RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / I
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Aspek Bahasa : الإستماع / menyimak
1. Standar Kompetensi
Menyimak : Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang التَّعَارُف
2. Kompetensi dasar
a. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
b. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
3. Indikator
a. Mendemonstrasikan التَّعَارُف sesuai Hiwar /Teks Lisan yang diperdengarkan
b. Menjelas-kan makna kata, Frase dan Kalimat dalam Hiwar /Teks Lisan yang diperde-ngarkan
c. menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar /teks lisan sederhana tentang التَّعَارُف yang diperdengarkan
d. menjawab pertanyaan tentang kandunagn materi hiwar /teks lisan tentang التَّعَارُفyang diperdengarkan
4. Metode
Demonstrasi, ceramah, Tanya jawab
5. Materi
التَّعَارُف
6. Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberi salam kepada siswa
· Guru berdoa bersama dengan siswa
· Guru mengabsen kehadiran siswa
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
- Siswa diminta menyebutkan hal-hal apa saja ketika akan bepergian dengan naik kereta api
Elaborasi
- Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang التَّعَارُف ا
yang disampaikan secara langsung oleh ustadz
- Siswa memahami makna teks lisan yang telah disimak
Konfirmasi
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang gagasan/kandungan, makna, frase atau kalimat dari teks lisan yang didengar.
c. Kegiatan Penutup
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
· Guru memberikan tugas kepada siswa
· Guru menyampaikan salam
§ Karakter : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
7. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
a. Media Pembelajaran : Papan tulis dan perangkatnya, buku tugas
b. Sumber Belajar :
- Buku Pelajaran Bahasa Arab Kanwil Depag
- Lembar Kerja Siswa ‘ Fokus”
- Kamus Bahasa Arab
- Buku paket
8. Penilaian
a. Bentuk test : lisan, tertulis
..............., .................. 20...
Mengetahui, Guru Mapel
Kepala Madrasah Aliyah
___________________ _________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / I
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Aspek Bahasa : الكلام / berbicara
1. Standar Kompetensi
Berbicara : Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialoq tentang التَّعَارُف Kompetensi dasar
a. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
b. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
2. Indikator
a. mengucapkan mufradat baru tentang التَّعَارُف dengan lafal yang baik dan benar
b. mengucapkan materi hiwar tentang التَّعَارُف dengan intonasi yang baik dan benar
c. mendemontrasikan materi khiwar tentang التَّعَارُف secara berpasangan
3. Metode
Demonstrasi, ceramah, Tanya jawab , diskusi, kelompok
4. Materi
التَعَارُف
5. Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberi salam kepada siswa
· Guru berdoa bersama dengan siswa
· Guru mengabsen kehadiran siswa
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
Ustadz mengingatkan kembali tentang hal-hal yang berhubungan dengan fasilitas umum
Elaborasi
Siswa mengucapkan mufrodat dan kalimat-kalimat tentang التَّعَارُف
Perwakilan beberapa kelompok siswa mendemonstrasikan berbicara di depan kelas tentang pokok materi
Siswa melatih diri berpasangan berbicara tentang التَّعَارُف
Konfirmasi
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang gagasan/kandungan, makna, frase atau kalimat dari materi pokok.
c. Kegiatan Penutup
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
· Guru memberikan tugas kepada siswa
· Guru menyampaikan salam
§ Karakter : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
6. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
a. Media Pembelajaran : Papan tulis dan perangkatnya, buku tugas,
b. Sumber Belajar :
- Buku Pelajaran Bahasa Arab Kanwil Depag
- Lembar Kerja Siswa ‘ Fokus”
- Kamus Bahasa Arab
- Buku paket
7. Penilaian
a. Bentuk test : lisan, peragaan
..............., .................. 20...
Mengetahui, Guru Mapel
Kepala Madrasah Aliyah
___________________ _________________
NIP. NIP.
0 komentar:
Post a Comment