adsbygoogle.js'/> Pengertian Pesantren | Tulisan Khozin_99
Home » » Pengertian Pesantren

Pengertian Pesantren

Written By Khozin_99 on Friday 10 January 2014 | 1/10/2014 05:45:00 am

Analisis mengenai pengertian pesantren, pengertian pesantren menurut tata bahasa indonesia berasal dari kata santri dengan awalan kata ‘pe’ dan akhiran ‘an’ yang berarti tempat tinggal santri atau tempat nyantri dalam bahasa jawa. Pernyataan Haidar P.D. mengutip dari Soegarda Poerbakawatja mengatakan pesantren berasal dari kata santri yaitu seorang pelajar agama Islam sehingga dengan demikian pesantren mempunyai pengertian tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam.
Terdapat pula yang mendefinisikan pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam Indonesia yang berbasis sistem pendidikan “tradisional” untuk mendalami bidang ilmu-ilmu Islam dan mengamalkan ilmu tersebut sebagai pedoman hidup keseharian atau perilaku (2004: 26-27).
Definisi atau pengertian pesantren dalam kamus besar bahasa Indonesia di artikan sebagai “asrama tempat santri atau tempat murid (santri) belajar mengaji”. Sedangkan secara istilah pesantren adalah lembaga pendidikan Islam di mana para santri biasa tinggal di  pondok (asrama) dengan materi pengajaran kitab-kitab klasik dan kitab-kitab umum bertujuan untuk menguasai berbagai bidang dan cabang ilmu agama Islam secara detail serta mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian dengan menekankan pentingnya moral dalam kehidupan bermasyarakat (Fenomena 2005: 72).
Pondok pesantren secara definitif tidak dapat di berikan batasan yang tegas melainkan ter-kandung fleksibilitas pengertian yang memenuhi ciri-ciri yang memberikan pengertian pondok pesantren. Jadi pondok pesantren belum ada pengertian yang lebih kongkrit karena masih meliputi beberapa unsur untuk dapat mengartikan makna “pondok pesantren” secara komprehensif.
Maka dengan demikian sesuai dengan arus dinamika zaman definisi serta persepsi terhadap pesantren menjadi berubah pula. Apabila pada tahap awal pesantren berlabel makna dan pengertian sebagai lembaga pendidikan tradisional tetapi saat sekarang pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional tidak lagi selamanya benar, karena pada pesantren tradisional zaman ini sudah diajarkan materi pendidikan umum dan modern sesuai perkembangan zaman.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tulisan Khozin_99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger