ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
FASE F (KELAS XI
SMA/SMK)
A.
CAPAIAN BELAJAR BERDASARKAN DOMAIN
DOMAIN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
(DESKRIPSI) |
Al-Qur’an-Hadis |
Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an
dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya
berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi,
toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan
moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa
berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara
kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama
adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis,
kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi,
toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung
jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik
kepada Allah Swt. Dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan
moderasi dalam beragama. |
Akidah |
Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara
iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam;
mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat
ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran
agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat,
memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah,
konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat |
Akhlak |
Peserta didik dapat memecahkan masalah
perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam;
menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam, menganalisis dampak
negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari
hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; Mempresentasikan cara
memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya, minuman
keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam
Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam
kehidupan sehari hari; Meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian
antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras
kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat
memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap
inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama; Membiasakan sikap
taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling
menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati. |
Fikih |
Peserta didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah,
tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep
ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh dan
dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad;
menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam
Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum
Islam; membiasakan sikap menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn, komitmen,
bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu
pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat |
SPI: Sejarah
Peradaban Islam |
Peserta didik mampu menganalisis peran dan
keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia,
perkembanganperadaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam
di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar
ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran
ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh
ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam
pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan
organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap gemar
membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar
kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam rahmat li
al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama. |
B.
PENURUNAN CAPAIAN DOMAIN MENJADI TUJUAN PEMBELAJARAN
PER DOMAIN
Domain : Al-Qur’an dan Hadis
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase F, dalam aspek Al-Qur’an dan Hadis,
peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis,
ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia,
musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan
pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical
thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan
manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan
teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah
air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin
tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat
kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan
selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah,
cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.
Materi |
Berfikir Kritis, Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi |
Modul |
JP |
A.1. |
menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu
pengetahuan dan teknologi |
1 |
2 |
A.2. |
mempresentasikan
pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical
thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi |
1 |
3 |
A.3. |
membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir
kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama |
1 |
3 |
A.4. |
membiasakan
sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi |
1 |
1 |
Materi |
Toleransi, Memelihara Kehidupan Manusia |
Modul |
JP |
A.5. |
menganalisis
ayat Al-Qur’an dan hadis tentang memelihara kehidupan manusia |
2 |
2 |
A.6. |
mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang
pentingnya toleransi, memelihara kehidupan manusia |
2 |
3 |
A.7. |
membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi, memelihara kehidupan
manusia adalah ajaran agama |
2 |
3 |
A.8. |
membiasakan sikap toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat
kebangsaan, dan tanggung jawab |
2 |
1 |
Materi |
Musibah,
Ujian |
Modul |
JP |
A.1. |
menganalisis ayat Al-Qur’an dan hadis tentang ujian dan musibah |
1 |
2 |
A.2. |
mempresentasikan
pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang ujian dan musibah |
1 |
3 |
A.3. |
membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa ujian dan
musibah adalah ajaran agama |
1 |
3 |
A.4. |
membiasakan
sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada
Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah |
1 |
1 |
Materi |
Cinta Tanah Air, dan Moderasi Beragama |
Modul |
JP |
A.5. |
menganalisis
ayat Al-Qur’an dan hadis tentang cinta tanah air dan moderasi beragama |
2 |
2 |
A.6. |
mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis cinta tanah air
dan moderasi beragama |
2 |
3 |
A.7. |
membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa cinta tanah air dan moderasi beragama
adalah ajaran agama |
2 |
3 |
A.8. |
membiasakan sikap cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama |
2 |
1 |
Domain : Aqidah
Pada akhir fase F, dalam aspek akidah, peserta didik
menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan,
serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang
cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa
cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama; membiasakan
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup
aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin
tahu dan pembelajar sepanjang hayat.
Materi |
Cabang-cabang Iman |
Modul |
JP |
B.1. |
menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan |
3 |
2 |
B.2. |
mempresentasikan
tentang cabang-cabang iman |
3 |
4 |
B.3. |
meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan adalah ajaran agama |
3 |
2 |
B.4. |
membiasakan
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan,
menutup aib orang lain, jujur |
3 |
1 |
Materi |
Ilmu Kalam |
Modul |
JP |
B.1. |
Menganalisis
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam |
3 |
2 |
B.2. |
Mempresentasikan dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam |
3 |
4 |
B.3. |
Meyakini
bahwa dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama |
3 |
2 |
B.4. |
Membiasakan sikap peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai,
rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat |
3 |
1 |
Domain : Akhlak
Pada akhir fase F, dari aspek akhlak, peserta didik
dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan
narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam,
menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam
kehidupan sehari hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; Mempresentasikan
cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya,
minuman keras (miras), dan narkoba; menganalisis adab menggunakan media sosial
dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam
kehidupan sehari hari; Meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian
antarpelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras
kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi
keselamatan bagi individu dan masyarakat dan meyakini bahwa sikap inovatif dan
etika berorganisasi merupakan perintah agama; Membiasakan sikap taat pada
aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling menghormati,
semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati.
Materi |
Perkelahian
Antarpelajar, Minuman Keras (miras), dan Narkoba dalam Islam |
Modul |
JP |
C.1. |
menganalisis masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras
(miras), |
4 |
2 |
C.2. |
Mempresentasikan
cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar dan dampak pengiringnya,
minuman keras (miras), dan narkoba |
4 |
4 |
C.3. |
Meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar,
minuman keras, dan narkoba |
4 |
2 |
C.4. |
Membiasakan
sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai |
4 |
1 |
Materi |
Adab Menggunakan Media Sosial dalam Islam |
Modul |
JP |
C.5. |
Menganalisis
adab menggunakan media sosial dalam Islam |
4 |
2 |
C.6. |
Mempresentasikan adab menggunakan media sosial dalam Islam |
4 |
4 |
C.7. |
Meyakini
bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan
bagi individu dan masyarakat |
4 |
2 |
C.8. |
Membiasakan sikap taat pada santun, saling menghormati |
4 |
1 |
Materi |
Munafik,
Keras Hati dan Keras Kepala |
Modul |
JP |
C.1. |
Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras
kepala dalam kehidupan sehari hari |
4 |
2 |
C.2. |
Mempresentasikan
cara mengatasi sikap munafik, keras hati, dan keras kepala |
4 |
4 |
C.3. |
Meyakini bahwa sikap munafik, keras hati, dan keras kepala adalah
larangan agama |
4 |
2 |
C.4. |
Membiasakan
sikap semangat kebangsaan, jujur |
4 |
1 |
Materi |
Sikap inovatif dan etika berorganisasi |
Modul |
JP |
C.5. |
Menganalisis
sikap inovatif dan etika berorganisasi |
5 |
2 |
C.6. |
Mempresentasikan sikap inovatif dan etika berorganisasi |
5 |
4 |
C.7. |
Meyakini
bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama |
5 |
2 |
C.8. |
Membiasakan sikap inovatif, dan rendah hati |
5 |
1 |
Domain : Fikih
Pada akhir fase F, dalam aspek fikih peserta didik
mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan
pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang
ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam
Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan
dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad
merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan Islam
rahmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah,
terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat.
Materi |
Khutbah, Tablig dan
Dakwah |
Modul |
JP |
D.1. |
Menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah |
5 |
2 |
D.2. |
Mempresentasikan
tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah |
5 |
4 |
D.3. |
Menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah |
5 |
2 |
D.4. |
Membiasakan
sikap menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn |
5 |
1 |
Materi |
Pernikahan dalam Islam |
Modul |
JP |
D.5. |
Menganalisis
ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
2 |
D.6. |
Mempresentasikan tentang ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
4 |
D.7. |
Menerapkan
ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
2 |
D.8. |
Membiasakan sikap komitmen, bertanggung jawab, menepati janj |
6 |
1 |
Materi |
Mawaris |
Modul |
JP |
D.1. |
Menganalisis ketentuan mawaris dalam Islam |
6 |
2 |
D.2. |
Mempresentasikan
tentang ketentuan mawaris dalam Islam |
6 |
4 |
D.3. |
Menerapkan ketentuan mawaris dalam Islam |
6 |
2 |
D.4. |
Membiasakan
sikap adil, amanah |
6 |
1 |
Materi |
Ijtihad |
Modul |
JP |
D.5. |
Menganalisis
konsep ijtihad |
7 |
2 |
D.6. |
Mempresentasikan tentang konsep ijtihad |
7 |
4 |
D.7. |
meyakini
bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam |
7 |
2 |
D.8. |
Membiasakan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan
menghargai perbedaan pendapat |
7 |
1 |
Domain : Sejarah Peradaban Islam
Pada akhir fase F, dalam aspek sejarah peradaban
Islam, peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama
penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan
peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan
keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban
Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia;
mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran
perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia,
meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan
ajaran agama; membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja
keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan
global, menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling
bekerjasama.
Materi |
Peran dan Keteladanan Tokoh Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia |
Modul |
JP |
E.1. |
Menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran
Islam di Indonesia |
7 |
1 |
E.2. |
Mempresentasikan
peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia |
7 |
3 |
E.3. |
Mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia |
7 |
1 |
E.4. |
Membiasakan
sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab |
7 |
1 |
Materi |
Perkembangan Peradaban Islam di Dunia |
Modul |
JP |
E.5. |
Menganalisis
perkembangan peradaban Islam di dunia |
8 |
1 |
E.6. |
Mempresentasikan perkembangan peradaban Islam di dunia |
8 |
3 |
E.7. |
Mengakui,
meyakiniperadaban Islam di dunia |
8 |
1 |
E.8. |
Membiasakan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan
global |
8 |
1 |
Materi |
Peran Organisasi-organisasi Islam di
Indonesia |
Modul |
JP |
E.1. |
Menganalisis peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia |
8 |
2 |
E.2. |
Mempresentasikan
tentang ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia |
8 |
4 |
E.3. |
Menerapkan meyakini pemikiran dan pergerakan
organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama |
8 |
2 |
E.4. |
menebarkan
Islam rahmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerjasama |
8 |
1 |
C.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FASE F (KELAS XI SMA/SMK)
Materi |
Berfikir Kritis, Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi |
Modul |
JP |
A.1. |
menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu
pengetahuan dan teknologi |
1 |
2 |
A.2. |
mempresentasikan
pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking),
ilmu pengetahuan dan teknologi |
1 |
3 |
A.3. |
membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir
kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama |
1 |
3 |
A.4. |
membiasakan
sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi |
1 |
1 |
Materi |
Toleransi, Memelihara Kehidupan Manusia |
Modul |
JP |
A.5. |
menganalisis
ayat Al-Qur’an dan hadis tentang memelihara kehidupan manusia |
2 |
2 |
A.6. |
mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang
pentingnya toleransi, memelihara kehidupan manusia |
2 |
3 |
A.7. |
membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi, memelihara kehidupan
manusia adalah ajaran agama |
2 |
3 |
A.8. |
membiasakan sikap toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat
kebangsaan, dan tanggung jawab |
2 |
1 |
Materi |
Cabang-cabang
Iman |
Modul |
JP |
B.1. |
menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan |
3 |
2 |
B.2. |
mempresentasikan
tentang cabang-cabang iman |
3 |
4 |
B.3. |
meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan adalah ajaran agama |
3 |
2 |
B.4. |
membiasakan
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, menyukuri nikmat, memelihara lisan,
menutup aib orang lain, jujur |
3 |
1 |
Materi |
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (miras), dan
Narkoba dalam Islam |
Modul |
JP |
C.1. |
menganalisis
masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), |
4 |
2 |
C.2. |
Mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antarpelajar
dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba |
4 |
4 |
C.3. |
Meyakini
bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, minuman keras, dan
narkoba |
4 |
2 |
C.4. |
Membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung
jawab, cinta damai |
4 |
1 |
Materi |
Adab
Menggunakan Media Sosial dalam Islam |
Modul |
JP |
C.5. |
Menganalisis adab menggunakan media sosial dalam Islam |
4 |
2 |
C.6. |
Mempresentasikan
adab menggunakan media sosial dalam Islam |
4 |
4 |
C.7. |
Meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat
memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat |
4 |
2 |
C.8. |
Membiasakan
sikap taat pada santun, saling menghormati |
4 |
1 |
Materi |
Khutbah, Tablig dan Dakwah |
Modul |
JP |
D.1. |
Menganalisis
ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah |
5 |
2 |
D.2. |
Mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tabligh
dan dakwah |
5 |
4 |
D.3. |
Menerapkan
ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah |
5 |
2 |
D.4. |
Membiasakan sikap menebarkan Islam rahmat li al-ālamīn |
5 |
1 |
Materi |
Pernikahan
dalam Islam |
Modul |
JP |
D.5. |
Menganalisis ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
2 |
D.6. |
Mempresentasikan
tentang ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
4 |
D.7. |
Menerapkan ketentuan pernikahan dalam Islam |
6 |
2 |
D.8. |
Membiasakan
sikap komitmen, bertanggung jawab, menepati janj |
6 |
1 |
Materi |
Peran dan Keteladanan Tokoh Ulama Penyebar Ajaran
Islam di Indonesia |
Modul |
JP |
E.1. |
Menganalisis
peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia |
7 |
1 |
E.2. |
Mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar
ajaran Islam di Indonesia |
7 |
3 |
E.3. |
Mengakui
keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia |
7 |
1 |
E.4. |
Membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja
keras, tanggung jawab |
7 |
1 |
Materi |
Perkembangan
Peradaban Islam di Dunia |
Modul |
JP |
E.5. |
Menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia |
8 |
1 |
E.6. |
Mempresentasikan
perkembangan peradaban Islam di dunia |
8 |
3 |
E.7. |
Mengakui, meyakini peradaban Islam di dunia |
8 |
1 |
E.8. |
Membiasakan
sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global |
8 |
1 |
0 komentar:
Post a Comment