanfaatkan web sebagai bahan untuk belajar. Dari
langkah tersebut, yang termasuk langkah belajar TPACK adalah ....
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
2
dan 4
D.
1 dan 4
E.
1
dan 3
31.
Pembelajaran
adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang
berisi serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk
mempengaruhi dan mendukung proses belajar-mengajar siswa yang bersifat
internal. Yang tidak termasuk siklus kegiatan reflektif pembelajaran adalah
....
A.
Melaksanakan
pembelajaran
B.
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
C.
Tindak
lanjut
D.
Kegiatan
menyusun perencanaan
E.
Membaca buku teks
32.
Pengetahuan
siswa yang diperoleh oleh siswa itu sendiri yang membangun dan mengembangkan
pengetahuannya dari konteks yang terbatas dan sedikit demi sedikit. Pernyataan
tersebut pandangan dasar dari ....
A.
Idealisme
B.
Konstruktivisme
C.
Pragmatisme
D.
Progresivisme
E.
Realisme
33.
Dalam
proses pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik, ada perangkat pembelajaran
sebagai kerangka acuan kegiatan belajar mengajar seperti silabus dan dan RPP.
Perbedaan mendasar antara silabus dan RPP sebagai perangkat pembelajaran
terlihat pada ....
A.
Langkah-langkah pembelajaran
B.
Materi
pokok
C.
Sumber
belajar
D.
Kompetensi
dasar
E.
Penilaian
34.
Dalam kehidupan bidang ekonomi terdapat
hambatan yang disebabkan oleh adanya wabah penyakit yang mendunia. Guru ketika
ditanya oleh siswa tentang hal tersebut jawabannya adalah....
A.
Menggunakan data dari pemerintah sebagai instrumen utnuk menjelaskan
naik turunnya perekonomian Indonesia secara periodik.
B.
Menjelaskan
perkembangan ekonomi Indonesia lebih baik dibanding dengan negara lain, karena
rakyat dapat bantuan langsung
C.
Meminta
siswa mengumpulkan berita ekonomi dari berbagai media dan menyimpulkan
bagaimana posisi perekonomian Indonesia
D.
Mengarahkan
siswa untuk fokus mencermati peluang ekonomi di masa sulit sehingga membantu
masyarakat keluar dari masalah
E.
Memberikan
data naik-turunnya perekonomian Indonesia dan peluang yang mungkin dilakukan
warga negara
35.
Pak
Dedi ingin melihat kemampuan anak dalam mempraktikkan whuduk. Penilaian praktik
whuduk yang tepat dilakukan dengan penilaian....
A.
Tes
lapangan
B.
Jurnal
C.
Essay
D.
Praktik
E.
Demonstrasi
36.
Ketika
guru dapat penugasan di daerah terpencil dari suatu wilayah Indonesia, maka
tindakan yang mencerminkan kecintaan terhadap profesinya adalah ....
A.
Meminta
izin pada keluarga untuk menjalankan tugas
B.
Menjalankan
hobinya menjelajah daerah baru untuk mendapatkan pengalaman
C.
Mempercantik
lingkungan sekolah untuk menambah aktivitas
D.
Memotivasi
siwa untuk berkreasi untuk menghilangkan kejenuhan sehabis belajar ....
E.
Mengajar dengan tekun sebagaimana mestinya
37.
Akhir-akhir
ini banyak ulama yang dipanggil Allah diwafatkan ulama pertanda dicabutnya
ilmu. Sehingga akan semakin berkurang orang yang berilmu yang mampu menuntun
umat ke jalan yang benar. Karenanya tidak aneh dalam hadis yang diriwayatkan
Imam Bukhari dicabutnya ilmu merupakan salah satu di antara ....
A.
Tanda
besar akan datangnya hari kiamat
B.
Tanda kecil akan datangnya hari kiamat
C.
Tanda
perbuatan kecil manusia sepanjang masa
D.
Tanda
akan semakin gelapnya bumi nusantara
E.
Tanda
manusia semakin tak bermoral
38.
Selain
Mesjid Cordoba, Kekhalifahan Bani Umaiyah di Andalusia juga mendirikan
Universitas Cordoba yang terkenal di eropa pada abad pertengahan, sehingga
banyak kalangan non muslim menimba ilmu di universitas tersebut. Ketertarikan
mereka belajar di universitas Cordoba dengan alasan ....
A.
Biaya
kuliah yang sangat terjangkau dan murah
B.
Memiliki ilmuan-ilmuan ternama yang mempuni di bidangnya
C.
Cordoba
merupakan kota tercanggih di masanya
D.
Universitas
Cordoba memiliki bangunan yang indah dan megah
E.
Universitas
Cordoba menawarkan beasiswa pada mahasiswa non muslim
39.
Hadis
dari Hisyam Bin umar berkata :”Telah diriwayatkan oleh Hafs Bin sulaiman
berkata dari Muhammad bin Sirrin berkata dari Anas Bin Malik berkata:
Rasulullah Saw bersabda :
Hadits di atas yang diriwayatkan ibnu majah
tergolong hadis Dho’if karena sanad cacat yaitu ....
A.
Hafs Bin Sulaiman
B.
Anas
Bin Malik
C.
Hisyam
Bin Umar
D.
Ibnu
Majah
E.
Jais
Bin Malik
40.
Perhatikan
kegiatan belajar berkut ini :
1.
Peserta didik menganalisis kisah nabi dalam Alquran
2. Peserta
didik menonton video shahabat nabi
3.
Peserta didik mengidentifikasi hukum yang terdapat dalam surat almujadilah ayat
: 11
4.
Peserta didik menghafal surat Almujadilah
5.
Peserta didik mengamati kisah Luqman dalam Alquran
Yang
tidak termasuk dalam belajar sosial adalah ....
A.
5
dan 1
B.
2
dan 3
C.
3 dan 4
D.
4
dan 5
E.
1
dan 2
41.
Ada tiga
siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran PAI yang anda
ampu. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....
A.
Meminta
siswa dalam kelas membentuk kelompok
belajar sebagai tutor sebaya
B.
Memanggil
orang tua siswa untuk memotivasi anaknya agar lebih giat belajar
C.
Meminta
siswa lain yang nilainya di atas KKM untuk mengajari temannya di kelas
D.
Memberikan pelajaran tambahan kepada siswa yang nilainya di bawah
KKM
E.
Meminta
siswa mengikuti les tambahan di luar sekolah agar nilainya meningkat
42.
Sejak
Masuk islam Abu bakar adalah teladan utama bagi shahabat yang lain, setelah
menjadi khalifah Abu bakar menjadi teladan utama shahabat. Keteladanan abu
bakar merupakan faktor pendukung keberhasilan dakwah. Dari pernyataan di atas
dapat diketahui bahwa keteladanan bukan hanya faktor penentu dakwah tetapi juga
faktor penting
A.
Salbiah
B.
Salimah
C.
Nafsiah
D.
Madrasah
E.
Tarbiyah
43.
Menurut
pedoman kurikulum 2013. Pendekatan pembelajaran mengacu pada pendekatan
saintifik atau dikenal sintak generik, hal ini dimaksud agar peserta didik
terbiasa berpikir logis dan prosedural sesuai dengan tahapan-tahapan ilmiah.
apa saja sintak generik tersebut ?
A.
Menentukan-mencoba-mengamati-mengevaluasi
dan tindak lanjut
B.
Mengumpulkan
informasi-menanyakan- merencanakan-mengevaluasi-menilai
C.
Merencanakan-membuat-
menjalankan-mengamati-mengevaluasi
D.
Mengamati- menanya-mengumpulkan informasi-
mengasosiasi-mengkomunikasian
E.
Mengamat-merencanakan-menjalankan-mengevaluasi-menilai
44.
Nenek
miskin karena sudah tua dan tidak lagi produktif, sementara cucunya berpotensi
mengembangkan kemampuan intelektualnya. Karena itu bentuk pendistribusian zakat
untuk nenek dan cucunya adalah ....
A.
Produktif
konsumtif dan konsumtif tradisional
B.
Produktif
tradisional dan konsumtif tradisional
C.
Produktif
kreatif dan konsumtif tradisional
D.
Produktif
tradisional dan konsumtif kreatif
E.
Konsumtif tradisional dan konsumtif kreatif
45.
Khalifah
merasa sudah cukup dengan pendidikan yang sudah berjalan waktu tersebut, namun
cara cemerlang telah terjadi di masa ini, yang berpengaruh terhadap pendidikan
dan dakwah kaum Muslimin. Khalifah Usman memerintahkan agar Mushaf yang
dikumpulkan di masa Abu Bakar, disalin oleh Zaid bin Tsabit bersama Abdurrahman
Bin Zubair, Zaid Bin Ash. Penyalinan ini dilatarbelakangi oleh perbedaan bacaan
atas dasar laporan Hudzaifah di Yaman.
Berikutnya adalah menyatukan bacaan dengan pedoman apabila terjadi
perselisihan bacaan antara Zaid Bin Tsabit dengan anggota penyusun lainnya,
hendaklah dibaca sesuai lisan Quraisy. Zaid bin Tsabit bukan orang Quraisy
sementara 3 orang lagi adalah orang Quraisy. Penyalinan dan penyatuan Alquran
sangat penting dikemudian hari akan memberikan patokan baku membaca dan menulis
Alquran. Penyalinan Alquran dan cara baca Alquran dikemudian hari dimaknai
sebagai ....
A.
Kontinuitas
tulis baca
B.
Transformasi
tulis baca
C.
Sustanbilitas
tulis baca
D.
Standarisasi tulis baca
E.
Transmisi
tulis baca
46.
Dalam pejalanan Jakarta-Bekasi menempuh
waktu 1 jam 30 menit, namun karena macet perjalanan ditempuh selama 5 jam.
Bagaimana Andi mengatur shalat bila berangkat pukul 11.30. Soal tersebut
merupakan narasi soal Hots level....
A.
Analisis
B.
Pemahaman
C.
Evaluasi
D.
Pengetahuan
E.
Kreasi
47.
Terdapat
keyakinan bahwa tidak ada strategi maupun metodologi dikatan paling tepat dalam
konteks pembelajaran. Pernyataan tersebut membawa konsekuensi bahwa guru harus
....
A.
Memiliki
strategi dan metode pembelajaran berdasarkan tingkat kemudahan dan kesulitan
B.
Mengeksplorasi
kegiatan pembelajaran sesuai perkembangan situasi dan kondisi.
C.
Menerapkan
banyak strategi dan metode dalam pembelajaran
D.
Menerapkan strtaegi dan metode yang sesuai dengan karakteristik
materi dan siswa
E.
Menentukan
strategi dan metoode sesuai dengan karakteristik siswa
48.
Dalam
sebuah hadis, ditegaskan bahwa agama yang paling dicintai Allah adalah agama
yang lurus dan toleransi. Salah satu bentuk aktualisasi pesan dari hadis
tersebut adalah ....
A.
Meyakini
semua agama benar dan perbedaan adalah semu semata
B.
Mempraktikkan keberagamaan inklusif di tengah kebhinekaan
C.
Menganggap
agama sendiri secara ekslusif sebagai agama yang benar
D.
Militansi
beragama dalam gerakan jihad dan dakwah non kompromik
E.
Mempraktikkan
kebebasan absolut sebagai wujud apresiasi HAM
49.
Rasyid telah membai’at sultan sebagai
khalifahnya dan khalifah untuk seluruh umat. Rakyat telah memenuhi
kewajibannya, tetapi khalifah yang telah diangkat tidak berbuat adil terhadap
rakyatnya. Maka Rasyid melakukan makar. Tindakan makar Rasyid ini termasuk ....
A. Melawan penegak keadilan
B. Melawan ketidakadilan
C.
Melawan
hukum
D.
Melawan penguasa yang sah
E.
Melawan
penegak hukum
50.
Arif
meminjam uang ke salah satu bank sebagai modal usaha dengan sistem penanaman
modal bersama untung rugi bersama. Dari sistemnya dapat diketahui bahwa Arif
meminjam ke bank....
A.
Konvensional
B.
Islam
C.
Swasta
D.
Negeri
E.
Rentenir
51.
Khairul
adalah siswa yang Dia adalah anak pertama dari lima bersaudara. Semenjak
ayahnya meninggal dunia sering ia tidak masuk sekolah karena membantu ibunya
bekerja. Bila anda menjadi guru khairul maka yang anda lakukan adalah....
A.
Menasehati
Khairul agar memperioritaskan sekolah dengan baik
B.
Mengumpulkan
dana untuk membantu khairul
C.
Memberikan
solusi cara mendapatkan penghasilan di luar jam sekolah
D.
Meminta
Khairul untuk mengelola waktu sekolah dengan sambil bekerja
E.
Meminta kepada sekolah untuk memberikan beasiswa kepada Khairul
52.
Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah aliyah
dengan materi menterjemahkan ayat-ayat Alquran dan hadis Nabi dalam
pengembangan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran dengan capaian siswa mampu
menyampaikan materi yang telah diajarkan melalui teks bacaan, terjemahan dan
tafsir atau syarah hadis. Metode yang tepat digunakan adalah ....
A.
Tanya
jawab
B.
Menghafal hadis dan terjemahannya
C.
Ceramah
D.
Penulisan
teks hadis
E.
Memberi
harkat pada teks hadis
53.
Arif
merupakan anak yang tepandai di kelasnya. Pada suatu saat arif kesulitan
membayar uang sekolahnya dan uang untuk mengikuti ujian sekolah, karena usaha
orang tuanya mengalami penurunan. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....
A.
Memanggil
orang tua Arif untuk segera membayar uang sekolah agar tetap dapat mengikuti
ujian.
B.
Memberikan
keringan dalam membayar uang sekolah suapay Arif tetap dapat mengikuti ujian.
C.
Melaporkan
kepada Kepala Sekolah tentang keadaan Arif supaya tetap dapat mengikuti ujian.
D.
Membantu
orang tua Arif untuk mencari pinjaman uang kepada koperasi untuk pembayaran
uang sekolah
E.
Mengusahakan bantuan kepada Arif untuk dapat mmembayar uang sekolah
dan megikuti ujian
54.
Mempresentasikan
hasil diskusi siswa dan merespon masukan dari teman sejawat didominasi siswa
pada tingkat MTs dan MA. Hal ini sesuai dengan tahap perkembangan intelektual
yang berada pada operasional formal. Tahapan ini merupakan teori belajar....
A. Sosial
B.
Humanistik
C.
Kognitivisme
D.
Behavioristik
E.
Konstruktivistik
55.
Pengertian
takwil berbeda-beda menurut para ulama. Dari pengertian takwil yang anda telah
pelajari maka dapat disimpulkan bahwa ....
A.
Takwil
terkait ilmu kalam
B.
Takwil
berkaitan dengan ilmu filsafat
C.
Takwil
berkaitan dengan ilmu Riwayah
D.
Takwil berkaitan dengan ilmu dirayah
E.
Takwil
berkaitan dengan ilmu mantiq
56.
Dalam
Materi pembelajaran fikih pada siswa kelas 4 SD ada beberapa siswa yang
mendapatkan nilai melampaui KKM yaitu 70 dan ada yang lebih cepat menyelesaikan
tugas belajarnya dengan teman-teman yang lain, sehingga guru berinisiatif
memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilannya. Kegiatan ini disebut ....
A.
Pengayaan
B.
Akselerasi
C.
Remedial
D.
Pemberian
tugas
E.
Kelas
tambahan
57.
Menghafal
adalah pola pembelajaran konvesional yang masih dilaksanakan dalam kegiatan
pembelajaran akhir-akhir ini ... Stigma menghafal yang sudah sangat melekat pada
mapel PAI merupakan implikasi dari komponen berikut ini kecuali ....
A.
Sumber
belajar yang minimalis.
B.
Kreativitas
guru yang belum menguat
C.
Strategi
yang kurang variatif
D.
Media
pembelajaran yang minim
E.
Cakupan materi yang luas
58.
Guru sebagai satu kesatuan dalam sistem
sekolah, maka ketika diundang rapat kenaikan kelas, hendaknya dapat ....
A.
Memperjuangkan
semua siswa untuk dapat naik kelas karena perkembangan siswa tidak sama
B.
Menjaga
netralitas dengan menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan bersama
C.
Mengikuti
keputusan kepala sekolah untuk naik atau tidaknya siswa dalam satuan jenjang kelas
D.
Ikut memberikan pertimbangan dalam memutuskan naik atau tidaknya
siswa
E.
Bertanggung
jawab atas siswa yang berada di bawah perwaliannya
59.
Suatu
ketika seorang guru mengajak siswa-siswanya untuk mengamati panen kayu di hutan
yang tidak jauh dari sekolah. Pemahaman yang paling penting untuk disampaikan
kepada siswa terkait dengan kegiatan itu adalah ....
A.
Perlunya melakukan peremajaan tanaman di hutan setelah kayu di panen
B.
Kayu
hasil panen diolah menjadi produk ekspor berkualitas
C.
Kayu
hasil panen dijual dalam bentuk produk olahan yang bermanfaat
D.
Perlunya
dilakukan panen kayu secara bertahap supaya lahan tidak gundul
E.
Kayu
hasil panen perlu dihemat penggunaannya agar tidak cepat habis
60.
Perhatikan
potongan RPP pada kegiatan langkah pembelajaran sebagai berikut. (1) Kegiatan
diawali memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi seputar
perkembangan Islam. Memberikan informasi tujuan dan manfaat pembelajaran yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Kegiatan inti siswa membaca berbagai
referensi sejarah perkembangan Islam. Siswa mengamati perkembangan Islam dan membuat
bagan perkembangan Islam. Penyusunan bagan dan saling mengomentari. (3)
Kegiatan akhir tanya jawab tentang materi. Guru memberikan tugas untuk mencari
pengertian sejarah untuk pertemuan selanjutnya. Berdasarkan langkah kegiatan
RPP di atas, maka kompetensi dasar yang akan dicapai adalah ....
A.
Menyebutkan
perkembangan Islam
B.
Memahami perkembangan Islam
C.
Menjelaskan
dan mempraktikkan perkembangan Islam
D.
Mempraktikkan
perkembangan Islam
E.
Menjelaskan
perkembangan Islam
61.
Guru mengamati kemampuan merumuskan
kisah-kisah nabi dan rasul masih sangat lemah. Cara memutuskan untuk memberikan
tindakan perkembangan dengan menggunakan video. Rumusan masalah yang tepat pada
penelitian tindakan di atas adalah ....
A.
Mengapa
siswa lebih suka melihat video daripada penjelasan guru ?
B.
Bagaimana
media video yang baik untuk pemahaman siswa terkait pembelajaran kisah nabi dan
Rasul ?
C.
Apakah penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan memahami
kisah nabi dan Rasul ?
D.
Apakah
melihat video lebih penting daripada penjelasan guru ?
E.
Seperti
apa penjelasan guru agar dapat didengarkan siswa
62.
Perkembangan
peserta didik di dalam pembelajaran, sementara memiliki perbedaan dalam hal
intelektual, moral, emosional dan sosial. Ada kaitannya dengan materi PAI, tidak
semua peserta didik dapat memahami dan mengerti dari apa yang disampaikan guru,
salah satunya kisah keteladanan Nabi Muhamad. Peristiwa kerasulan Nabi Muhammad
akan dipahami secara kongkrit bila guru ....
A.
Mengajarkan
buku kisah Nabi Muhammad
B.
Menjelaskan
dalil kerasulan nabi Muhammad
C.
Menyediakan model gambar/video
D.
Mengadakan
story tealing
E.
Meminta
peserta diidik untuk mempresentasikan
63.
Setelah
Abu Bakar, istrinya Ummu Rumman kemudian menjadi muallaf. Semua anak Abu Bakar
enerima ajaran Islam kecuali abdurahman bin abu Bakar yang menjadi seorang
muslim setelah perjanjian Hudaibiyah. Tidak segeranya abdurrahman masuk islam,
dia ingin memastikan bahwa masuk Islam bukan karena keterpaksaan. Pernyataan di
atas dapat disimpulkan masuk Islamnya Abdurrahman didasarkan pada ....
A.
Dipaksa
oleh ayahnya
B.
Dimotivasi
oleh lingkungan keluarga
C.
Dipaksa
oleh orang lain
D.
Keyakinan dan pilihan ia sendiri
E.
Dimotivasi
oelh saudar-saudaranya
64.
Islam
di Indonesia juga dibawa oleh pedagang dari Arab. Para pedagang Arab ini
terrlibat aktif dalam penyebaran Islam ketika mereka mendominasi perdagangan
Barat Timur sejak Abad ke 7 dan 8 Masehi. Asumsi didasarkan pada sumber-sumber
China yang menyebutkan bahwa menjelang abad ke 7 seorang pedagang Arab menjadi
pemimpin pemukiman Arab Muslim di pesisir ....
A.
Barat
Jawa
B.
Timur Sumatera
C. Timur jawa
D. Barat Sumatera
E.
Barat
Sulawesi
65.
Ketika guru mengajar di suatu kelas ada siswa
pertukaran pelajar dari negara lain dan saat itu ada siswa yang tidak mau
berkenalan dengannya, karena kurang terampil menggunakan bahasa Inggris. Maka
guru meminta siswa tersebut untuk
A.
Meminta
guru bahasa Inggris memperbanyak percakapan
B.
Ikut
berkelompok dengan teman lain untuk saling mengenal
C.
Memberi
catatan kurang pergaulan dalam aspek sikap sosial
D.
Belajar bahasa Inggris dengan lebih tekun dan giat
E.
Meminta
teman sebangku membelajarkan bahasa Inggris
66.
Setelah
mempelajar rukun-rukun Haji, kewajiban-kewajiban haji, serta sunnah-sunnah
dalam ibadah haji. Menurut kalian apa
yang membedakan manasik-manasik haji sehingga masuk kategori yang berbeda-beda
rukun, wajib dan sunnahnya ? ini adalah contoh soal HOTS untuk ....
A.
Memahami
B.
Mengkritis
C.
Mengetahui
D.
Mengevaluasi
E.
Menganalisis
67.
Pengetahuan
siswa diperoleh oleh siswa sendiri yang membangun dan mengembangkan
pengetahuannya dari konteks yang terbatas dari sedikit demi sedikit. Pernyataan
tersebut merupakan pandangan dasar dari....
A.
Idealisme
B.
Konstruktivisme
C.
Pragmatisme
D.
Progresivisme
E.
Realisme
68.
Shahabat
Bilal Ra baru saja terlepas dari siksaan kaumnya. Hampir sekujur tubuhnya
terluka dan melepuh, melihat kondisi Bilal Rasululla memeluknya. Dipeluk
rasulullah shahabat Bilal terharu dan terasa langsung sembuh. Pelukan
Rasulullah perlu direkomendasikan karena sebagai bukti ....
A.
Ketabahannya
menerima cobaan
B.
Kasih sayang
C.
Kerasulannya
D.
Ketegaran
imannya
E.
Tanggung
jawabnya
69.
Penulisan
karya ilmiah harus menggunakan kaidah keilmuan dan istilah-istilah akademik
dari bidang penelitian si penulis .... Manfaat karya tulis ilmiah yang baik
adalah ....
A.
Memiliki
manfaat yang kontekstual
B.
Memiliki
manfaat personal
C.
Memiliki
manfaat yang dinamis
D.
Memberikan
manfaat individual dan sosial
E.
Memiliki manfaat teorits dan praktis
70.
Lebih
dari setengah siswa dari 30 siswa memperoleh nila rendah tentang materi
pembelajaran meneladani Nabi Ayub dikarenakan pembelajarannya terlalu verbalisme.
Tindakan atau intervensi apa yang tepat diberikan guru untuk meningkatkan hasil
belajar....
A.
Menggunakan
media gambar
B.
Menggunakan strategi sosiodrama
C.
Membaca
bersama
D.
Ceramah
E.
Demonstrasi
di depan kelas
71.
Dalam
suatu diskusi kelompok pada pembelajaran PAI, dari lima kelompok hanya ada satu
kelompok yang melaksanakan diskusi dengan baik. Kelompok lainnya tidak
menguasai materi untuk dijawab masalah yang didiskusikan. Pada atu kelompok
yang aktif mereka terdiri atas peserta didik yang paling pintar di kelas.
Berdasarkan sajian data tersebut untuk memperbaiki agar semua kelompok dapat
berdiskusi dengan bak adalah ....
A.
Guru
memberi hadiah kepada kelompok yang aktif agar kelompok lain termotivasi
mendapatkan hadiah yang sama dengan kelompok yang aktif
B.
Memisahkan
kelompok aktif keluar kelas agar kelompok yang tidak aktif merasa tidak rendah
diri
C.
Guru
menyemangati kelompok yang tidak aktif dengan berteriak yel-yel:”Semangat maju
terus pantang mundur, kita kelompok hebat
D.
Dilakukan perubahan angota kelompok agar peserta didik pintar tidak
mengumpul pada satu kelompok
E.
Memberi
tuga kepada seorang peserta didik yang dianggap paling menguasai masalah untuk
berkeliling ke setiap kelompok untuk menjelaskan cara menyelesaikan masalah
72.
Buk
Risdawati menterjemahkan dan menafsirkan Q.S an-Nur/24 ayat 22 yang artinya
:”dan hendaklah mema’afkan dari berlapang dada. Dan apakah kamu tidak suka
Allah mengampunimu ? dan Allah maha
pengampun dan maha penyayang. Asbabun Nuzul ayat di atas berkaitan dengan sifat
shahabat Abu Bakar yaitu sifat ....
A.
Kebenaran
B.
Kejujuran
C.
Pema’af
D.
Pendendam
E.
Kedermawaan
73. Setelah mendengarkan uraian Buk Elmawati terhadap ayat Alquran yang
berbunyi
أَلَا
إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
maka peserta didik
menyimpulkan bahwa wali Allah adalah
A.
Orang yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersedih
hati
B.
Orang
yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersuka ria
C.
Orang
yang beriman yang lagi berasa khawatir dan tiada bersedih hati
D.
Orang
yang beriman yang merasa khawatir dan bersedih hati
E.
Orang
yang beriman yang tidak merasa khawatir dan tiada bersenang hati
74.
Anki
memiliki masalah dalam hidungnya. Ada aroma yang tidak sedap keluar dari
hidungnya, karenanya dia ingin melakukan operasi terhadap hidungnya supaya
tidak mengeluarkan aroma yang tidal sedap. Keinginan andi termasuk...
A.
Takdir
buruk
B.
Takdir
mubram
C.
Takdir
baik
D.
Takdir
muhram
E.
Takdir muallaq
75.
Siswa
SD kelas akhir diberikan target untuk dapat mengerjakan shalat sesuai dengan
rukun-rukunnya namun masih perlu pembiasaan di sekolah maupun di rumah. Teknik
pengumpulan data yang dapat disajikan dari deskripsi di atas adalah ....
A.
Studi
kasus
B.
Studi
lapangan
C.
Wawancara
D.
Triangulasi
E.
Observasi
76.
Anak seorang tokoh yang dihormati di
lingkungan sekitar sekolah melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Tindakan
yang tepat dilakukan seorang guru adalah ....
A.
Memberi
peringatan untuk tidka melakukan pelanggaran di kemudian hari
B.
Memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan tata tertib yang berlaku
di sekolah tersebut
C.
Melaporkan
tindakan anak kepada orang tuanya agar dibina oleh orang tuanya
D.
Memberikan
sanksi yang lebih berat karena menurunkan martabat orang tuanya
E.
Memberi
sanksi yang lebih ringan karena jasa orang tuanya terhadap sekolah
77.
Buk
Denni Mardhatillah menjelaskan tentan lurus dan rapatnya shaf dalam shalat pada
siswa. Pembelajaran yang tepat pada hai itu adalah ....
A.
Siswa
diberi kesempatan untuk melihat ceramah terkait hal tersebut
B.
Siswa
diberi kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya
C.
Guru
menjelaskan referensi sebanyak mungkin agar siswa memahaminya
D.
Guru dan siswa melakukan diskusi untuk mencari jawaban terkait
permasalahan tersebut
E.
Guru
menyebutkan satu referensi agar siswa tidak bingung
78.
Buk Ratna Wilis Seorang guru SKI diharapkan
mengimplementasikan pembelajaran holistik dengan tujuan untuk menghasilkan
Kemampuan tersebut merupakan ciri dari....
A.
Mengamati
B.
Berpikir
C.
Kesetaraan
gender
D.
Kemandirian
E.
79.
Guru
yang lebih senior membimbing sekelompok siswa untuk mengikuti lomba cerdas
cermat. Anda mencermati adanya kekurangan pembimbingan yang berakibat tidak
maksimalnya hasil lomba. Tindakan yang dapat anda lakukan dalam kondisi seperti
itu adalah ....
A.
Meminta
kepada sekolah menugaskan anda turut membimbing dalam latihan untuk lomba
B.
Mempertimbangkan
rasa segan anda membiarkan persipan itu sesuai rencana yang disiapkan guru
pembimbing
C.
Menyampaikan usulan kepada guru pembimbing untuk berdiskusi terkait
kekurangan dalam melakukan persiapan
D.
Anda
mencari kesempatan lain untuk membantu siswa tanpa sepengetahuan dosen
pembimbing senior tersebut
E.
Anda
menyampaikan kekurangan tersebut dan meminta izin membantu membimbing secara
langsung
80.
Perhatikan
hadis di bawah ini !
Hadis di atas menyampaikan bahwa keutamaan seorang
ahli ilmu dan ahli ibadah adalah....
A.
Matahari
dengan cahaya bulan purnama
B.
Bulan purnama dengan cahaya bintang-bintang
C.
Matahari
dengan cahaya bintang-bintang
D.
Bintang-bintang
dengan cahaya bulan purnama
E.
Matahari
dengan planet-planet
81.
Materi
pembelajaran yang diberikan guru ditampilkan kontekstual dengan perkembangan
zaman. Ibu Zaharmi mengajak anak untuk dapat berpikir logis dan rasional. Di
bawah ini kegiatan diskusi kelompok tercermin pada ....
A.
Guru
dan siswa berdiskusi bersama
B.
Siswa
mengajukan pertanyaan kepada guru
C.
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab terstruktur dalam pengawasan guru
D.
Guru
ditemani siswa berdiskusi
E.
Guru
memberikan permasalahan dan siswa mendiskusikannya dalam kelompok dalam
pengawasan guru
82.
Dikisahkan
bahwa ada seorang pemuda Bani Israil yang telah membunuh 100 orang. Oleh
seorang ulama disarankan untuk hijrah ke kampung taubat agar dia benar-benar
dapat bertaubat disana. Berangkatlah ia ke kempung taubat itu. Namun ditengah
perjalannya dia meninggal dunia. Setelah diukur, ternyata posisinya hanya
selisih satu meter lebih jauh dari tempatnya berangkat dibanding dari tempat
taubat yang hendak ia tuju, walhasil taubatnya di terima. Atas dasar kisah ini
peserta didik menyimpulkan bahwa tetap dibuka pintu taubat kepad pembunuh 100 orang
itu membuktikan....
A.
Allah
itu maha luas
B.
Alla
maha Syukur
C.
Allah
itu maha kasih
D.
Allah
itu maha kuasa
E.
Allah
itu maha baik
83.
Ayah Budi sudah bertahun-tahun berpenyakit
parah. Berulang kali ayah Budi di bawa berobat kedokter langganannya. Bagi Budi
sakit parah ayahnya tidak otomatis berkaitan dengan ajal ayahnya. Dia melihat
banyak orang sudah bertahun-tahun sakit parah belum juga dipanggil Allah, namun
tidak sedikit yang disinyalir segar bugar ternyata telah tiba ajalnya.
Karenanya Budi tidak berputus asa membawa ayahnya berobat ke dokter, meski
tetap yakin bahwa hidup dan mati ayahnya merupakan bagian ....
A.
Takdir
buruk
B.
Takdir
Mubram
C.
Takdir
Muallaq
D.
Takdir
baik
E.
Takdir
Muhram
84.
Soal
yang baik adalah soal yang sesuai dengan KI dan KD serta indikator yang dibuat
dalam pembelajaran. Untuk melihat kesesuaian tersebut maka soal harus diperiksa
kembali keabsahan dan kesesuaiannya dengan KI, KD dan IPK. Pengecekan tersebut
untuk menguji....
A.
Kesukaran
B.
Konsistensi
C.
Reliabilitas
D.
Validitas
E.
Keajegan
85.
1.
Observasi
2.
Studi dokumentasi
3.
Angket
4.
Wawancara
5.
Tes Uraian
6.
Sosiometri
7.
Unjuk kerja
8.
pilihan ganda
9.
Portopolio
Jenis
penilaian yang tidak digunakan dalam penilaian afektif dan psikomotor adalah
A.
1
dan 8
B.
2
dan 9
C.
5
dan 8
D.
3
dan 5
E.
4
dan 6
86.
Ketika
banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib tentang penggunaan seragam
sekolah. Tindakan yang dapat dilakukan guru adalah ....
A.
Memberi
sanksi teguran sesuai bnetuk tata tertib
B.
Tetap
memberikan kesempatan belajar bersama delam kelas
C.
Meminta
siswa menjelaskan kenapa tidak memakai seragama sekolah
D.
Meminta
wali kelas mencatat pelanggaran siswa dalam jurnal
E.
Meminta
siswa belajar mandiri di perpustakaan sebaga hukuman
87.
Salah
satu siswa di kelas mencontek waktu ulangan, padahal siswa adalah anak dari
tetangga anda. Sebagai guru yang anda lakukan adalah ....
A.
Meminta
siswa untuk menghadap dan menulis pernyataan tidak akan mengulanginya
B.
Meminta
siswa menemui guru setelah ulangan serta memberinya nasihat
C.
Meminta
siswa menghadap setelah ulangan selesai dan memberikan tugas tambahan
D.
Mengingatkan
kembali kepada semua siswa agar jujur dalam mengerjakan ujian
E.
Mencatat
tidnakan-tindakan siswa yang mencontek ketika ulangan dalam berita acara
88.
Soal-soal yang dibuat dengan mempertimbangkan
KI dan KD serta IPK maka akan disesuaikan pada tes yang akan diberkan untuk
melihat capaian pembelajaran yang dilakukan.
Membuat
deskripsi dari hasil capaian siswa dalam soal unjuk kerja biasanya
menggunakan....
A.
Skala
interval
B.
Skala
verbal
C.
Skala
nominal
D.
Skala
Rating
E.
Skala
Ordinat
89.
Buk
Elmawati membelajarkan pebiasaan sifat bijaksana dengan membimbing peserta
didik untuk menyusun cerita yang bertema dampak positif perilaku bijaksana,
kemudian mereka secara kelompok mendiskusikannya. Deskripsi tersebut
menggambarkan pendekatan pembelajaranyang tepat sesuai dengan k.13 dan
perkembangan abad 21, yaitu :
A. Discovery learning
B. Project Based Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry Learning
E.
Contekstual
teaching Learning
90.
Dalam
pembelajaran PAI peserta didik dikelompokan menjadi dua kelompok besar.
Kelompok A menjadi kelompok di dalam lingkaran dan kelompok B berada di luar
lingkaran. Masing-masing kelompok menceritakan kembali tentang peta konsep yang
sudah disusun secara bergantian. Berdasarkan narasi tersebut sedang
mengimplementasikan teknik belajar ....
A.
Think
pair Share
B.
NHT
C.
Jigsaw
D.
STAD
E.
Inside
dan outside circle
91.
Buk
Rahmawati melakukan kegiatan belajar yang mengikuti perkembangan teknologi
informasi menuntut adanya pembelajaran online di samping pembelajaran tatap
muka. Maka Buk Rahmawati telah melakukan pembelajaran yang disebut....
A.
Game
Learnig
B.
Blended
Learning
C.
Discovery
Learning
D.
Inquiry
Learning
E.
Project
Learning
92.
Di antara tanda har kiamat adalah munculnya
kabut asap yang menyelimuti Muslim dan non muslim. Di sebagian wilayah
Indonesia sering terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan kerugian semua pihak.
Kabut asap bukan saja menyelimuti wilayah Indonesia tetapi juga wilayah manca
negara. Kabut asap dalam sebagian wilayah indonesia merupakan ....
A.
Bukan
tanda datangnya kiamat sughra
B.
Bukan
tanda datangnya kiamat Kubra
C.
Tanda
akan datangnya kiamat kubra
D.
Tanda
datangnya kiamat kubra dan sughra
E.
Tanda
datangnya kiamat sughra
93.
Ibnu
Maskawaih dalam kitabnya tahzib al-akhlak mengatakan bahwa akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu perbuatan
tanpa melalui pertimbangan fikiran terlebih dahulu.Di sini Ibnu Maskawaih
menyatakan tentang keadaan jiwa bukan keadaan perbuatan. Dari deskripsi di atas
dapat diambil kesimpulan bahwa....
A.
Akhlak
itu dipandang baik dan buruk tergantung jiwa yang membangunnya
B.
Akhlak
hanya berkaitan dengan respon jiwa tidak ada kaitannya dengan perbuatan
lahiriah
C.
Akhlak
tidak ada kaitan dengan respon jiwa dikarenakan yang dinilai seseorang bukan
jiwanya tetapi perbuatannya
D.
Akhlak
titik tekannya lebih berkaitan dengan respon jiwa bukan pada perbuatan
lahiriah.
E.
Akhlak
hanya berkaitan dengan respon jiwa meski tidak ada perbuatan lahiriahnya
94.
Banyak
keputusan yang diambil Umar bin Khattab. Penyebaran dakwah dilaksanakan seiring
perluasan wilayah Islam dan banyak orang yang memeluk Islam, meski ada sebagian
yang membenci Islam. Umar bin Khattan memerntahkan dengan tegas dan disiplin,
rakyat maupun pegawainya akan dihukum bila bersalah. Pada akhir jabatannya
timbul gejala ketidakpuasan terhadap
kebijakan-kebijakannya, tertama yang berkaitan dengan pembagian harta rampasan
perang yang dinilai tidak adil, tetapi hingga akhir hayatnya tidak ada
seorangpun yang berani mengutarakan secara terang-terangan kata hati mereka
yang tidak puas itu hal ini karena ketegasannya dan kepentingan rakyat dan
bukan untuk kepentingan pribadi. Penyebab masyarakat tidak berani protes
terhadap kebijakan-kebijakan pembagian harta rampasan perang pada masa Umar bin
Khattab adalah ....
A.
Wibawanya
B.
Pemaksaannya
C.
Keberaniannya
D.
Ketegasannya
E.
Kekuasaannya
95.
Setelah
melakukan PTK guru dituntut untuk dapat menulis laporannya. Dalam penyusunan
laporan PTK tersebut perlu mengikuti garis besar sistematika umum yang digunakan. Hal ini untuk memudahkan penulisan
laporan. Langkah-langkah penyusunan proposal PTK yang benar adalah ....
A.
Menentukan
judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, menentukan metode penelitian
dan menyusun instrumen penelitian
B.
Menentukan
masalah penelitian, menyusun latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, menetukan teori pendukung, kerangka berpikir dan
hipotesis tindakan, menentukan metode penelitian dan instrumen penelitian
C.
Menentukan
judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, menentukan metode
penelitian, menyusun instrumen penelitian, tujuan dan manfaat penelitian
menentukan teori pendukung
D.
Merumuskan
judul penelitian, menyusun latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan
manfaat penelitian, menentukan teori pendukung, kerangka berpikir, hipotesis
tindakan, menentukan metode penelitian, dan menyusun instrumen penelitian
E.
Menentukan
judul penelitian, menyusun latar belakang masalah dan hasl
96.
Seperti
kebijakan pajak yang berlaku pada masa Umar bin Khattab yang telah membagi
masyarakat kedalam dua kelompok yaitu kelompok wajib pajak : buruh, petani dan
pedagang. Kelompok pemungut pajak : pegawai pemerintah, tetntara dan elit
masyarakat. Hal ini menjadi kecenderungan rakyat ingin bergabung menjadi
tentara sebagai profesi. meskipun pajak digunakan untuk kepentingan sosial
seperti pembangunan sarana prasarana sosial, tetapi pajak itu lebih banyak
dirasakan oleh masyarakat dan penakhluk. Dari sinilah tentara mengambil peranan
penting dalam mempengaruhi elit masyarakat dan penakhluk untuk memungut pajak
yang berasal dari rakyat wajib pajak. Pada saat yang sama tentara mempunyai
kedudukan penting di kalangan wajib pajak dan para pemungut pajak. Secara
otomatis pamor tentara naik dan disukai. Pada saat terjadinya kesadaran wajib
pajak dan pemungut pajak, sekelompok masyarakat yang diuntungkan lantaran
prestisenya yakni ....
A.
Tentara
B.
Tokoh
Agama
C.
Wajib
Pajak
D.
Elit
Masyarakat
E.
Rakyat
Jelata
97.
Siswa
mampu melakukan membaca surat alfatihah. Deskriptor penilaian
1.
Membaca
dengan makhrijul huruf
2.
Membaca
dengan tajwid
3.
Membaca
dengan panjang pendek
4.
Membaca
dengan tahsin
5.
Membaca
dengan tartil
Uraian di atas merupakan penilaian untuk ....
A.
Unjuk
kemampuan
B.
Tes
Essay
C.
Unjuk
Kinerja
D.
Potofolio
E.
Diskusi
98.
Kegiatan
pembelajaran yang melibatkan secara maksimal kemampuan siswa untuk mencari dan
meyelidiki sesuatu (benda, manusia dan peristiwa). Secara sistematis, logis,
analisis dan ktitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya
dengan penuh percaya diri.
Di
atas merupakan langkah dan strategi pembelajaran .....
A.
Inquiry
learning
B.
Proble
Based Learning
C.
Project
Based Learning
D.
Brain
Bassesd Learning
E.
Give
Investigasi
99.
Pada suatu pembelajaran Akidah Akhlak,
diketahui guru membimbing peserta didik dengan langkah berikut
1.
Guru
menjelaskan suatu konsep dan contoh yang dipelajari peserta didik
2.
Guru
meminta peserta didik mengumpulkan contoh-contoh lain dari konsep yang
dipelajari
3.
Guru
meminta peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengaitkan konsep
yang dipelajari serta contoh-contohnya dengan akibat-akibat yang muncul
Langkah-langkah tersebut menggambarkan pembelajaran PAI yang
menerapkan kecakapan berikut ini :
A.
Kreatif
dan kolaboratif
B.
Kritis,
kreatif dan kolaboratif
C.
Kreatif
dan komunikatif
D.
Kritis
dan kolaboratif
E.
Probling
solving dan komunikatif
100.
Sejak
dibuka secara resmi tahun 2014, sudah sekita dua puluh ribu warga Australia
menginjungi Islamic Museum Australia. Akan tetapi data warga asli Australia
yang memeluk Islam belum ada
Tampaknya,
d antara penyebabnya adalah ....
A.
Banyaknya
lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas
B.
Banyaknya
lembaga pendidikan Islam yang lebih representatif dan berkualitas
C.
Masih
sedikit lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas
D.
Belum
adanya lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas
E.
Belum
banyak lembaga pendidikan Islam yang representatif dan berkualitas
101.
Ketuntasan
belajar merupakan pencapaian hasil belajar yang ditetapkan dengan ukuran atau
tingkat pencapaian kompetensi yang menandai dan dapat diipertanggung jawabkan
sebagai prasayarat penguasaan kompetensi lebih lanjut. Pada kompetensi belajar
pada tentang sifat-sifat shahabat
Rasulullah. Ketuntasan belajarnya adalah ....
A.
Menghafal
sifat-sifat shahabat Rasulullah
B.
Menyebutkan
sifat-sifat shahabat Rasulullah
C.
Memahami
sifat-sifat shahabat Rasulullah
D.
Mendiskusikan
sifat-sifat shahabat Rasulullah
E.
Mendemonstrasikan
sifat-sifat shahabat Rasulullah
102.
Indikator
yang dicapai dalam pembelajaran merupakan hasil belajar yang diraih siswa.
Indikator yang mengambarkan karakteristik keberhasilan siswa kemudian
dikonversi dalam angka. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dari ....
A.
Pengukuran
B.
Tes
Formatif
C.
Evaluasi
D.
Pemberian
Skor
E.
Asesmen
103.
Bu
Imis Mukhtar membacakan sebuah hadis di bawah ini yang diriwayatkan imam
Bukhari dan Imam Muslim
Kandungan hadis yang disampaikan ibu Imis Mukhtar di atas adalah
....
A.
Iman
dan malu akan melahirkan ketidaksuksesan
B.
Adanya
rasa iman karena ada rasa malu
C.
Malu
merupakan hakikat keimanan
D.
Iman
diwujudkan hanya dengan rasa malu
E.
Adanya
rasa malu karena adanya iman
104.
Pak
Junaidi Panusunan berkisah tentang pengorbanan Habil dan Qabil. Waktu itu
pengorbanan Habil dan Qabil berdasarkan profesi. Habil yang berprofesi sebagai
peternak mengorbankan hewan ternak terbaik. Sementara Qabil yang berprofesi
sebagai petani mengorbankan hasil pertaniannya tetapi yang tidak baik melainkan
yang tidak berkualitas. Hasilnya kurban Habil diterima dan kurban Qabil di tolak Allah. Akhirnya
Qabil dengki kepada Habil dan bersumpah membunuhnya. Sebelum dibunuh menyatakan
bahwa Allah hanya menerima kurban dari hamba yang bertakwa. Dengan kata lain
hanya kurban orang yang beriman yang diterima oleh Allah.
Berdasarkan kisah di atas pak Junaidi dapat menegaskan bahwa
A.
Basis
berkurban beramal shaleh sesuai dengan profesinya
B.
Basis
berkurban beramal shaleh adalah keimanan
C.
Basis
berkurban beramal shaleh adalah kejujuran
D.
Basis
berkurban beramal shaleh adalah menyembelih hewan kurban
E.
Basis
berkurban beramal shaleh adalah keta’atan
105.
Untuk memberikan ilustrasi bahwa wilayah
Indonesia terdiri atas ribuan pulau dengan lautan yang luas membentang di garis
khatulistiwa sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa dan negara pak Almasri
perlu menekankan pada ....
A.
Memberikan
kesempatan pada putra-putri daerah memilih pendidikan yang bermutu di seluruh
wilayah Indonesia
B.
Pembangunan
infrastruktur yang seimbang anatara pusat dan daerah sehingga mastyarakat
sejahtera
C.
Kemajuan
pendidikan yang merata untuk semua pulau agar masyarakat dapat menikmati hasil
pembangunan
D.
Memberikan
kesempatan kepada tokoh-tokoh agama dan adat untuk membina persatuan dan
kesatuan bangsa
E.
Pola
kehidupan bersama masyarakat maritim Indonesia yang sanggup memanfaatkan
kekayaan alam
106.
Dalam
Alquran terdapat ayat muhkam dan mutasyabihat. Dari ayat berikut ini yang
termasuk ayat muhkam adalah....
A. |
وَالسَّارِقُ
وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوْٓا اَيْدِيَهُمَا جَزَاۤءًۢ بِمَا كَسَبَا نَكَالًا
مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ |
B. |
فَاطِرُ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ
الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ |
C. |
وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ |
D. |
الرَّحْمَٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ |
E. |
يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ |
0 komentar:
Post a Comment